Comscore Tracker

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!

Sebagian besar adalah hewan endemik Australia

Mungkin kebanyakan dari kita hanya mengenal kangguru sebagai satu-satunya hewan yang berkantung. Kemudian bagi sebagian lainnya mungkin juga menyebutkan koala sebagai jenis yang sama dengan kangguru.

Namun tahukah kamu, ternyata masih ada lho beberapa hewan lainnya yang juga memiliki kantong di tubuhnya. Kelompok mamalia betina berkantung ini disebut dengan marsupials. Dilansir dari Britannica, di bawah ini adalah 5 hewan marsupials lainnya yang juga berkantung seperti kangguru!

1. Walabi (Wallaby)

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!pinterest.fr

Walabi memiliki bentuk tubuh seperti kangguru sehingga memang sulit membedakannya khususnya bagi orang awam. Perbedaan besar dari keduanya adalah walabi berbadan sedikit bungkuk, tidak seperti kangguru yang berbadan tegak.

 

Walabi juga memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dan gendut dengan kaki belakang yang lebih besar dari lengan depan mereka, serta ekor berotot panjang yang digunakan untuk keseimbangan. Walaupun pada umumnya walabi berwarna cokelat keabu-abuan dengan leher dan bahu merah, ada juga walabi albino dengan warna putih seperti salju meskipun sangat susah ditemukan.

2. Walaru (Wallaroo)

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!bowerbird.org.au

Walaru juga adalah hewan khas Australia seperti kangguru dan walabi. Meskipun terlihat sama, walaru memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari kangguru tapi lebih besar dari walabi. Itulah kenapa namanya disebut dengan walaru (wallaroo) karena campuran dari nama 'walabi (wallaby)' dan 'kangguru (kangaroo)'

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu 10 Fakta Tentang Hewan-hewan Kebun Binatang Ini

3. Kuoka (Quokka)

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!pinterest.com

Kuoka memiliki tubuh yang terlihat seperti seekor berang-berang. Tubuhnya juga padat, bertelinga bulat, dan kepala kecil yang lebar. Sama seperti kangguru dan walabi, kuoka juga pemakan tumbuhan dan umumnya bangun di malam hari.

Begitu dilahirkan bayi kuoka yang disebut 'Joey' akan tinggal di kantung induknya selama enam bulan. Ketika ia meninggalkan kantung, bayi kuoka bergantung pada ibunya untuk menyusu selama dua bulan. Dan setelah usianya 1,5 tahun, kuoka sudah cukup dewasa untuk memiliki anak sendiri.

4. Tasmanian Devil

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!kids.nationalgeographic.com

Jika kalian ingat dengan salah satu karakter kartun dari Warner Bros yakni Taz-Mania, kalian mungkin perlu melihat wujud asli dari hewan yang memang ada ini. Namanya adalah Tasmanian Devil dan dapat ditemukan di negara bagian Tasmania, Australia. 

Tidak seperti mamalia berkantung yang pada umunya adalah herbivora, hewan ini termasuk dalam golongan karnivora. Ukuran tubuhnya seperti seekor anjing kecil dengan badan kekar dan berotot, bulu yang hitam, bau yang menyengat apabila sedang ketakutan, suara yang keras dan menganggu, juga sifat yang berbahaya bila sedang mengasuh anak-anaknya.

5. Virginia Opossum (Oposum Virginia)

Bukan Hanya Kangguru, 5 Hewan Ini Juga Punya Kantong di Perutnya Lho!pinterest.com

Oposum virginia adalah satu-satunya mamalia marsupials dari utara Rio Grande, AS. Hewan ini dikenal pandai berpura-pura mati ketika menghadapi ancaman, sering terlihat sedang berbaring di pinggir jalan, dan suka mengaduk-aduk tempat sampah untuk mencari makan.

Begitu lahir, bayi-bayi oposum akan masuk ke dalam kantong induknya hingga berusia 2,5 bulan. Setelah itu mereka akan naik ke atas punggung induknya saat sedang mencari makan sampai berusia 4-5 bulan sebelum akhirnya mereka dilepas untuk mencari makan sendiri.

Nah, itu dia 5 hewan lainnya yang juga memiliki kantong seperti kangguru. Semoga dapat menambah wawasan kalian ya tentang dunia fauna!

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Kuda Laut, Hewan Bawah Air yang Paling Setia

Ajeng Tsaniya R Photo Verified Writer Ajeng Tsaniya R

Tertarik dengan hal-hal misteri dan teori konspirasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya