Comscore Tracker

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanya

Terutama warna merah dan biru, nih!

Kita selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan dalam hidup kita. Mungkin pilihan mengenai karier, pendidikan, cinta, hingga perilaku-perilaku kecil terhadap sesama. Terkadang beberapa hal pun memengaruhi kita sebelum bertindak, termasuk ketika akan berbuat baik kepada orang lain.

Namun, sadarkah kamu bahwa warna juga dapat memengaruhi tindakanmu pada orang lain? Baru-baru ini, sebuah penelitian membuktikan bahwa warna dapat memengaruhi altruisme seseorang. Apa, sih, altruisme itu? Lalu, apakah warna benar-benar memberi pengaruh bagi tindakan kita? Yuk, simak ulasannya!

1. Yuk, kenalan dengan altruisme!

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, altruisme merupakan paham (sifat) lebih memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain (kebalikan dari egoisme). Sifat ini dapat muncul dalam diri seseorang sebagai bentuk empati, kepedulian, ataupun upaya untuk mempertahankan derajat sosial. 

2. Lalu, apa hubungannya dengan warna?

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Kehadiran berbagai macam warna tak bisa dipisahkan dari hidup kita. Tak disangka, ternyata warna-warna tersebut mampu memengaruhi tindakan kita, lho! Terutama adalah warna merah dan biru yang memang bertolak belakang di spektrum warna.

Kita mengenal warna biru sebagai warna yang kalem dan tenang, sedangkan merah dikenal sebagai lambang keberanian, semangat, bahkan amarah. Sebuah penelitian pun membuktikan bahwa warna merah dan biru berhubungan dengan altruisme yang akan memengaruhi tindakan kita.

3. Cara penelitiannya sih, cukup mudah. Tetapi hasilnya sangat bermanfaat!

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Tak perlu ribet, penelitian tentang hubungan warna dengan altruisme ini cukup membutuhkan komputer. Penelitian yang telah dilakukan di Universitas Nanjing di Cina ini dilakukan oleh 173 orang. Masing-masing dari mereka akan menghadap sebuah layar komputer yang layarnya akan menampilkan warna merah atau biru.

Setelah itu, akan muncul sebuah soal cerita mengenai perilaku altruisme, misalnya donasi. Nah, setiap soal akan diikuti dengan warna layar yang berbeda, yakni merah atau biru. Jawaban dari para peserta akan menentukan pengaruh warna dengan jawaban yang mereka pilih. Hasilnya pun mengejutkan, lho!

Baca Juga: 5 Warna Baju yang Bisa Meningkatkan Peluangmu Saat Wawancara Kerja

4. Ternyata warna biru terbukti mendorong sifat altruisme, lho!

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Saat para peserta dihadapkan dengan warna biru, mereka cenderung memilih jawaban yang merujuk pada altruisme, contohnya adalah melakukan donasi di suatu badan amal. Selain itu, sebuah penelitian juga membuktikan jika mempelajari sesuatu seperti seni, lebih cocok dilakukan di suasana yang bernuansa biru.

5. Kebalikannya, nih, dengan warna merah

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Jika warna biru mendorong sifat altruisme seseorang, warna merah justru kebalikannya. Para peserta yang dihadapkan dengan warna merah cenderung memilih jawaban untuk tak melakukan donasi.

Tak hanya itu, jika suasana yang bernuansa biru cocok untuk mempelajari suatu hal seperti seni, warna merah cocok jika kamu ingin mempelajari matematika dan hal lain yang membutuhkan pemikiran lebih.

6. Lalu, apa fungsinya dalam kehidupan kita?

Memang Iya Warna Bisa Memengaruhi Tindakanmu? Berikut 6 Faktanyapixabay.com

Fakta menarik soal warna biru dan merah ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, lho! Salah satu contohnya adalah jika kamu tengah menyelenggarakan suatu kegiatan donasi, seperti pada soal cerita saat penelitian, kamu dapat memberi dominasi warna biru pada brosur atau laman website jika donasi diselenggarakan secara online. Contohnya adalah aplikasi Kitabisa.com yang dominan berwarna biru, apakah kamu menyadarinya?

Sebaliknya, jika kamu berjualan suatu barang, kamu dapat memberi dominasi warna merah pada katalog barang karena akan mendorong para konsumen untuk membeli sesuatu untuk diri mereka sendiri.

Wah, keren banget, ya! Ternyata warna-warna pun dapat memberi pengaruh bagi tindakan kita, ya!

Baca Juga: Kami Bisa Menilai Karaktermu dari Warna Baju Pilihanmu!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya