Comscore Tracker

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!

Kemunculannya di Filipina beberapa waktu lalu menghebohkan

Beberapa waktu yang lalu, dunia maya dihebohkan dengan foto sebuah kelelawar yang beredar di media sosial. Bukan kelelawar biasa, dalam foto tersebut tampak seekor kelelawar berukuran sangat besar hingga menyerupai ukuran manusia, lho!

Sempat mengundang pro dan kontra, sejumlah pihak pun mencari tahu kebenaran terhadap foto tersebut. Ternyata, kelelawar tersebut merupakan spesies Acerodon jubatus, nih!

Lalu, apakah ukurannya benar-benar sebesar manusia? Yuk, simak 6 fakta kelelawar terbesar di dunia ini!

1. Acerodon jubatus juga dikenal dengan sebutan "Giant golden-crowned flying fox bat"

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!batworlds.com

Kelelawar terbesar di dunia ini juga memiliki nama sebutan "Giant golden-crowned flying fox bat" yang memiliki arti kelelawar raksasa dengan mahkota emas. Julukan mahkota emas merujuk pada bulu di bagian atas kepala kelelawar ini yang berwarna kuning atau oranye yang menyerupai emas. Bahkan, terkadang tubuh Acerodon jubatus pun berwarna keemasan.  

Sedangkan nama fox yang berarti rubah, berasal dari wajah kelelawar ini yang dinilai mirip dengan rubah. Hewan ini pun kerap dijuluki sebagai rubah bersayap karena telinga runcing serta moncongnya lebih mirip rubah dibandingkan kelelawar. 

2. Hewan ini merupakan spesies pertama yang digolongkan sebagai hewan endemik Filipina

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!animais.hi7.co

Hewan endemik Filipina ini biasa tinggal di tebing terjal yang sulit dijangkau, rawa-rawa, hutan bakau, dan lain-lain. Kelelawar ini pun kerap bertempat di pulau terpencil. Maka, kemunculannya di sebuah rumah di Filipina beberapa waktu lalu pun berhasil menghebohkan publik. Acerodon jubatus pun merupakan spesies pertama yang digolongkan sebagai hewan endemik Filipina, lho!

3. Apakah kelelawar di foto ini benar-benar seukuran manusia? 

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!metro.co.uk

Panjang kepala dan tubuh hewan ini jika digabungkan akan berkisar dari 170 hingga 290 mm. Namun, panjang bentangan sayapnya bisa mencapai 1,7 meter, lho!

Dilansir dari NDTV,  foto yang menghebohkan dunia maya tersebut dipotret menggunakan trik dan sudut tertentu yang membuatnya nampak terlihat seukuran manusia. Walaupun spesies kelelawar ini merupakan yang terbesar di dunia, belum pernah ditemukan Acerodon jubatus yang seukuran manusia, kok!

Baca Juga: 6 Fakta Mengejutkan Soal Kelelawar, Ternyata Mereka Bisa Berenang!

4. Seperti kelelawar lainnya, spesies ini juga merupakan pemakan buah-buahan

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!animalspot.net

Hewan yang biasa berburu makanan di malam hari ini bisa terbang sejauh 25 mil dari tempat tinggal asalnya untuk mencari makan. Salah satu jenis buah yang kerap dimakan Acaradon jubatus adalah buah tin alias ara. Apakah kamu pernah mencobanya?

5. Mereka pun bisa berkomunikasi lewat penciuman, lho!

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!batworlds.com

Selain memiliki mata besar dan kemampuan berkomunikasi dengan isyarat mata, Acerodon jubatus juga bisa berkomunikasi lewat penciuman, lho! Mereka memiliki bau khas yang memudahkan mereka menemukan kawanannya.

6. Sayangnya, spesies ini kini tergolong langka dan terancam punah

6 Fakta Acerodon Jubatus, Kelelawar Terbesar di Dunia yang Viral!theconversation.com

Acerodon jubatus kerap diburu oleh manusia di alam liar. Populasinya pun semakin berkurang seiring dengan dihancurkannnya hutan-hutan tempat tinggal mereka oleh manusia. Tak hanya itu, buah-buahan yang menjadi bahan makanan mereka pun kerap diambil oleh manusia juga, lho! 

Itulah 6 fakta Acerodon jubatus, kelelawar terbesar di dunia. Semoga spesies ini dan habitatnya dapat terjaga dengan baik agar terhindar dari kepunahan, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Kelelawar Vampir, Pengisap Darah Manusia yang Ahli Mengendap

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya