Comscore Tracker

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Sama

Keberadaan hewan-hewan ini sudah mulai langka, lho!

Lumba-lumba merupakan hewan kelompok mamalia dengan gigi kecil bergerigi dengan ciri mulut yang khas. Pada umumnya, habitat lumba-lumba ada di laut dan perairan payau di sepanjang pantai. Terdapat beragam spesies lumba-lumba, seperti lumba-lumba di sungai Amazon dan lumba-lumba di sungai Asia. Habitat asli lumba-lumba jenis ini berada di sungai dan air tawar.

Lumba-lumba air tawar bisa kita jumpai di sebagian kecil daerah di dunia. Salah satu lumba-lumba air tawar ini ada di sepanjang Sungai Mahakam. Sebenarnya, hewan yang ada di air tawar tersebut bukanlah lumba-lumba, melainkan pesut atau nama latinnya Orcaella brevirostris.

Pesut termasuk hewan langka dan dilindungi. Berdasarkan data Rare Aquatic  Species of Indonesia (RASI), menyatakan bahwa pada tahun 2019 populasi pesut di Mahakam tinggal sekitar 81 ekor saja, lho.

Lalu, apa yang membedakan pesut dengan lumba-lumba? Berikut beberapa perbedaan antara pesut dengan lumba-lumba.

1. Pesut memiliki sirip punggung yang rendah, sedangkan lumba-lumba tidak selalu memiliki sirip punggung

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba melompat di atas permukaan air (worldwildlife.org | unsplash.com)

2. Habitat pesut ada di sungai, sedangkan lumba-lumba di laut

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba menampakan diri di permukaan air (nationalgeographic.grid.id | unsplash.com)

3. Pesut memiliki corak dua warna di samping, sedangkan lumba-lumba punya banyak corak

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba menampakan diri di permukaan air (worldwildlife.org | unsplash.com)

4. Panjang tubuh pesut maksimal 2,75 meter, sedangkan lumba-lumba bisa sampai 10 meter

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret ilustrasi pesut dan lumba-lumba melompat (greeners.co | pixabay.com)

5. Bagian depan pesut tidak bermoncong, sedangkan lumba-lumba bermoncong

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret kepala pesut dan lumba-lumba (worldwildlife.org | pexels.com)

Baca Juga: 7 Fakta Pesut Mahakam, Lumba-lumba Air Tawar Indonesia

6. Pesut memiliki leher fleksibel sehingga membentuk lipatan pada belakang kepala, sedangkan lumba-lumba tidak seperti itu

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret seekor pesut dan beberapa lumba-lumba (getborneo.com | pexels.com)

7. Bagian atas pesut berwarna abu-abu serta terang di bagian perut, sedangkan bagian atas lumba-lumba berwarna abu-abu tua dan krem di perutnya 

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba (greeners.co | pexels.com)

8. Kecepatan berenang pesut hanya 25 km/jam, sedangkan lumba-lumba hidung botol bisa mencapai kecepatan 160 km/jam

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba berenang (pxhere.com | unsplash.com)

9. Kemampuan menyelam pesut sekitar 30-60 detik, sedangkan lumba-lumba sekitar 10 menit 

9 Perbedaan Lumba-lumba dan Pesut, Serupa tapi Tak Samakolase potret pesut dan lumba-lumba berenang (diksi.co | pexels.com)

Populasi pesut dan lumba-lumba di dunia memang tidak banyak. Meskipun keberadaannya sudah mulai langka, setidaknya kita telah mengenal sedikit tentang hewan pesut ini serta mengetahui perbedaan antara pesut dengan lumba-lumba. Apakah kamu sudah pernah bertemu dengan salah satu dari kedua satwa ini?

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

Aji Trio Pamungkas Photo Writer Aji Trio Pamungkas

Menulis untuk berbagi informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya