Comscore Tracker

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!

Betulkah Isayama-sensei mengambil sejarah asli?

Kamu pencinta anime dan manga Jepang? Pastinya, kamu sudah familier dengan Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin (進撃の巨人)! Attack on Titan menceritakan kisah Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert dalam menghadapi invasi Titan. Tetapi, motif para karakter pun berubah sepanjang cerita!

Disadur dari karya Hajime Isayama, Attack on Titan pun sudah memiliki empat season anime, game di berbagai platform dan satu film live action pada 2015. Season anime terakhirnya sendiri dipecah menjadi 2 bagian, pada 2021 dan 2022. Per Desember 2019, Attack on Titan menjadi manga terlaris dalam sejarah dengan penjualan 100 juta kopi!

Sebagai sebuah manga dan anime, Attack on Titan tergolong amat sukses! Di balik kesuksesannya yang mendunia, apa yang menginspirasi Isayama-sensei? Betulkah latar Attack on Titan diadaptasi langsung dari sejarah dunia nyata?

1. Attack on Titan in A Nutshell

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!aminoapps.com

Attack on Titan bermula dari ambisi Eren untuk menghabisi para Titan yang bukan hanya menghancurkan kotanya, tetapi juga membunuh ibunya, Carla. Kemudian, ayah Eren, Grisha, menyuntikkan serum Titan untuk mengubah sang bocah. Di bawah pengaruh Titan, Eren melahap ayahnya dan mewarisi kekuatan Founding dan Attack Titan.

Singkat cerita, Eren, Mikasa, dan Armin berhasil masuk ke Survey Corps. Setelah dimakan oleh seekor Titan dan dapat berubah jadi seekor Titan, Eren pun direkrut ke pasukan operasi khusus yang dikepalai oleh Levi Ackerman. Menghadapi berbagai kesulitan pun, ambisi Eren untuk menghabisi Titan tetap tidak terguncangkan.

Setelah Eren menemukan basemen Grisha, ia menyadari fakta bahwa ia adalah seorang Eldia, kaum asli Titan. Peradaban modern Marley memindahkan bangsa Eldia ke pulau Paradis dan mencuci otak mereka. Titan yang selama ini dihadapi oleh Eren dan kawan-kawan adalah "penjahat" Eldia yang disuntikkan serum Titan dari Marley!

Setelah mengetahui kenyataan baru di basemen Grisha dan mendapat flashback dari koneksi dengan aktifnya kekuatan Founding Titan, motif Eren pun berubah. Berbekal kekuatannya dan kendali atas Titan, Eren malah berambisi menghancurkan dunia, dimulai dari Marley!

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!Mikasa teringat akan Eren. mangatown.com

[SPOILER ALERT] Pada chapter terakhir Attack on Titan ke-139 yang rilis pada April 2021, seluruh ingatan Armin kembali dengan kematian Eren di tangan Mikasa. Berkat pengorbanan Eren, kekuatan Titan pun musnah dan para Titan kembali jadi manusia biasa. Kepala Eren pun dikuburkan di bawah sebuah pohon.

Namun, peperangan antara Eldia dan Marley tetap berkecamuk. Lompat ke tiga tahun setelah kematian Eren, kisah Attack on Titan ditutup dengan haru ketika Mikasa teringat Eren saat seekor burung "merapikan" syal kenang-kenangan Eren, sama seperti saat mereka kecil dulu. The end.

2. Hubungan Attack on Titan dengan Hong Kong, Inggris, dan Tiongkok

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!MAPPA Studio

Sementara Attack on Titan laris manis di negara-negara dunia, Hong Kong memiliki tafsiran sendiri terhadap karya Isayama-sensei ini. Apa hubungan sejarah Hong Kong dengan Attack on Titan? Bagi Hong Kong, Attack on Titan melambangkan perjuangan negara tersebut.

Saat berada di bawah pemerintahan Inggris, Hong Kong mengalami kemajuan besar karena tidak dikekang oleh paham sosialisme Tiongkok. Tetapi, pada 1997, Hong Kong kembali ke Tiongkok. Hong Kong diizinkan untuk berpegang pada paham kapitalisme selama 50 tahun, berarti hingga 2047.

Tetapi, Tiongkok tetap menginvasi kebebasan Hong Kong. Pada 2012, Tiongkok memaksa sekolah Hong Kong memakai buku berpaham sosialisme. Lalu, pada 2016, lima staf Causeway Bay Books, sebuah toko buku di Hong Kong, diciduk ke Tiongkok karena mengkritik pemerintahan Negeri Tirai Bambu.

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!(Pemuda Hong Kong berunjuk rasa dan memperingati hari penyerahan Hong Kong ke Tiongkok) ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Pada 2014, terjadi demonstrasi besar-besaran selama hampir 3 bulan. Demonstrasi tersebut bertujuan untuk menentang keputusan Hong Kong untuk mengikuti sistem pemilihan umum Beijing.

Hal ini berarti pemerintah Hong Kong juga harus berpihak pada Tiongkok! Hasilnya, lebih dari 950 penangkapan dan 470 korban luka-luka dalam demonstrasi yang disebut "Umbrella Revolution" ini. Selain itu, demonstrasi ini juga menjadi cikal-bakal dari demonstrasi besar di Hong Kong pada 2019-2020.

Lalu, pada 26 Maret 2016, Carrie Lam diangkat menjadi kepala administrasi Hong Kong. Hal ini memicu protes dari rakyat Hong Kong karena Carrie didukung pemerintah Beijing!

Keadaan semakin keruh ketika pemerintah Hong Kong mempertimbangkan rancangan Undang-Undang ekstradisi ke Tiongkok pada 2019. Tensi memuncak dan demonstrasi pun meletus pada Maret 2019 hingga akhir 2020. Hasilnya, dua korban jiwa, lebih dari 10.240 penangkapan, dan kerugian mencapai US$755 juta (lebih dari Rp11 triliun)!

3. Hong Kong Melihat Tiongkok sebagai "Titan"

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!imdb.com

Konsep "dinding" dan perjuangan untuk bebas dari Titan yang ditunjukkan dalam Attack on Titan bergema di hati Hong Kong. Dengan kembalinya Hong Kong ke Tiongkok, hal ini serupa dengan jatuhnya Dinding Maria karena invasi Colossus dan Armored Titan.

Tiongkok dianggap menghancurkan "tembok" Hong Kong, dan sekarang rakyat Hong Kong harus menghadapi kenyataan bahwa mereka hanya menikmati "masa kebebasan" yang semu. Oleh karena itu, rakyat Hong Kong merasakan relevansi saat melihat diri mereka dan situasi mereka tercermin dalam karakter serta cerita Attack on Titan.

Anime ini laris manis di Hong Kong. Politisi dan aktivis Hong Kong bahkan membuat video parodi dengan Partai Komunis China menggantikan Titan.

4. Pandangan Tiongkok soal Attack on Titan

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!comicbook.com

Selain di Hong Kong, sebenarnya Attack on Titan pun juga populer di Tiongkok. Namun, dikarenakan simbolisme yang ditunjukkan dan antusiasme Hong Kong, pemerintah Tiongkok pun resah. Alhasil, pada 2015, Kementerian Kebudayaan Tiongkok memboikot Attack on Titan.

Pemutaran versi film live-action Attack on Titan yang dijadwalkan di Shanghai Film Festival 2015 dibatalkan pada menit-menit terakhir karena Attack on Titan mengandung "materi yang mendukung kekerasan dan tindakan terorisme".

Jelas, ada udang di balik batu! Di Tiongkok, film yang mungkin memiliki efek negatif pada citra pemerintahan dicekal atau disensor. Contoh, film Avatar (2009) besutan James Cameron dilarang karena pemerintah Tiongkok khawatir penonton akan menyamakan konsep manusia penjajah planet Pandora dengan citra pemerintah.

Jadi, dengan latar belakang Attack on Titan yang penuh perjuangan dan sangat dekat dengan realitas ini membuat pemerintah Beijing turun tangan.

Baca Juga: 7 Minuman Beralkohol Unik dari Peradaban Kuno, Bagian Sejarah Dunia

5. Attack on Titan dan Latar PD2

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!ninotaku.de

Konsep Marley yang memperalat bangsa Eldia menjadi fokus utama di season-season akhir Attack on Titan. Ternyata, bangsa Marley memperbudak bangsa Eldia dan menjadikan mereka "senjata" dan pengontrol bangsa Eldia lain di pulau Paradis.

Cerita ini mengundang berbagai persepsi, salah satunya adalah kemiripan tentara Marley dengan Nazi Jerman dan bangsa Eldia dengan kaum Yahudi di Jerman! Selain teori itu, beberapa penonton Attack on Titan menyamakan keruntuhan pemerintahan Eldia dengan kekalahan Jepang pada Perang Dunia II (PD2)!

Tidak sulit bagi para penonton dan pembaca untuk melakukan cocoklogi. Berbagai simbolisme pada season 3-4 Attack on Titan memang beda tipis dengan latar PD2. Barisan tentara Marley terkesan mirip dengan tentara Nazi, sementara pemukiman Eldia di Liberio terkesan seperti kamp konsentrasi untuk bangsa Yahudi.

Menjelang akhir Attack on Titan, barulah pembaca dan penonton dapat melihat bahwa memang selama ini bangsa Eldia-lah yang menjadi korban. Sementara kemiripan dengan Holocaust tidak bisa dimungkiri, Attack on Titan mengisyaratkan perang terhadap sistem ideologi yang haus kekuasaan dan manipulatif!

6. Dot Pixis dan Akiyama Yoshifuru

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!funimation.com/Attack on Titan

Pada 2010 di situs blog Livedoor, Isayama-sensei mengaku bahwa ia mendapatkan inspirasi karakter untuk Dot Pixis dari seorang jenderal dan "pahlawan" Jepang, Akiyama Yoshifuru (1859-1930). Menganggap Jend. Akiyama sebagai sosok pahlawan, ia juga memiliki peran pada sejarah gelap pendudukan Jepang di Korea dan Tiongkok.

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!Akiyama Yoshifuru. commons.wikimedia.org

Selain itu, Jepang dan Korea memang terkenal tidak akur. Dari sejarah pembunuhan Ratu Myeongseong oleh Miura Goro pada 1896 dan pembantaian rakyat Korea di Kanto setelah gempa pada 1923, Jepang menindas Semenanjung Korea pada 1910-1945, dari kerja paksa hingga menjadikan wanita Korea budak seks atau Jugun ianfu (従軍慰安婦)!

Jadi, saat Isayama-sensei mengutarakan Jend. Akiyama sebagai inspirasi, sontak beberapa kelompok kebakaran jenggot dan postingan Isayama-sensei dibanjiri berbagai kecaman dan ancaman pembunuhan! Dari komentar-komentar bengis tersebut, terlihat bahwa yang menulis bukanlah orang Jepang.

7. Isayama-sensei: Attack on Titan diinspirasi dari game dan pengalaman pribadi!

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!wallpapercave.com/attack-on-titan-wallpapers

Tetapi, apa sebenarnya inspirasi Isayama-sensei dalam menciptakan Attack on TitanBBC mewawancarai sang mangaka pada 2015, dan inilah hasilnya. Datang ke Tokyo di usia 20 tahun, Isayama-sensei mengatakan bahwa Attack on Titan sebenarnya diilhami dari video game.

"Saya mendapatkan ide untuk Attack on Titan dari sebuah game komputer yang berlatarkan sebuah dunia yang diserang oleh monster alien. Saya rasa jika monster itu melahap manusia, ceritanya akan menarik," ujar Isayama-sensei pada BBC.

Selain itu, Isayama-sensei juga mengungkapkan bahwa Attack on Titan berasal dari masa belianya di Oyama, Prefektur Oita. Baginya, Attack on Titan melambangkan norma sosial di mana semua makhluk hidup harus mengonsumsi makhluk lain untuk bertahan hidup!

8. Isayama-sensei: Saya Hampir Jadi Penjaga Warnet!

Apakah Attack on Titan Diilhami Sejarah Nyata? Ini Faktanya!reddit.com

Selain bercerita soal inspirasinya menggarap Attack on Titan, Isayama-sensei pun berkilas balik saat hanya Kodansha yang mau menerima Attack on Titan. Konon, cerita Isayama-sensei sudah bagus. Hanya saja, kualitas gambarnya tidak memadai. Mendengar hal itu, sang mangaka pun sempat putus asa.

Akhirnya, Isayama-sensei pun melangkah ke Kodansha. Saat itu, hanya para editor Kodansha yang menyukai Attack on Titan, dari cerita hingga gambar! Bahkan, jika saat itu Attack on Titan ditolak lagi, Isayama-sensei siap banting setir!

"Jika saya tak jadi mangaka, mungkin saya kerja di warung internet. Toh, saya juga tidak berprestasi di sekolah. Siapa sangka, saya ternyata bisa mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan," ujar Isayama-sensei.

Saat ditanya mengenai keberhasilan Attack on Titan yang mendunia, Isayama-sensei pun kaget! Namun, ia merasa keberhasilan Attack on Titan adalah konsepnya yang universal, di mana dinding memisahkan manusia dari monster Titan, tetapi tiap lapisan dinding menggambarkan segmentasi sosial yang nyata.

Baca Juga: 7 Keputusan Paling Bodoh Sepanjang Sejarah, Gak Habis Pikir!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya