Comscore Tracker

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021

Siapkan teropong kamu ya!

Bulan Desember adalah bulan dengan kondisi cuaca yang sangat dingin cenderung ekstrim di belahan bumi utara maupun negara-negara sub tropis. Bahkan, di kawasan negara tropis bulan ini diprediksi merupakan puncak dari musim penghujan sekaligus badai tahunan.

Eits, jangan murung dulu! Bulan Desember 2021 juga merupakan salah satu bulan terbaik bagi para astronom ataupun pengamat fenomena langit amatir. Kamu dapat melihat 5 fenomena langit malam ter-epic yang hanya terjadi di bulan ini. Apa saja? Yuk, disimak!

1. Puncak hujan meteor pheonicid (2 Desember)

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021ilustrasi penampakan meteor (unsplash.com/Fernando Rodrigues)

Pada bulan ini terkenal akan kejadian 2 hujan meteor yakni hujan meteor teraktif geminid dan hujan meteor yang lebih rendah ursid. Di samping kedua fenomena tersebut, pada malam tanggal 2 Desember akan terjadi puncak hujan meteor pheonicid yang sayang untuk dilewatkan. 

Terutama untuk penduduk di kawasan Amerika Tengah dan Selatan, Eropa Selatan, Timur Tengah, Afrika, Asia Tenggara, dan Oseania, waktu ini adalah kesempatan yang menyenangkan untuk mencoba dan melihat hujan meteor yang berbeda selama tahun 2021.

2. Gerhana matahari total (4 Desember)

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021ilustrasi gerhana matahari (unsplash.com/Steven Coffey)

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan menghalangi matahari dengan sempurna, sehingga akan tampak atmosfer luar matahari yang dikenal sebagai korona. Faktanya, hanya ujung paling selatan dari kawasan Afrika Selatan yang akan melihat gerhana matahari parsial. Semoga langitnya ga mendung nih!

3. Venus terlihat sangat terang (7 Desember)

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021ilustrasi penampakan planet venus (unsplash.com/Grant McIver)

Baca Juga: 5 Misteri Planet Venus, Belum Terpecahkan Hingga Kini!

Pada malam 7 Desember, Venus akan mencapai kecerahan terbesarnya pada siklus malam 2021-2022. Hal tersebut terjadi karena posisi planet tersebut berada pada magnitudo -4,7. Posisi tersebut merupakan posisi yang sangat dekat dengan posisi yang paling terang yang pernah terjadi (-5). Jangan lupa bawa kameramu guys!

4. Puncak hujan meteor geminid (13 Desember)

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021ilustrasi hujan meteor (unsplash.com/Michał Mancewicz)

Geminid pada kalangan astronom, disebut sebagai raja hujan meteor. Hal tersebut dikarenakan fenomena ini mampu menghasilkan hingga 120 meteor warna-warni per jam pada puncaknya. Meteor tersebut berasal dari puing-puing yang ditinggalkan oleh asteroid yang dikenal sebagai 3200 Phaethon, yang ditemukan pada tahun 1982.

Umumnya peristiwa ini berlangsung setiap tahun dari tanggal 7 hingga 17 Desember. Puncaknya tahun 2021 ini terjadi pada malam tanggal 13 dan pagi tanggal 14. Are you ready?

5. Titik balik matahari (21 Desember)

Hanya di Bulan Ini! 5 Fenomena Langit pada Desember 2021ilustrasi fenomena langit (unsplash.com/Philip Mackie)

Tanggal 21 Desember menandai titik balik matahari musim dingin untuk kawasan belahan bumi bagian utara. Efeknya adalah hari tersebut merupakan hari terpendek dalam setahun di belahan bumi utara.

Sementara di kawasan belahan bumi selatan, tanggal 21 Desember merupakan titik balik matahari musim panas. Akibatnya pada waktu tersebut adalah hari terpanjang dalam setahun. 

Itulah 5 kejadian langit paling istimewa yang sayang dilewatkan di Bulan Desember 2021. Jadi, yang mana nih favoritmu?

Baca Juga: Gak Ada di Bumi, 6 Fenomena Langka Ini Hanya Terjadi di Planet Venus

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya