Comscore Tracker

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!

Ayo latih otak dengan membaca!

Membaca adalah kegiatan sederhana yang terdengar sepele. Tetapi sebenarnya kegiatan membaca dapat menciptakan keajaiban luar biasa pada otak kita.

Saat sedang membaca, otak kita dilatih dengan berbagai hal. Biasanya otak merespon cepat dan imajinasi tenatang berbagai hal pun menari di dalam otak kita. Lalu mengapa bisa begitu? Dilansir dari oedb.org, menurut para ahli, berikut lima hal yang terjadi pada otak ketika kita membaca.

1. Membaca dapat mengubah struktur otak jika rutin dilakukan

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!Pexels.com/Min An

Ada pembaca buruk dan baik. Yang dimaksud di sini adalah, ada pembaca buruk yang hanya membaca tapi tak tahu makna. Dan pembaca baik ialah si pembaca yang mendalami isi bacaan.

Nah, Carnegie Mellon University mengadakan program membaca harian selama enam bulan. Hasilnya, para ahli menemukan struktur otak pembaca yang buruk dapat mengalami perubahan atau peningkatan menjadi pembaca yang sehat jika kegiatan membaca rutin dilakukan.

2. Saat membaca, otak didorong untuk berpikir secara berurutan sesuai struktur cerita

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!homeschoolingwithdyslexia.com

Buku fiksi seperti novel memiliki struktur cerita dari awal hingga akhir. Dengan membaca otak otomatis terdorong untuk berpikir berurutan sesuai isi cerita.

Dikutip dari oedb.org, ahli saraf menyarankan para orangtua untuk mendorong anak agar rajin membaca. Ini berguna untuk anak supaya plastisitas otaknya berkembang baik.

Baca Juga: Ini Lho Waktu-waktu yang Paling Asyik untuk Membaca Buku

3. Isi bacaan yang beragam menciptakan pola pemikiran berbeda

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!unsplash.com/Benigno Hoyuela

Ada beragam bacaan yang dapat dipilih. Misalnya koran, majalah, antologi puisi, novel dan lain-lain. Dan setiap jenis bacaan memiliki stimulasi yang berbeda bagi otak kita.

Peneliti dari Stanford University telah menemukan bahwa membaca jenis bacaan yang baik memberi otak stimulasi yang baik pula. Peneliti tersebut menyimpulkan bahwa bacaan sastra seperti novel memberi otak pelatihan yang lebih efektif dari berbagai fungsi kognitif yang kompleks dibanding bacaan yang hanya untuk kesenangan semata.

4. Otak beradaptasi saat kita membaca seolah sedang mengalaminya

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!Unsplash.com/Aziz Acharki

Ketika membaca puisi atau cerita novel, biasanya orang akan terbawa arus suasananya. Pembaca akan tenggelam di dalam buku seolah sedang mengalaminya sendiri.

Dalam hal ini, otak tidak membuat perbedaan nyata antara membaca dan mengalaminya, daerah neurologis yang sama tetap dirangsang. Saat membaca, otak memberi pengalaman atau gambaran realitas virtual asli.

5. Menemukan bahasa baru untuk pertumbuhan otak yang baik

Menurut Para Ahli, Ini 5 Hal yang Terjadi pada Otak Saat Kita Membaca!freedesignfile.com

Para peneliti dari Lund University di Swedia menguji siswa dari Akademi Juru Bahasa Swedia Angkatan Bersenjata dengan mahasiswa kedokteran dan sains kognitif di Universitas Umea. Masing-masing kelompok menjalani pemindaian otak sebelum uji coba dan dilakukan lagi setelah periode tiga bulan studi intensif.

Hasil yang didapat adalah siswa bahasa mengalami pertumbuhan otak dengan baik di hippocampus dan korteks serebral. Tingkat pertumbuhan otak siswa tersebut sesuai dengan jumlah upaya dan pengalaman belajar mereka dalam periode waktu selama tiga bulan tersebut.

Nah, bisa disimpulkan bahwa membaca dapat menemukan bahasa baru untuk pertumbuhan otak yang bagus.

Itu dia lima hal yang terjadi pada otak ketika kita membaca menurut para akhli. So, ayo mulai rajin membaca!

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Kalau Kamu Malas Membaca Buku, Jangan Sampai ya!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya