Comscore Tracker

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan Terlupakan

Ruginya, baru terkenal setelah wafat!

Sejarah dunia telah melihat berbagai figur publik dan masa keemasannya. Beberapa berhasil mengabadikannya hingga akhir hayat. Namun, tak sedikit figur publik yang malah mengakhiri hidupnya di dalam kemelaratan dan kesedihan, terlupakan oleh dunia. Padahal, mereka berpengaruh besar untuk dunia!

Entah mereka mengambil keputusan yang salah, atau karena kebobrokan diri sendiri, para figur publik ini malah jatuh dan tidak dapat bangkit lagi hingga wafatnya. Dari berbagai nama tokoh, inilah 9 figur publik terkenal yang justru wafat melarat dan sempat terlupakan oleh dunia.

1. Vincent van Gogh

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan Terlupakanwww.thecollector.com

Siapa yang tidak kenal Vincent van Gogh? Lahir pada 1853 di Belanda, van Gogh masa kini terkenal sebagai salah satu ikon dunia seni modern. Namun, bagi yang mengikuti kisah van Gogh, pasti tahu kisah kelamnya. Dari tak punya uang, dihina karena kondisi kejiwaannya, hingga memotong kuping sendiri, van Gogh hidup dengan tragis.

Selama hidupnya, bahkan van Gogh hanya menjual satu lukisan saja (itu pun dibeli karena kasihan)! Bergantung pada saudaranya, Theo, van Gogh sering kali menghabiskan uangnya untuk mabuk-mabukan, menyewa PSK, selain hobi melukis yang memang mahal. Ia pun sampai masuk rumah sakit jiwa karena kondisi kejiwaannya.

Akhirnya, pada 1890, van Gogh tewas dengan luka tembak di Prancis. Kematiannya pun misterius, ada yang bilang bunuh diri; ada yang bilang ia ditembak. Setelah ia wafat, barulah ketenaran van Gogh naik daun dan lukisannya populer. Malang betul!

2. Bela Lugosi

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanBela Lugosi sebagai Count Dracula (theimaginativeconservative.org)

Aktor legendaris Amerika kelahiran Hongaria, Bela Lugosi, terkenal sebagai salah satu sosok yang merevolusi dunia film horor. Karena tak sukses di Hongaria, Lugosi hijrah ke AS sebagai seorang pelaut. Aktif pada awal hingga pertengahan abad ke-20, Lugosi terkenal memainkan peran Count Dracula di film Dracula (1931)!

Terkenal pada 1930an, Lugosi ternyata adalah pecandu morfin dan metadon. Selain itu, Lugosi juga adalah seorang pemabuk yang gemar minum scotch. Konon, ia bisa menghabiskan 5 - 6 botol seminggu! Pada 1956, Lugosi wafat pada usia ke-73 tahun akibat serangan jantung. Yang tersisa dari Lugosi hanyalah reputasinya yang singkat.

3. Franz Schubert

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanFranz Schubert versi 3D (zbrushcentral.com/Hadi Karimi)

Aktif di masa Klasik dan Romantik, musisi dari Austria, Franz Schubert, adalah salah satu musisi paling berpengaruh hingga masa kini. Sepanjang hidupnya, Schubert menggubah lebih dari 1.500 karya, termasuk 600 lagu sekuler dan 7 komposisi orkestra! Salah satu komposisi Schubert yang terkenal adalah "Ave Maria".

Semasa hidupnya, Schubert hanya menggelar konser sekali saja, pada Maret 1828, saat peringatan kematian Beethoven. Untuk menyambung hidup, Schubert hanya jadi guru les musik! Ia kemudian wafat di tahun yang sama pada usia ke-31 tahun karena tifus. Tetapi, beberapa sejarawan menduga Schubert sebenarnya wafat karena sifilis!

https://www.youtube.com/embed/2H5rusicEnc

4. Herman Melville

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanHerman Melville, 1870, oleh Joseph Oriel Eaton (wikimedia.org)

Lahir pada 1819 di AS, Herman Melville terkenal sebagai salah satu penulis novel kondang. Call me Ishmael, Melville adalah sosok di balik cerita legendaris Moby-Dick (1851). Butuh setahun setengah bagi Melville untuk merampungkan Moby-Dick. Namun, saat ia hidup, Moby-Dick hanya laku 3.215 kopi saja!

Selain beralih fokus ke puisi, pada 1863, Melville bekerja sebagai pegawai pabean dengan gaji US$81,51 (sekitar Rp1,2 juta) saja! Setelah bekerja selama 21 tahun, Melville pensiun dan hidup luntang-lantung dengan istrinya, Elizabeth "Lizzie" Shaw, dan bergantung pada warisan iparnya.

Pada 1891, Melville wafat akibat penyakit jantung di usia ke-72 tahun. Barulah, pada 1919, karya Melville meledak di pasaran, hingga mengorbitkan nama Melville sebagai penulis terbaik di masanya. TERLAMBAT!

Baca Juga: 11 Makam Figur Bersejarah yang Letaknya Masih Dirahasiakan

5. Oscar Wilde

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanOscar Wilde pada 1882 (wikimedia.org)

Siapa yang sudah nonton baca atau nonton film The Picture of Dorian Gray? Itu adalah karya pada tahun 1890 dari penulis Irlandia yang aktif di abad ke-19, Oscar Wilde. Lahir di Dublin pada 1854, Wilde adalah sosok yang cukup kontroversial. Tahukah kamu kalau Wilde pernah mendekam di penjara?!

Penyebabnya? Orientasi homoseksual Wilde! Ia pun divonis dua tahun penjara dari 1895 - 1897. Ia kemudian langsung hengkang ke Prancis hingga akhir hayatnya. Saat wafat di usia 46 tahun, Wilde sebetulnya tidak begitu melarat karena ia mewariskan £250 atau US$30.000 (Rp432 juta) untuk anak-anaknya, Cyril dan Vyvyan Holland.

6. Nikola Tesla

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanNikola Tesla (energy.gov)

Lahir di Serbia pada 1856, Nikola Tesla (Никола Тесла) adalah salah satu ilmuwan dan penemu besar di sejarah Amerika. Di bawah Westinghouse Electric pada 1888, Tesla adalah figur di balik penemuan sistem tenaga arus bolak-balik (AC). Namun, sejak saat itu, Tesla malah membuat beberapa keputusan keliru.

Salah satunya adalah tidak mengambil kontrak dengan Westinghouse pada 1897. Selain itu, seluruh uang Tesla tertuang dalam proyek Menara Wardenclyffe, pemancar nirkabel ke seluruh Samudra Atlantik! Namun, proyek tersebut gagal bersaing dengan Guglielmo Marconi, penemu radio asal Italia.

Tetap berkarya, Tesla pun hidup melarat dengan tinggal di New York. Bahkan, ia sempat tertabrak mobil dan tak pernah pulih. Akhirnya, Tesla wafat pada 1943 di usia ke-86 tahun karena trombosis koroner. Barulah nama Tesla diabadikan jadi satuan internasional intensitas magnet (T).

7. Edgar Allan Poe

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan Terlupakanphys.org

Terkenal karena genre misteri, Edgar Allan Poe adalah penulis dan pujangga Amerika yang terkenal di masa Romantisisme di kesusastraan Amerika. Ia paling sering menulis cerpen. Salah satu karyanya yang paling sering dikutip adalah The Raven (1845). Namun, ia adalah salah satu tokoh terkenal yang justru wafat menyedihkan.

Menikahi sepupunya yang berusia 13 tahun, Virginia Clemm, pada 1836, istrinya malah wafat karena tuberkulosis pada 1847. Edgar juga terkenal suka "kabur" ke alkohol. Akhirnya, Poe wafat pada 1864 di usia ke-40 tahun dengan sebab yang masih diperdebatkan, dari sakit hingga bunuh diri!

Sebelum wafat, Poe diketahui hanya menghasilkan US$4.481 (Rp64,5 juta). Bahkan, setahun sebelum ia wafat, Poe menghasilkan kurang dari angka tersebut, sementara harus menghidupi tiga anggota keluarganya. Untuk menghormati Poe, Mystery Writers of America menganugerahkan Edgar Award untuk para penulis terbaik di genre misteri.

8. Judy Garland

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan Terlupakanhttps://www.thefamouspeople.com/

Frances Ethel Gumm atau yang lebih dikenal sebagai Judy Garland adalah aktris kenamaan Amerika. Terkenal memerankan Dorothy Gale di The Wizard of Oz (1939), Garland dihujani berbagai penghargaan, dari Oscar hingga Grammy, dan bahkan memiliki acaranya sendiri! Lalu, kenapa ia bisa berada di daftar ini?

Dulu, Garland sempat menderita gangguan psikis akibat tertekan ekspektasi dan sorotan lampu pertunjukan. Belum lagi, para kritikus sering mengkritik fisik Garland yang tidak cocok dengan dunia entertainment! Alhasil, Garland jatuh ke jurang alkohol dan narkoba.

Garland wafat pada 1969 di usia 47 tahun karena overdosis barbiturat! Karena tak bisa mengelola keuangannya dan gaya hidupnya yang mewah, ia terlilit utang hingga jutaan dolar AS. Bahkan, Garland hanya memiliki harta sejumlah US$282.287 (Rp4 miliar). Bahkan, Frank Sinatra sampai membantu melunasi utang Garland!

https://www.youtube.com/embed/oW2QZ7KuaxA

9. Charlie "Bird" Parker Jr.

9 Ikon Sejarah Terkenal yang Wafat Melarat dan TerlupakanCharlie Parker, 1947 (wikimedia.org)

Lahir di Kansas, Charlie Parker Jr. atau yang dijuluki "Bird" adalah seorang musisi saksofon jazz yang terkenal berkontribusi mengembangkan sub-genre bebop. Meskipun reputasinya terkenal sebagai sosok yang merevolusi dunia jazz hingga ke seluruh dunia, Parker Jr. tak lolos dari jerat kemelaratan.

Sejak usia 16 tahun, Parker Jr. sudah "jatuh cinta" dengan narkoba. Berawal dari kecelakaan, Parker Jr. mengonsumsi morfin, sebelum memakai heroin. Selain narkoba, Parker Jr. juga suka mabuk-mabukan. Di beberapa lagu Parker Jr., bisa terdengar kalau ia bermain dalam keadaan mabuk atau di bawah pengaruh obat-obatan!

Pada 1954, Parker Jr. sempat mau bunuh diri 2 kali karena putrinya, Pree, wafat di usia 3 tahun. Setahun kemudian, Parker Jr. wafat di usia 34 tahun tanpa warisan apa pun dan dalam keadaan melarat.

https://www.youtube.com/embed/HmroWIcCNUI

Itulah beberapa figur sejarah terkenal dunia yang justru wafat di dalam kemiskinan dan hanya meninggalkan reputasinya saja. Naasnya, di saat mereka mengakhiri hidup karena jalan buntu, ternyata ketenaran mereka baru saja mulai! Dari 9 tokoh di atas, siapa yang menurutmu kisahnya paling tragis?

Baca Juga: 15 Figur Publik yang Terkenal Gagap, Jangan Menyerah!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya