Comscore Tracker

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelu

Meski tampak mirip, kelinci dan terwelu itu berbeda

Ada beberapa spesies hewan di dunia ini yang jika dilihat sekilas tampak serupa. Salah satunya kelinci dan terwelu. Dilansir Britannica, kelinci dan terwelu masih dalam satu keluarga atau famili yang sama, yaitu Leporidae. Meski begitu, mereka berbeda genus.

Secara tampilan, keduanya terlihat sangat mirip dan sulit dibedakan bagi orang yang baru melihatnya. Namun jika diamati lebih dekat, kita bisa menemukan perbedaan di antara kedua hewan ini. Bisakah kamu membedakan di antara keduanya?

1. Terwelu memiliki ukuran tubuh lebih besar dan telinga lebih panjang dari kelinci, dilansir National Geographic

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu (unsplash.com/adrianluisp10 | unsplash.com/juho_aleksi_luomala)

2. Dilansir National Wildlife Federation, saat musim dingin, terwelu punya kemampuan mengubah warna bulu jadi putih, tetapi tidak untuk kelinci

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu (pixabay.com/users/gregmontani-1014946 | unsplash.com/andy_brunner)

3. Dilansir Live Science, kelinci membangun rumah terowongan bawah tanah sebagai tempat tinggal, sedangkan terwelu tidak demikian

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret habitat kelinci dan terwelu (unsplash.com/sincerelymedia | unsplash.com/tracminhvu)

4. Jika kelinci memakan sayur dan rumput, terwelu memakan rumput, sayur, bahkan kotorannya sendiri, berdasarkan catatan AZ Animals

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu sedang makan (unsplash.com/gcasales | unsplash.com/kris_ricepees)

Baca Juga: 5 Hewan Afrika yang Berkerabat dengan Kucing, Hiena Termasuk?

5. Dilansir Animal Diversity Web, kelinci lebih memilih hidup berkelompok, sedangkan terwelu hanya hidup berkelompok saat musim kawin

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret sekelompok kelinci dan seekor terwelu (unsplash.com/yirage | unsplash.com/vincentvanzalinge)

6. Kelinci memiliki masa mengandung selama 31 hari, sedangkan terwelu memiliki masa mengandung 42 hari, dilansir laman AnimalWised

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu (pexels.com/id-id/@tima-miroshnichenko | unsplash.com/ikewinski)

7. Bayi kelinci yang baru lahir belum memiliki penglihatan yang baik, sedangkan bayi terwelu yang baru lahir sudah bisa melihat, dilansir Kidadl

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu (pexels.com/icottonbro | unsplash.com/jackbulmer)

8. Bayi kelinci belum bisa bergerak aktif saat baru lahir, sedangkan bayi terwelu sudah bisa bergerak sejak baru lahir, dilansir Kidadl

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret anak kelinci dan terwelu (unsplash.com/tgrossen | unsplash.com/vintab)

9. Masa hidup kelinci lebih panjang dari terwelu. Dilansir Newsweek, kelinci bisa hidup antara 5—10 tahun, sedangkan terwelu hanya 18 bulan

Jangan sampai Keliru! Ini 9 Perbedaan Kelinci dan Terwelukolase potret kelinci dan terwelu (pexels.com/ismpicturez | unsplash.com/erikvandijk)

Kelinci lebih jinak dan dekat dengan manusia dibandingkan terwelu yang sifatnya masih liar. Selain itu, karena masa hidup kelinci lebih panjang, kelinci lebih banyak dipelihara manusia dibandingkan terwelu. Apakah kamu juga memelihara kelinci di rumah?

Baca Juga: 5 Hewan Mematikan yang Menghuni Hutan Amazon, Ada Hewan Apa Aja?

Aji Trio Pamungkas Photo Writer Aji Trio Pamungkas

Menulis untuk berbagi informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya