Comscore Tracker

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuan

Saat perempuan berkarya

Pada 8 Maret setiap tahun, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional. Diselenggarakan sejak awal abad ke-20, Hari Perempuan Internasional bertujuan untuk memperjuangkan hak para kaum Hawa dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Dalam sejarah dunia, kontribusi kaum perempuan untuk perkembangan kehidupan manusia pun tidak terbantahkan. Dengan sumber daya rendah dan sentimen patriarki yang tinggi, kaum Hawa masa lampau hingga masa sekarang pun berani unjuk gigi!

Untuk merayakan Hari Perempuan Internasional, inilah beberapa penemuan karya para kaum Hawa yang mengubah dunia hingga saat ini.

1. Bekerja sebagai tukang tenun, Tabitha Babbitt asal Massachusetts, AS, menemukan gergaji bundar pada 1812. Ia menempelkan pisau bundar ke roda mesin pemintalnya, sehingga memotong kayu jadi jauh lebih efisien!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanGergaji bundar temuan Tabitha Babbitt. pinterest.com

2. Saat tengah menerjemahkan catatan dari matematikawan Inggris Charles Babbage, pakar matematika Ada Lovelace menambahkan catatannya sendiri yang menghasilkan algoritma komputer pertama di dunia!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanKalkulasi Ada Lovelace yang menghasilkan algoritme pertama di dunia. medium.com

3. Saat tengah meneliti cangkang biota laut argonaut atau paper nautilus, peneliti alam Prancis, Jeanne Villepreux-Power menemukan akuarium kaca untuk meneliti biota laut dan berkontribusi pada penelitian bahari!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuanpetplace.com

4. Sebelum mesin es bahkan ditemukan, Nancy Johnson pada 1843 berhasil membuat mesin pembuat es krim pertama di dunia. Dengan mesin dua silinder yang dioperasikan dengan tangan ini, dua rasa es krim bisa dibekukan secara terpisah! Pada 1846, Nancy mendapatkan paten untuk mesin es krim tersebut

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanIlustrasi: Mesin pembuat es krim dengan tangan. hubertcloix.com

5. Mesin cuci piring atau dishwasher modern adalah hasil dari produk Josephine Cochran pada 1872. Berbeda dengan dishwasher lain, Cochran mengandalkan tekanan air untuk membersihkan berbagai peralatan makan! Cochrane mendapatkan paten untuk dishwasher-nya pada 1886

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanDishwasher zaman dulu oleh Josephine Cochrane. 9gag.com

6. Berprofesi sebagai seorang guru di Kanada, Ellen Fitz menemukan globe, miniatur Bumi untuk menunjukkan kinerja rotasi Bumi yang berhubungan dengan pergantian hari, tahun, hingga fenomena Bumi-Matahari lainnya

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuanunsplash.com/Kyle Glenn

7. Pada 1882, Maria Beasley asal AS berhasil membuat sekoci darurat yang diperlengkapi dengan pagar pengaman agar penumpang tidak tenggelam. Ternyata, sekoci Beasley menjadi penyelamat di kala insiden Titanic pada 1912

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanPaten sekoci darurat Maria Beasley. intrans.iastate.edu

8. Anne Connelly menekan kematian akibat kebakaran di bangunan dengan mencanangkan ide tangga logam darurat pada 1887. Penemuan Connelly menjadi standar bangunan wajib di AS yang mengharuskan adanya akses sekunder di kala darurat!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanTangga darurat kebakaran pada gedung di AS. jooinn.com

9. Dulu, suntikan biasanya harus dilakukan dengan dua tangan. Pada 1899, tenaga kesehatan Amerika, Letitia Geer menemukan metode suntik yang efektif dengan satu tangan saja. Inilah awal mula jarum suntik modern!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanIlustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

10. Pada 1903, Mary Anderson di AS membuat pembersih kaca mobil otomatis. Sempat ditolak karena dianggap "tidak praktis", pada 1916, barulah pembersih kaca Anderson dijadikan standar untuk mobil AS. Sayangnya, paten Anderson pun sudah kedaluwarsa, sehingga ia tak mendapat keuntungan!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuanmotorshow.com.br

Baca Juga: Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Dunia

11. Sebelumnya terkenal sebagai pembuat mesin pembersih jalan pada 1900, Florence Parpart kembali membuat gebrakan dengan membuat kulkas bertenaga listrik 14 tahun kemudian!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuannrd.com

12. Berbeda dengan masyarakat yang menggunakan gas sebagai pemanas air, Ida Forbes pada 1917 menemukan listrik sebagai metode baru pemanas air

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuanhealthncure.org

13. Aktris Amerika kelahiran Austria, Hedy Lamarr, ternyata menjadi penemu jaringan komunikasi nirkabel pada 1941, di tengah Perang Dunia II (PD2). Inovasi Lamarr menjadi tonggak sistem komunikasi nirkabel masa kini, seperti Wi-Fi hingga GPS!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanPixabay.com

14. Dari popok anti air hingga menjadi popok sekali pakai, Marion Donovan adalah sosok perempuan di balik penemuan popok bayi pada 1950. Bukan menggunakan peniti, popok produksi Donovan menggunakan kancing plastik

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanParenting.firstcry.com

15. Dua rekan peneliti perempuan Amerika di New York State Department of Health, Rachel Fuller Brown dan Elizabeth Lee Hazen, menemukan obat antibiotik untuk jamur pertama, Nystatin, pada 1950. Hingga saat ini, Nystatin masih digunakan untuk memerangi infeksi jamur!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanObat Nystatin untuk infeksi jamur. thecandidadiet.com

16. Pada 1952, ilmuwan komputer AS, Grace Hopper Murray, membuat bahasa pemrograman berbasis Bahasa Inggris untuk piranti lunak atau software komputer pertama, bernama COBOL. Setelah menemukan seekor ngengat yang menyebabkan mesin error, Grace adalah yang pertama menyatakan "bug" untuk gangguan sistem!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh Perempuanmainframedebate.com

17. Saat mencari bahan untuk ban mobil, Stephanie Kwolek malah menciptakan bahan sintetik pada 1966 yang sekarang dikenal sebagai "Kevlar". Digunakan di tali jembatan hingga panci masak, kevlar terkenal sebagai bahan pelindung di rompi anti peluru!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanBahan kevlar. easycomposites.co.uk

18. Memenangkan Penghargaan Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran pada 1988, Gertrude B. Elion berperan besar pada 1957 dalam menemukan obat imunosupresif, Azathioprine, untuk transplantasi organ. Selain itu, Gertrude juga menemukan obat antivirus pertama, Acyclovir, untuk mengatasi herpes, dan Zidovudine untuk AIDS!

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanIlustrasi Obat-Obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

19. Selain sistem booking tiket pesawat, pada 1971, perancang komputer Amerika, Evelyn Berezin, menciptakan mesin pengolah kata pertama! Mewaspadai sentimen terhadap perempuan, Evelyn mendirikan perusahaannya sendiri, Redactron, untuk memasarkan produknya

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanEvelyn Berezin dengan mesin pengolah katanya. bbc.com

20. Sebagai dokter mata kulit hitam pertama di AS, Patricia Bath pada 1986 malah menjadi pionir prosedur operasi membuang katarak dari mata dengan laser! Patricia menamai penemuannya "Laserphaco Probe". Ia mendapat paten untuk Laserphaco Probe pada 1988

20 Inovasi Paling Populer yang Ditemukan oleh PerempuanDr. Patricia Bath dengan Laserphaco Probe. teacher.scholastic.com

Itulah beberapa penemuan dan inovasi terkenal yang dilakukan oleh kaum Hawa dalam memajukan kesejahteraan dan kualitas hidup di dunia. Meskipun kerap dihalangi perkembangannya, para perempuan tetap berjuang keras untuk membuktikan dirinya, dan mereka berhasil!

Dari hal yang simpel seperti popok hingga ke hal berbau sains seperti obat hingga kevlar anti peluru, perempuan pun juga bisa unjuk gigi! Dari berbagai penelitian di atas, mana yang menurutmu paling berkesan?

Baca Juga: 10 Inovasi dari Racun Hewan yang Bermanfaat untuk Manusia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya