Comscore Tracker

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Dunia

Hanya beberapa yang masih terdengar

Mengapa penemuan teknologi bisa terjadi? Tentu saja untuk mempermudah kehidupan manusia, baik dari segi keseharian dan segi tertentu seperti ekonomi dan militer. Dunia pun sudah menjadi saksi dari berbagai penemuan sepanjang sejarah peradaban. Namun, tak semua dari penemuan bisa dibilang berguna.

Perlu diakui, mengubah dunia dengan satu penemuan adalah hal yang sulit. Banyak penemuan teknologi yang sudah lalu-lalang di sejarah dan hanya beberapa yang memang mengubah dunia seperti lampu, telefon, HP, hingga internet. Dari tank terbang hingga mobil terbang, inilah 9 teknologi yang dianggap akan mengubah dunia namun tidak terjadi.

1. Tank terbang

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniawikipedia.org

Percayakah kamu, pada zaman Perang Dunia II (PD2) menjadi saksi tank bersayap? Ternyata, pada 1940an, Uni Soviet memiliki ide untuk memberikan sayap pesawat terbang pada tank agar bisa secara efektif bertempur di udara sebelum mendarat. Tepatnya pada 1942, Uni Soviet mengembangkan Antonov A-40, tank turunan dari T60 yang diberi sayap.

Akan tetapi, dengan berat 5,8 ton, T-60 butuh pesawat berkecepatan 160 km/jam untuk membawanya dan mendaratkannya dengan akurat, yang mana belum tersedia di zamannya. Jadi, realisasi A-40 pun dibatalkan. Namun, konsep A-40 tetap dikembangkan oleh Uni Soviet hingga pertengahan 1970an.

2. Videophone

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniacnn.com

Sebelum kita kenal Skype, Zoom, atau layanan video call umum, para pendahulu kita sebenarnya sudah berangan-angan bahwa suatu saat, manusia bisa menelepon sambil bertatap muka layaknya menonton TV, disebut videophone. Oleh karena itu, berbagai perusahaan teknologi pun berlomba-lomba untuk memproduksi videophone.

Pada 1992, AT&T keluar sebagai pemenangnya dengan VideoPhone 2500. Ingin memilikinya? Kamu harus memiliki dana 2730 dolar AS (Rp40 jutaan)!

Belum lagi biaya berlangganannya yang bisa mencapai Rp2 - 3 jutaan. Hanya terjual 30 ribu unit, VideoPhone 2500 tidak dibuat lagi pada 1995.

Selain itu, melihat mahalnya biaya pengembangannya, berbagai perusahaan enggan mengembangkan videophone. Lagi pula, saat itu, dunia lebih terbiasa dengan telepon dan e-mail. Siapa kira video call ternyata amat berguna sekarang, di saat dunia tengah terkena pandemi penyakit virus corona baru (COVID-19)?

3. Mesin pembaca Fiske

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniaresearchgate.net

Sebelum dunia mengenal e-book, tentara AL Amerika Serikat (AS), Bradley A. Fiske, memiliki ide untuk mengecilkan tulisan ke dalam sebuah kertas kecil dan menciptakan sebuah alat untuk membaca tulisan mini tersebut. Ide tersebut direalisasikan pada 1922 agar dunia meminimalisir penggunaan kertas dan mengubah dunia literasi.

Sebagai percobaan, Fiske kemudian mengecilkan novel Mark Twain, "The Innocent Abroad" (1869), yang berjumlah sekitar 93 ribu kata menjadi 13 kartu. Kartu dimasukkan ke dalam mesin, dan pembaca bisa membacanya dari sebuah lensa kecil. Meskipun sudah mengajukan paten selama 15 tahun pada 1920 - 1935, mesin baca Fiske tidak kunjung rilis di pasaran.

4. Cryptocurrency

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah DuniaGoogle

Saat pertama kali diperkenalkan pada 2009, dunia menganggap mata uang kripto (cryptocurrency) akan mengubah transaksi dunia. Cryptocurrency adalah jenis uang digital yang dapat "ditambang" dalam bentuk yang sekarang kita kenal sebagai bitcoin. Pertama kali, nilai bitcoin masih rendah, dan sudah beredar lebih dari 4.000 alternatif bitcoin.

Namun, pada 2016, nilai tukar bitcoin sempat meroket hingga US$19.511, lebih dari Rp280 juta! Namun, nilai tersebut jatuh dengan cepat. Meskipun terlihat modern, cryptocurrency memiliki masalah yang sama seperti uang konvensional, yaitu pemalsuan dan penggelapan. Oleh karena itu, cryptocurrency masih tidak mengubah dunia hingga saat ini.

5. Helio-motor

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniafreakoutdaily.com

Berupaya mengubah dunia industri, pada 1900an, seorang dokter Amerika bernama William Calver menciptakan "helio-motor", sebuah panel surya yang terinspirasi dari desain Archimedes yang menyerap energi matahari dan memusatkannya menjadi sumber energi listrik baru untuk memotori roda industri.

AS pun menganggap penemuan Calver sebagai salah satu yang akan mengubah pasokan energi dunia selain mesin uap James Watt. Namun, tak ada satupun yang menggunakannya. Selain energi yang dihasilkan kecil, helio-motor susah digunakan. Namun, konsep helio-motor Calver pun diadaptasi pada masa kini untuk memperkuat serapan daya panel surya.

Baca Juga: 7 Penemuan Bangsa Mesopotamia yang Mengubah Dunia, Sangat Berguna!

6. Cinerama

https://www.youtube.com/embed/vrzjdlyZCD8

Sebelum dunia mengenal teknologi bioskop mutakhir seperti IMAX, dunia pernah menonton film layar lebar melalui Cinerama. Diperkenalkan pada 1952 di Broadway, Cinerama adalah usaha untuk menyaingi ketenaran TV yang mengalahkan bioskop. Cara kerja Cinerama adalah menembakkan film dengan tiga proyektor ke tiga layar lebar, sehingga gambarnya terlihat lebar seperti dalam mode panorama.

Implementasinya terdengar sulit? Memang. Butuh tiga proyektor, tiga operator, dan tiga layar lebar untuk mengoperasikan Cinerama. Modal besar dengan keuntungan sedikit. Terlalu dini, saat teknologi yang memungkinkan muncul, Cinerama tidak mampu mengejar ketertinggalan. Alhasil, Cinerama gagal mereformasi dunia hiburan layar lebar!

7. Rumah Dymaxion

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniapinterest.com

Ingin punya rumah cepat jadi pada tahun 1930an? Buckminster Fuller menawarkan Dymaxion, rumah dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi yang dapat dirakit dengan mudah dan tangguh di medan lingkungan apapun. Diantarkan dengan truk, rumah Dymaxion rampung dalam dua hari saja! Dengan harganya yang murah, Dymaxion amat ditunggu saat itu.

Akan tetapi, sekali jadi, rumah tersebut tidak bisa dimasukkan perabotan apapun karena tak ada furnitur yang diciptakan untuk rumah bundar macam Dymaxion. Murah saja tidak cukup, Fuller ingin memperbaiki desain Dymaxion yang tidak ramah di mata. Namun, perubahan desain tersebut tak kunjung datang, sehingga Dymaxion hanya menjadi rumah instan dengan struktur aneh saja.

8. Produk dengan radium

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniabuzzfeed.com

Semenjak penemuan substansi radioaktif radium pada 1898 oleh Pierre dan Marie Curie, dunia mulai menyisipkan radium ke dalam berbagai produk, dari jam ke lipstik, hingga cokelat! Hal tersebut disebabkan misinformasi bahwa radium dapat meningkatkan kesuburan dan menyembuhkan kebotakan.

Akan tetapi, semua berubah saat harian The New York Times melaporkan pada 1925 bahwa terjadi wabah keracunan radium yang membunuh setidaknya lima orang. Bahkan, wanita pengecat jam glow in the dark berbahan radium (yang disebut "Radium Girls") pun juga ikut terkena dampaknya.

Akhirnya, segala produk berbasis radium dienyahkan dari konsumen, dan hanya jam glow in the dark saja yang bertahan hingga 1960an, sebelum diganti dengan bahan yang lebih aman.

9. Mobil terbang

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah Duniaautomobilemag.com

"Ingat ucapan saya! Perpaduan pesawat dan kendaraan bermotor akan datang. Kamu boleh tertawa, namun saya tahu hal tersebut sudah pasti!"

Itulah kata pengusaha mobil terkemuka di AS, Henry Ford, pada 1940. Bertahun-tahun sebelum mobil roda ditemukan, orang-orang masa lalu sudah memproyeksikan masa depan di mana semua mobil akan berjalan di udara. Berbagai purwarupa mobil terbang ini sudah pernah dilihat dunia. Namun, tidak ada yang berhasil!

Salah satunya adalah mobil terbang besutan Moulton Taylor, Aerocar, pada 1949. Meskipun pada dasarnya hanya mobil yang dengan ekor dan sayap pesawat, Aerocar dipaksa lepas landas dari jalur bandara, bukan jalan biasa.

Hal tersebut membuka permasalahan baru untuk mobil terbang: butuh izin pilot dan tidak semua orang dapat mengendalikan pesawat terbang! Sudah buat enam purwarupa, Aerocar tidak pernah muncul di pasaran.

Ekspektasi Tinggi, 9 Inovasi Teknologi Ini Gagal Mengubah DuniaSkyDrive

Hingga saat ini, kita hanya bisa melihat mobil terbang di karya fiksi ilmiah seperti Star Wars, Star Trek, Back to the Future, hingga Doraemon. Namun, bukan berarti dunia menyerah pada konsep mobil terbang. Meskipun gagal di masa lampau, dunia tetap yakin bahwa suatu saat mobil terbang akan mengubah budaya transportasi dunia!

Hal tersebut terbukti pada 25 Agustus 2020 saat perusahaan Jepang, SkyDrive Inc. Mobil terbang berawak bernama SD-03 produksi gabungan SkyDrive dan CARTIVATOR berhasil mengudara mengelilingi tempat uji cobanya di Toyota, Jepang, selama 4 menit dan pendaratannya pun selamat!

"Kami sangat senang telah mencapai tahap pengujian penerbangan mobil terbang berawak pertama di Jepang dalam dua tahun sejak SkyDrive berdiri," kata CEO SkyDrive Inc., Tomohiro Fukuzawa, dalam sebuah pernyataan resmi.

SkyDrive berharap bisa merilis mobil terbangnya pada 2023 agar dapat mengubah tren pasar otomotif. Memandang lebih jauh ke depan, jika berhasil dengan proyek mobil terbang berawak, SkyDrive ingin memperkenalkan mobil terbang nirawak pada 2030. Semoga cepat jadi kenyataan, ya!

https://www.youtube.com/embed/58kEzTpPzS0

Kelihatannya, dari sembilan penelitian tersebut, hanya satu yang masih diusahakan dunia, yaitu mobil terbang. Yang lain? Sudah berevolusi menjadi inovasi baru di zaman ini atau sudah ditinggalkan karena kalah oleh zaman atau memang sudah tidak relevan di masanya.

Itulah sembilan inovasi yang sempat digadang-gadang akan mengubah dunia, namun hasilnya nol besar! Syarat yang nyatanya harus dipatuhi oleh berbagai inovasi mendatang adalah: kebutuhan dan relevansinya di masa sekarang dan yang akan datang.

Gagal memenuhi syarat tersebut? Siap-siap bakar uang dan dilupakan!

Baca Juga: Legendaris! 6 Penemuan dari Perang Dunia I Ini Dipakai hingga Kini

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya