Comscore Tracker

Mengapa Cuaca Dingin Membuatmu Lebih Lapar? Ini Jawabannya!

Hubungan antara cuaca dingin dan meningkatnya nafsu makan

Pernahkah kamu merasa cepat lapar atau meningkat nafsu makannya di saat cuaca dingin? Ternyata bukan kamu saja yang mengalami hal tersebut, banyak orang juga mengalami hal yang sama bahkan telah ada beberapa penelitian lho mengenai hal ini.

Lalu bagaimana penjelasan ilmiahnya? Dan bagaimana mencegah makan berlebihan di kala cuaca dingin? Terutama yang berlangsung lama di kala musim hujan dan dapat membuat berat badan kita menjadi bertambah.

Penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung makan lebih banyak ketika cuaca dingin

Mengapa Cuaca Dingin Membuatmu Lebih Lapar? Ini Jawabannya!Photo by Haryo Setyadi on Unsplash

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut  tentang bagaimana dan mengapa cuaca mempengaruhi kebiasaan makan kita, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara cuaca dingin dan meningkatnya nafsu makan yang dibuktikan dengan adanya peningkatan konsumsi kalori.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa peserta penelitian mengkonsumsi rata-rata 86 kalori lebih banyak setiap hari di musim gugur daripada di musim semi. Penelitian lainnya dalam European Journal of Epidemiology juga menemukan hasil yang sama.

Cuaca dingin membuat suhu tubuhmu menjadi lebih rendah, maka untuk menghangatkan tubuh, kamu akan cenderung untuk makan sesuatu yang hangat

Mengapa Cuaca Dingin Membuatmu Lebih Lapar? Ini Jawabannya!rawpixel.com/449356

Yang menjadi masalah adalah ketika kamu menjadi lebih sering mengkonsumsi makanan hangat yang berkarbohidrat dan berkalori tinggi seperti mie, bakso, pasta dan yang lainnya.

Ketika kamu terpapar pada suhu yang lebih dingin, tubuh kamu memang akan membakar lebih banyak kalori melalui proses thermogenesis untuk menghangatkan tubuh dengan cara menggigil,  namun para ahli sepakat bahwa pembakaran kalori ini tidaklah signifikan. Dengan demikian,  jika tidak mau berat badan kamu bertambah kamu harus membuat pilihan makan sehat untuk di konsumsi saat cuaca dingin.

Baca Juga: 7 Sup Dari Berbagai Negara Ini Pas Dimakan Pada Musim Hujan, Enak!

Pilihan makanan sehat untuk cuaca dingin

Mengapa Cuaca Dingin Membuatmu Lebih Lapar? Ini Jawabannya!rawpixel.com/449338

Bakso, mie ayam, mie instant rebus memanglah sangat mengoda di kala cuaca sedang dingin. Namun jenis makanan ini mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi. Jenis makanan ini juga tidak akan membuat kamu kenyang lama karena setelah memakan mie instant rebus misalnya, gula darah kamu akan melonjak dengan cepat sehingga pankreas kamu harus bekerja keras mengeluarkan insulin untuk menurunkan gula darah. Penurunan gula darah ini dapat membuat kamu merasa lapar kembali.

Oleh karena itu di saat cuaca dingin sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang tidak membuat gula darah melonjak

Mengapa Cuaca Dingin Membuatmu Lebih Lapar? Ini Jawabannya!rawpixel.com/447972

Makanan seperti sup atau semur dengan daging / telur dan sayuran. Pilihan makanan ini juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.  Kamu juga dapat menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam sup atau semur kamu.  Dengan menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan hangat, kamu bisa makan lebih banyak makanan untuk memuaskan rasa lapar tanpa mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

Jadi selama kamu makan makanan seimbang dan membuat pilihan makanan sehat di sepanjang cuaca dingin,  kamu tidak perlu khawatir dengan berat badanmu. Karena jika kamu mengabaikan rasa lapar, hal ini malah bisa membuatmu makan berlebih, dan akhirnya berat badanmu bertambah. Cobalah juga makan dalam porsi yang kecil namun sering dan luangkan waktu untuk berolahraga hal ini dapat mencegah berat badan kamu bertambah meskipun kamu makan lebih sering di cuaca yang dingin.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Faktor Ini Bikin Berat Badanmu Naik di Musim Hujan

Alautiah Photo Verified Writer Alautiah

Seorang lulusan Keperawatan yang tidak bekerja di pelayanan kesehatan namun saat ini mengabdi untuk mengkoordinasi kerjasama kesehatan regional di ASEAN. Memiliki hasrat tinggi untuk berbagi informasi, dan membantu banyak orang melalui artikel-artikel yang ditulisnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You