Comscore Tracker

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!

Cara tanamnya sangat mudah

Masalah yang dihadapi tak kunjung selesai menjadi salah satu pemicu utama stress dan bisa melanda siapapun. Untuk mengatasinya, bisa dengan melakukan traveling maupun hobi yang bisa membuat pikiranmu bangkit kembali. 

Tapi sebenarnya kamu bisa melepas rasa jenuhmu dengan merasakan aroma dari bunga. Seperti lima berikut ini yang dipercaya ampuh mengatasi stress! 

1. Oregano

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!Instagram.com/yuruany_dra.blue

Bagi kamu yang penggemar pizza, pasti sudha tak asing lagi dengan bunga yang sering digunakan sebagai topping pizza ini. Berasal dari dataran Mediterania, selain nikmat Oregano kaya akan zat anti depresan lho!

Karena sulitnya mendapatkan tanaman Oregano, kamu perlu membeli bibitnya terlebih dahulu. Bunga ini bisa ditanaman menggunakan media pot maupun di lahan. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari agar tumbuh subur. 

2. Lavender

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!Instagram.com/elleattnell

Bunga yang satu ini memang kaya akan minyak esensial. Selain berfungsi sebagai pengusir nyamuk, lavender dipercaya bisa meredakan kegelisahan, mengatasi depresi serta mengurangi ketegangan. 

Cara menanamnya sangat disarankan menggunakan pot. Sebelum diberi tanah, terlebih dahulu pot dilapoisi dengan styrofoam. Hal tersebut dilakukan untuk menyerap lembab karena lavender merupakan tanaman yang mudah berair. Jika terlalu lembab, maka bibitnya akan gagal berkembang.

3. Chamomile

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!Instagram.com/lafleur_jkt

Bunga yang berasal dari daratan Eropa ini sebenarnya merupakan tanaman langka. Namun jika dibudidayakan dengan cara yang salah maka tidak akan tumbuh. Chamomile bersifat menenangkan, menghilangkan stress serta membuat tidur lebih nyenyak.

Butu waktu hingga 14 hari untuk memastikan Chamomile bisa tumbuh dengan baik. Pilih bibit bunga yang unggul serta gunakan tanah yang tak terlalu lembab serta terlindung dari sinar matahari.

Baca Juga: Ajaib, Inilah 5 Faedah Penting Jika Sering Minum Teh Bunga Telang

4. Rosemary

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!Instagram.com/nicolpassion

Wanginya yang segar membuat Rosemary sering dijadikan sebagai pengharum ruangan alami. Bunga ini dipercaya bisa bisa membuat seseorang menjadi lebih peduli terhadap sekitar karena efek wangi yang ditimbulkannya. 

Sistem tanam Rosemary mirip dengan Anggrek. Namun bedanya tanaman ini membuthkan waktu kurang lebih tiga minggu untuk tumbuh optimal. Pastikan tanaman berada dalam kondisi suhu yang tidak terlalu ekstrim terhadap cuaca panas maupun dingin.

5. Adas

5 Bunga yang Bisa Atasi Stress Kamu, Yuk Tanam di Rumah!Instagram.com/riee_lan21

Bunga Adas masih menjadi bunga yang jarang ditemui dan dirawat di rumah. Bunga ini seringkali menjadi tumpuan lebah karena sifatnya yang kaya akan nektar. Warnanya juga bisa menyegarkan pikiran dan mata. 

Tak seperti tanaman lainnya yang membutuhkan pot, Adas bisa langsung ditanam di tanah. Tapi pastikan dahulu tanahnya gembur hingga tumbuh benih. Lakukan perawatan intensif hingga dua minggu, kemudian setelah dua bulan bisa mulai dilakukan perawatan normal.

Diantara lima bunga diatas, salah satunya yang ada di rumah kamu?

Baca Juga: Selain Indah Dipandang, 7 Bunga Ini Juga Punya Makna yang Menyentuh

Akbar Photo Verified Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya