Comscore Tracker

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!

Padahal bisa mengubah dunia!

Kamu tak bisa menyenangkan semua orang. Hal ini berlaku terutama untuk para pemimpin. Apa pun hal yang dilakukan, pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Di sisi ekstrem, mereka yang menentang mau melakukan apa saja hingga merenggut nyawa figur publik tersebut.

Sepanjang sejarah, banyak tokoh terkenal yang diincar nyawanya oleh para oposisi. Melayangnya nyawa mereka dianggap bisa mengubah alur sejarah. Namun, usaha mereka gagal. Inilah beberapa kejadian percobaan pembunuhan figur publik terkenal yang malah gagal.

1. Ir. Sukarno

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Ir. Soekarno (wikimedia.org)

Proklamator sekaligus Presiden pertama RI Sukarno, bukanlah sosok yang mudah dihabisi. Sejak jadi Presiden RI pada 1945, Sukarno setidaknya mengalami tiga kali percobaan pembunuhan.

  • 1957: usaha pembunuhan dengan granat saat Sukarno menyambangi sekolah di Cikini, yang didalangi kelompok Darul Islam. Meski sang presiden selamat, granat tersebut menghabisi nyawa 6 anak.
  • 1960: sebuah jet tempur MiG-17 yang dipiloti Daniel Maukar menembaki Istana Negara dan Istana Bogor untuk menghabisi  Sukarno. Untungnya, Sukarno selamat.
  • 1962: saat perayaan Idul Adha, oknum dari Darul Islam menembak  SUkarno. Tembakan tersebut tak fatal, sehingga Sukarno selamat.

Tak terbayangkan apa konsekuensinya seandainya percobaan tersebut berhasil. Beberapa teori mengungkapkan kemungkinan percobaan pembunuhan terhadap Sukarno didukung Central Investigation Agency (CIA) dari Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, sekitar 4 tahun kemudian, Soeharto menggantikan  Sukarno sebagai presiden. Sang proklamator kemudian dijadikan tahanan rumah pada 1967 hingga wafatnya pada usia 69 tahun di Jakarta pada 1970 akibat gagal ginjal.

2. Theodore Roosevelt

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Theodore Roosevelt (wikimedia.org)

Presiden AS ke-26, Theodore Roosevelt, menjabat sebagai presiden AS selama dua masa pemerintahan (1901–1909). Meski begitu, pada Pemilu 1912, sosok yang dijuluki "Bull Moose" ini ingin kembali mencalonkan lewat partainya sendiri, Progressive Party. Langkah ini tak disenangi penjaga bar, John Flammang Schrank.

Saat Roosevelt menyambangi Milwaukee untuk berpidato, Schrank menembaknya. Peluru tersebut menembus kotak kacamata Roosevelt, catatan pidatonya (50 halaman), dan akhirnya menyasar otot dadanya.

"Tuan dan nyonya, saya tak tahu apakah kalian semua melihat bahwa saya telah ditembak. Namun, butuh lebih dari itu untuk membunuh Bull Moose," ucap Roosevelt saat membuka pidatonya.

Untungnya, ia tak wafat. Roosevelt kemudian mencegah massa untuk tidak membunuh Schrank. Dengan darah yang mengucur, Roosevelt tetap melanjutkan pidatonya dan baru mendapatkan perawatan. Sementara kampanye Roosevelt berhasil, ia tak menjadi presiden untuk ketiga kalinya. Posisi tersebut direbut Woodrow Wilson.

Bagaimana dengan Schrank? Setelah diadili, ia dinyatakan tak bersalah dan dianggap mengidap gangguan jiwa. Oleh karena itu, Schrank dijatuhi vonis dirawat di rumah sakit jiwa hingga wafat pada 1943.

3. Kaisar Jiajing

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Kaisar Jiajing (wikimedia.org)

Kaisar ke-12 Dinasti Ming, Kaisar Jiajing (嘉靖帝), bukanlah sosok yang disukai bawahannya. Percaya bisa hidup kekal, sang kaisar memaksa para dayang untuk menyerahkan darah menstruasi mereka, hingga ada yang jatuh sakit. Jika menolak, tentu saja hukuman mati menunggu.

Sebanyak 16 dayang setuju membunuh Jiajing dengan cara mencekik sang kaisar, lalu membebankan hal tersebut ke selir sang kaisar. Akan tetapi, saat eksekusi, satu dayang takut dan bergegas melaporkan ke permaisuri. Selain 16 dayang, dua selir, Duan dan Ning, juga ikut dihukum mati karenanya.

Peristiwa ini terjadi pada 1542. Kaisar Jiajing lalu menemukan bahwa selir Duan tersnyata tidak bersalah. Oleh sebab itu, sang kaisar memerintahkan anak perempuannya dengan Duan, Luzheng, untuk diadopsi selir Shen.

Baca Juga: Pertaruhkan Nyawa, 10 Figur Terkenal yang Berjasa di Masa Holocaust

4. Adolf Hitler

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Adolf Hitler (theglobepost.com)

Pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, bukanlah sosok yang dikagumi dunia. Peristiwa Holocaust yang merenggut jutaan nyawa kaum Yahudi tak akan terhilang dari sejarah. Meski begitu, sang Führer tak kunjung wafat meski diincar nyawanya. Salah satu dari usaha tersebut adalah Operasi Valkyrie pada 1944.

Pada awalnya, Operasi Valkyrie adalah sebuah rencana darurat kesinambungan pemerintahan di masa Perang Dunia II akibat serangan Sekutu atas Jerman. Rencana tersebut untuk menggulingkan Nazi. Kematian Adolf Hitler diharuskan untuk membebaskan Nazi dari sumpah setia terhadap sang Führer (Führereid). 

Saat itu, salah satu Hitler dan para petinggi Nazi sedang berada di Wolfsschanze, Polandia. Kolonel Claus Schenk Graf von Stauffenberg yang terlibat dalam operasi ini kemudian meletakkan tas berisi bom di ruangan yang digunakan Hitler untuk rapat. Rencana berjalan lancar karena tak ada yang tahu tas tersebut berisi bom.

Sayangnya, salah satu anggota Nazi kemudian menendang koper tersebut secara tak sengaja sehingga bom tersebut meledak. Sementara membunuh beberapa petinggi Nazi Jerman dan menghancurkan ruangan tersebut, Hitler lolos dan hanya mengalami gendang telinga pecah.

5. Napoleon Bonaparte

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!ilustrasi Napoleon Bonaparte (independent.co.uk)

Pada 1800, Napoleon Bonaparte adalah seorang konsulat pertama Prancis di kala Revolusi Prancis. Meski belum menjadi kaisar Prancis, Bonaparte jadi sasaran percobaan pembunuhan. Salah satunya adalah Plot of the rue Saint-Nicaise atau Machine Infernale.

Rencananya, para oposisi Bonaparte mengisi sebuah gentong anggur dengan bubuk mesiu dan meledakannya saat kendaraan Bonaparte lewat. Kesempatan tersebut datang di malam Natal 1800 saat Bonaparte sedang berkendara menuju sebuah opera. Melewati jalan Saint-Nicaise, mesiu pun harusnya dinyalakan agar segera meledak.

Sayangnya, karena salah aba-aba, mesiu tersebut gagal meledak tepat waktu untuk membunuh Bonaparte dan malah membunuh serta melukai beberapa orang. Bonaparte terus berkendara ke opera dan di sana, banyak orang menyambutnya karena selamat dari ledakan tersebut.

6. Louis XV

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Louis XV (wikimedia.org)

Raja Prancis Louis XV sering menjadi sorotan sejarah karena pemerintahannya yang amburadul. Salah satu yang setuju adalah Robert-François Damiens, dan menganggap inilah akhir dari sang raja. Jadi, pada Januari 1757 yang dingin, Damiens menerobos pengawalan sang raja dan menusuk sisi tubuh Raja Louis XV dengan sebuah pisau kecil.

Apakah rencana tersebut berhasil? Ternyata tidak. Karena cuaca yang dingin, sang raja menggunakan pakaian yang tebal agar tak kedinginan. Meski mengalami pendarahan, penusukan tersebut tak membuahkan apa-apa. Damiens sendiri akhirnya dihukum mati dan keluarganya diusir dari Prancis.

7. Charles de Gaulle

7 Percobaan Pembunuhan Gagal Terkenal dalam Sejarah, Malu!Charles de Gaulle (wikimedia.org)

Keputusan Presiden Prancis ke-18, Charles de Gaulle, mengenai sikap Prancis yang memberikan kesempatan merdeka untuk Aljazair menuai kecaman dari Organisation armée secrète (OAS). Jadi, Kolonel Jean-Marie Bastien-Thiry memutuskan membunuh Charles.

Saat Charles dan keluarganya tengah berkendara, para oknum OAS menembak mobil mereka, Citroën DS, dan membunuh dua penjaga presiden serta mengempiskan dua ban mobil tersebut. Karena sudah tiarap dan sistem suspensi mobil yang andal, Charles dan keluarga lolos dari insiden tersebut.

Itulah beberapa insiden percobaan pembunuhan gagal yang terkenal di sejarah dunia. Menurutmu, apa yang akan terjadi seandainya usaha-usaha ini ternyata berhasil? Apakah terjadi kekacauan atau malah perdamaian?

Baca Juga: Mengagetkan! 7 Kasus Pembunuhan Figur Publik Secara Tiba-tiba

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya