Comscore Tracker

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO 

Swedia memiliki sejumlah fakta menarik 

Swedia tengah menjadi perhatian publik internasional karena telah memantapkan diri untuk mendaftar sebagai anggota NATO (North Atlantic Treaty Organization) yang merupakan organisasi militer internasional yang dibuat negara-negara blok Barat. Hal ini tentu saja menjadi sejarah karena dilansir The Local, sejak 1814 Swedia telah memutuskan untuk tidak berperang dan tidak memihak pihak manapun karena telah menggunakan kebijakan pertahanan netral.

Selain fakta di atas, Swedia juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk disimak. Melansir dari Life in Norway, berikut adalah 7 fakta unik Swedia, calon anggota baru NATO!

1. Swedia adalah negara Skandinavia terbesar 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi negara Swedia (pexels.com/Indra Kumar Howde Kari)

Swedia merupakan negara terbesar kelima di Eropa dan terbesar pertama di Skandinavia. Total luas daratan Swedia adalah 450.295 km2. Meski menjadi salah satu negara terbesar di Skandinavia, Swedia juga dinobatkan sebagai salah satu negara dengan kepadatan penduduk terendah.

2. Separuh wilayah Swedia adalah hutan 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi hutan di Swedia (instagram.com/celine_mois)

Sekitar 23 juta hektar wilayah di Swedia merupakan hutan, ukuran ini setara dengan wilayah Inggris Raya. Kondisi ini bisa terjadi lantaran undang-undang kehutanan Swedia mengatur ketat tentang pengelolaan hutan baik dari segi produksi maupun lingkungan.

3. Mayoritas penduduk Swedia tinggal di perkotaan 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi perkotaan di Swedia (instagram.com/igstockholm)

Meski luas, tak lantas membuat orang-orang Swedia tinggal berpencar. Dikatakan demikian karena 63% penduduk Swedia memilih untuk tinggal di perkotaan.

4. Swedia mengimpor limbah dari negara lain 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi memilah sampah (pexels.com/SHVETS production)

Pemerintah Swedia terkenal pintar dalam mengelola sampah. Hanya 1% sampah yang berakhir di TPA, 50% diantaranya di daur ulang, dan 49% sisanya dimanfaatkan untuk energi listrik. Karena membutuhkan sampah dalam skala besar untuk membuat insenerator tetap bekerja, Swedia sampai harus mengimpor sampah dari Norwegia dan Inggris.

5. Orang Swedia suka melakukan fika 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi fika (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Di Swedia, fika bukanlah nama orang melainkan tradisi istirahat dimana orang-orang berkumpul untuk makan bersama, menikmati kopi, dan mengobrol. Bahkan, tradisi fika di perkantoran ada yang dilakukan sampai dua kali sehari. Tak heran jika Swedia memiliki pekerja paling bahagia keempat di dunia.

6. Stasiun metro di Stockholm bak galeri seni

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi stasiun metro di Stockholm (instagram.com/travelandleisure)

Sekitar 90% stasiun metro di ibukota Swedia, yaitu Stockholm telah didekorasi hingga menjadi salah satu galeri seni paling menarik di dunia. Lebih dari 150 seniman ikut bergabung dalam proyek dekorasi stasiun metro dengan menampilkan mosaik, lukisan, grafiti, dan lain sebagainya.

7. Swedia memiliki kekuatan ekonomi yang patut diperhitungkan 

7 Fakta Unik Swedia, Calon Anggota Baru NATO ilustrasi perusahaan di Swedia (ikea_delft)

Banyak perusahaan asal Swedia yang sudah dikenal secara global. Sebut saja Electrolux, Ericsson, H&M, Saab, Volvo, dan IKEA. Selain itu, banyak juga penemuan dan inovasi masa depan yang datang dari ilmuwan Swedia. Yang paling terkenal adalah penemuan pacu jantung dan dinamit.

Setelah membaca 7 fakta unik Swedia diatas, mana fakta dari Swedia yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 5 Fenomena Sosial Unik yang Masih Terjadi di Negara-negara Afrika

Alfadhylla Rosalina Wibisono Photo Verified Writer Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya