Comscore Tracker

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis Sejarah

Kisah cinta yang secara literal melukiskan sejarah

"Cinta kita melukiskan sejarah,"

Begitu lirik "Cinta Sejati", lagu yang Bunga Citra Lestari bawakan saat sekaligus mengisi peran Alm. H. Hasri Ainun Habibie dalam film "Habibie dan Ainun" pada 2012. Tak dimungkiri, khalayak Indonesia menganggap kisah cinta mendiang presiden ke-3 Indonesia, Alm. H. B.J. Habibie, dan Ainun sebagai salah satu yang paling romantis.

Mirip dengan kisah Habibie dan Ainun, kisah-kisah cinta pada masa lampau pun melukiskan sejarah dunia yang sekarang kita kenal ini. Inilah kisah-kisah romansa termasyhur yang mengukir sejarah peradaban manusia.

1. Cleopatra VII dan Markus Antonius: Runtuhnya Kerajaan Ptolemaik di Mesir

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis Sejarahantiquesdiva.com

Dari yang tadinya mau menginterogasi Cleopatra VII, yang konon katanya wanita tercantik di dunia saat itu, Jenderal Romawi Markus Antonius malah terpesona dengan kecantikan Cleopatra dan bersumpah akan melindungi Mesir dan kedudukan Cleopatra sebagai pemimpin Kerajaan Ptolemaik Mesir. Saat Cleopatra melahirkan anak Julius Caesar saat itu, Markus Antonius menikahi saudari rekannya dan kaisar Romawi selanjutnya, Augustus.

Saat kembali ke Mesir untuk menyatakan Caesarion, anak Cleopatra, sebagai penguasa Romawi yang sah, Markus Antonius harus menghadapi kemarahan Augustus. Alhasil, Pertempuran Actium antara Augustus kontra Markus Antonius dan Cleopatra pun berkecamuk pada 31 SM. Akhirnya, Augustus pun menang dan kisah cinta tersebut ditutup pada 30 SM oleh insiden bunuh diri Markus Antonius dan Cleopatra, diawali oleh kesalahpahaman belaka.

2. Raja Henry VIII dan Anne Boleyn: Nafsu birahi yang mengubah Britania Raya dari Katolik menjadi Protestan

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis SejarahRaja Henry VIII dan Anne Boleyn. abc.net.au

Pada 1525, Raja Henry VIII kesal karena istrinya saat itu, Catherine dari Aragon, tak kunjung memberinya penerus takhta. Oleh karena itu, ia melirik Anne Boleyn, dayang Catherine yang masih berusia 25 tahun.

Dua tahun kemudian, Raja Henry kemudian meminta Paus Klemens VII untuk menceraikannya dari Catherine, yang mana ditolak oleh sang Paus. Naik pitam, Raja Henry diam-diam menikahi Anne pada 1533 dan memisahkan diri dari Gereja Katolik Roma, serta menobatkan dirinya sebagai Kepala Gereja Inggris.

Ternyata, Anne Boleyn pun tidak mampu menghasilkan keturunan. Jadi, Raja Henry memutuskan untuk memfitnah Anne dengan menuduhnya penyihir, melakukan dosa hubungan sedarah, dan perzinahan, hingga Anne dihukum pancung pada 1536! Pada akhir hayatnya, Raja Henry VIII memiliki 6 istri, dan putrinya dengan Anne, Ratu Elizabeth I, mendirikan Gereja Protestan di Britania Raya dan menobatkan dirinya sebagai Gubernur Tertinggi.

3. Pierre dan Marie Curie: Pasangan Nobel yang mendirikan pondasi sains radioaktif masa kini

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis SejarahPierre dan Marie Curie. commons.wikipedia.org

Saat bertemu dengan Pierre Curie di University of Paris, Prancis pada 1894, Marie Skłodowska hanya butuh satu tahun untuk mantap dipinang Pierre dan mengganti namanya menjadi Marie Curie. Pada 1898, Pierre dan Marie Curie kemudian menemukan polonium dan radium. Empat tahun kemudian, pasangan Curie kembali menorehkan prestasi dengan mengisolasi garam radium dari uraninit, sekaligus menerima medali Nobel di bidang Fisika pada 1903.

Naasnya, Marie Curie ditinggalkan Pierre terlebih dulu pada 1906 saat mengalami kecelakaan di Paris saat menjadi profesor di University of Paris. Marie kemudian melanjutkan karir mendiang suaminya dan menjadi profesor wanita pertama di University of Paris. Marie kemudian terus mendedikasikan dirinya pada pengaplikasian zat radioaktif di bidang medis hingga mendapat penghargaan Nobel lagi di bidang Kimia pada 1911. Pada 1934, Marie Curie menyusul Pierre karena menderita anemia aplastik.

Baca Juga: Ngeri, 10 Teknik Penyiksaan Terparah Sepanjang Sejarah

4. Tsar Nikolai II and Alix dari Hesse: Kisah cinta yang dihantui hemofilia

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis SejarahTsar Nikolai II dan Aleksandra Romanov. theartnewspaper.ru

Setelah jatuh cinta dengan Nikolai II, pewaris takhta Wangsa Romanov pada 1889, Cucu Ratu Britania Raya Victoria, Alix Victoria Helena Louise Beatrice menolak dijodohkan dengan sepupunya, Pangeran Albert Victor. Ayah Nikolai II, Aleksander III, tidak setuju.

Namun, Nikolai II akhirnya tetap menikahi Alix pada November 1894, beberapa minggu setelah kematian Aleksander III dan penobatan Tsar Nikolai II. Alix pun mengubah namanya jadi Aleksandra Feodorovna Romanov.

Setelah dikaruniai 4 anak, masalah baru muncul, karena gen Aleksandra menurunkan penyakit hemofilia. Takut kehilangan penerus takhta, Tzar Nikolai II dan Aleksandra bergantung pada metode pengobatan mistis Grigori Rasputin. Namun, ketergantungan mereka terhadap Rasputin menggerogoti kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan Tzar Nikolai II, sehingga memicu Revolusi Februari 1917.

Pada 1918, Vladimir Lenin memerintahkan pembunuhan keluarga Tzar Nikolai II pada 1918. Pada 2000, Gereja Ortodoks Rusia mentahbiskan Keluarga Tzar Nikolai II sebagai "keluarga suci".

5. Mildred and Richard Loving: Dasar kisah cinta di Amerika Serikat (AS) yang tak pandang warna kulit

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis SejarahRichard dan Mildred Loving. time.com

Saat Virginia masih menerapkan hukum anti-amalgamasi yang melarang pernikahan antar ras, pria kulit putih AS, Richard Loving, dan wanita berdarah Afrika-Indian, Mildred Jeter, berani berkendara 129 km ke Washington D. C. untuk mengucap janji suci pada 1958. Namun, keluarga Loving ditangkap dan dihukum pada satu tahun penjara pada 1959 dan pengasingan dari Virginia selama 25 tahun.

Frustasi karena tak bisa pulang ke Virginia, keluarga Loving pada 1963 menghubungi Jaksa Agung AS sekaligus saudara Presiden ke-35 AS, Robert F. Kennedy, yang kemudian menghubungkan mereka dengan American Civil Liberties Union (ACLU). Kasus keluarga Loving dibawa ke Mahkamah Agung.

Pada 1967, hukum anti-amalgamasi di Virginia dan 15 negara bagian lainnya dicabut karena tidak sesuai dengan konstitusi. Sayangnya, Richard Loving meninggal pada 1975 karena kecelakaan. Mildred menyusul Richard pada 2008 karena pneumonia.

Romantis Tragis, Ini 5 Kisah Cinta yang Melukis Sejarahunsplash.com/kelly Sikkema

Kisah cinta yang romantis pasti membawa dampak positif pada lingkungan, sedangkan kisah cinta yang didasari hawa nafsu belaka hanya akan membawa kehancuran dan kerugian bagi sekitarnya. Oleh karena itu, cinta haruslah suci dan murni!

Itulah 5 kisah cinta legendaris yang mengubah dunia yang kita kenal sekarang. Dari 5 kisah ini, manakah yang kamu tahu dan kamu kagumi?

Baca Juga: 10 Hewan yang Menapakkan Jejak di Sejarah Peradaban

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya