Comscore Tracker

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya 

Ada alasan kenapa mereka dijuluki begitu

Nama adalah doa. Dikaruniakan saat lahir, nama adalah identitas yang terus melekat pada dirimu hingga ke liang lahat. Cobalah tanya ke orangtuamu, apakah arti namamu saat lahir? Pasti mereka mengharapkan yang baik untukmu!

Namun, bagaimana jika orang lain, hingga orang yang tidak suka denganmu menyematkan julukan-julukan yang menggelikan untukmu? Dari lelucon belaka hingga hal yang serius, julukan-julukan ini bisa melekat untuk waktu yang lama, apalagi jika julukan tersebut memalukanmu.

Nah, figur-figur terkenal dalam sejarah rupanya memiliki beberapa julukan yang aneh hingga mengagumkan. Apakah latar belakang di baliknya? Inilah 11 julukan para figur dominan sejarah dan alasan di baliknya.

1. Ratu Victoria - Nenek Benua Eropa

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya hellomagazine.com

Memerintah pada 1819-1901, Ratu Inggris Victoria memiliki sembilan anak, yang menghasilkan 42 cucu. Semuanya bangsawan di negara-negara Eropa!

Tidak hanya anak-anak Victoria menikah dengan keluarga kerajaan Prusia/Jerman, Denmark, Rusia, dan bangsawan Eropa lainnya, cucu mereka melakukan hal yang sama. Kaisar Jerman Wilhelm II, Ratu Sophie dari Yunani, dan Czarina Alexandra termasuk di antara banyak keturunan kerajaan Victoria.

Malah, keturunan Ratu Victoria pun masih memerintah sampai hari ini. Dari sekitar 28 monarki yang masih hidup di seluruh dunia, lima di antaranya dipegang oleh keturunan Victoria. Mereka adalah:

  • Ratu Inggris Elizabeth II
  • Pangeran Phillip
  • Raja Norwegia Harald V
  • Raja Spanyol Felipe VI
  • Raja Swedia Carl XVI Gustaf

2. Raja Edward I - Si Kaki Panjang dan Palu Bangsa Skotlandia

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Raja Edward I. historic-uk.com

Sudah nonton film Braveheart (1995) karya Mel Gibson? Memerintah dari pertengahan abad ke-13 (1239) sampai wafatnya awal abad ke-14 (1307), Raja Edward I digambarkan sebagai seorang tiran yang bersitegang dengan bangsa Skotlandia. Oleh karena dominasinya di Skotlandia, ia pun dijuluki "Palu Bangsa Skotlandia". 

Akan tetapi, sebelum julukan ini disematkan, Raja Edward I memiliki julukan lain, yaitu si "Kaki Panjang". Hal tersebut dikarenakan sang raja memiliki tinggi hampir 190 sentimeter! Benar-benar tinggi untuk orang-orang di zamannya.

3. Abdurrahman bin Shakhr Al-Azdi - Ayah Kucing/Abu Hurairah (أبو هريرة)

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Pixabay.com/Kirgiz03

Salah satu keyakinan Islam membuat mereka menyayangi kucing adalah cerminan teladan kasih sayang Nabi Muhammad SAW yang besar terhadap kucing. Hal itu pun juga ditunjukkan oleh salah satu Sahabat Nabi, Abdurrahman bin Shakhr Al-Azdi/Abu Hurairah (598-678).

Terkenal di kalangan Sunni, Abdurrahman yang meriwayatkan 5.374 hadis ini menyandang julukan "Ayah Kucing" atau Abu Hurairah (أبو هريرة). Sesuai julukannya, Abu Hurairah amat menyayangi kucing dan membawa kucing ke mana pun ia pergi.

4. Raja Richard I - Cœur de Lion/Lionheart dan Oc-e-Non/Ya-dan-Tidak

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Raja Richard I. historytoday.com

Memerintah pada 1157 sampai wafatnya pada 1199, Raja Inggris Richard I populer dikenang sebagai Richard sang Cœur de Lion/Lionheart (Hati Singa). Menggantikan Raja Prancis Phillip II, Raja Richard I terkenal akan keefektifannya sebagai komandan militer dan penguasa Inggris, serta konfliknya dengan Saladin.

Selain Lionheart, Richard juga dikenal dengan sebutan Oc-E-Non. Dalam Bahasa Ositan berarti "Ya-dan-Tidak". Julukan untuk Raja Richard I diyakini ini berasal dari cara Richard berbicara dengan lugas dan tanpa tedeng aling-aling.

5. Raja Æthelred II - "Sembrono"

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Æthelred II. commons.wikimedia.org

Lahir pada 966 Masehi, Æthelred adalah putra dari Raja Edgar dan Ratu Ælfthryth. Pada 12 tahun, Æthelred menjadi raja Inggris karena kakak laki-lakinya, Edward, wafat dengan penyebab yang tidak diketahui. Oleh karena itu, sang kakak dijuluki, Edward sang Martir.

Sempat turun takhta pada 1013 dan naik lagi pada 1014 sampai akhir hayatnya pada 1016, Æthelred tidak dapat untuk menghentikan invasi Denmark atas Inggris pada Pertempuran Maldon (991). Oleh karena itu, sang Raja dijuluki "Unræd" yang berarti "Kurang Nasihat" atau "Sembrono".

Lucunya, Æthelred sebenarnya berasal dari æðele (Mulia atau Luhur) dan ræd (Nasihat), yang kalau digabungkan berarti "Nasihat yang Mulia" atau "Luhur". Julukan "Unræd" adalah permainan kata yang berarti Æthelred "kurang nasihat" sehingga sembrono!

Baca Juga: 10 Senjata Api Paling Mematikan dalam Sejarah Baku Tembak

6. Raja Henry VIII - Hidung Tembaga

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya abc.es

Selain terkenal "berhidung belang" karena gonta-ganti pasangan, Raja Henry VIII (1491-1547) suka hidup mewah. Akan tetapi, pengeluarannya yang besar akhirnya menyulitkan pemerintahan dan rakyat Inggris!

Karena pengeluaran yang besar dan konflik luar negeri, Raja Henry mengeluarkan perintah untuk mengurangi nilai mata uang Inggris. Sebelum masa pemerintahan Raja Henry, koin perak Inggris (shilling) memiliki kandungan perak 90 persen, tetapi pada akhir hidupnya, shilling hanya memiliki kandungan perak sekitar 25 persen!

Selama periode tersebut, lapisan perak tipis pada shilling dapat dengan mudah terkikis untuk memperlihatkan material tembaga di bawahnya. Karena uang logam diukir gambar Raja Henry, citra perak pada wajah Henry VIII dengan cepat berubah menjadi tembaga, terutama bagian hidung. Oleh karena itu, rakyat menjuluki Henry VIII, "Hidung Tembaga Tua".

7. Raja John - Tanpa Tanah/Lackland dan Pedang Lembek/Softsword

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Raja John. historyhit.com

Setelah wafat pada 1199, takhta Raja Richard I diteruskan oleh adiknya, Raja John. Akan tetapi, tidak seperti kakaknya yang dijuluki Lionheart, Raja John tidak memiliki pengaruh yang kuat. Sering digambarkan sebagai tiran yang korup di adaptasi Robin Hood, Raja John memang terkenal akan pemerintahannya yang bobrok!

Julukan yang disematkan pada Raja John pun diberikan sebagai cemoohan. Pertama, ia dipanggil Lackland atau Tanpa Tanah karena tidak diwariskan daerah apapun oleh ayahnya. Kedua, Raja John juga dijuluki Pedang Lembek atau Softsword karena kurang cakap dalam hal militer.

Ia mencabut seluruh perintah Richard I untuk melawan Prancis di bawah pemerintahan Raja Phillip II. Hasilnya, pada 1204, Normandia pun jatuh ke tangan Prancis. Sudah tak ada tanah, pengaruh loyo, Normandia pun direbut!

8. Raja George III - George si Petani

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Raja George III. commons.wikimedia.org

Memerintah pada 1760, rakyat Amerika Serikat mengingat Raja Inggris George III (1738-1820) sebagai "Raja Edan George" karena reputasinya sebagai raja yang memiliki gangguan mental yang memicu Perang Revolusi Amerika. Namun, bagi rakyatnya, George dikenal sebagai "Petani", sebuah julukan yang ambigu.

Sebenarnya, julukan ini lagi-lagi adalah permainan kata. Dalam Bahasa Yunani, George terdengar seperti γεωργός/georgos yang berarti "Petani". Ironisnya, Raja George memang mementingkan aspek agrikultur di Inggris! Para kritikus mengejek George III sebagai "Petani" karena suka mengurusi hal non-politik, atau sebagai bentuk pujian sebagai raja yang sederhana dan mengayomi rakyat.

9. Raja Karl - Si Botak

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Raja Karl II. commons.wikimedia.org

Memerintah pada abad ke-9 sebagai Kaisar Francia Barat, Romawi Suci, dan Karoling serta Raja Italia, Raja Karl II memegang empat jabatan tersebut sampai wafatnya pada 877 Masehi. Selama hidupnya, Karl II memiliki julukan yang menarik, yaitu "Si Botak" atau Calvus. Padahal, ia berambut! Kenapa bisa begitu?

Terasa ironis, julukan "Botak" untuk Karl II sebenarnya simbolis. Toh, penggambaran secara artistik pun menunjukkan kalau rambut Karl II lebat. Hal ini ditujukan untuk menyindir Karl II yang tidak dapat memiliki putra! Takhta Karl II dilanjutkan bukan oleh anaknya, yaitu Karl si Gendut.

10. Kaisar Gaius Caesar Augustus Germanicus - Caligula

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya britannica.com

Terkenal sebagai Kaisar Romawi Kuno yang nyentrik dan memerintah pada 37 Masehi, Kaisar Gaius Caesar Augustus Germanicus lebih dikenal dengan julukan "Caligula"! Kenapa bisa sejauh itu? Dan, siapa kira Caligula ternyata cuma julukan?!

Tahukah kamu bahwa kasut prajurit Romawi bernama "Caligae"? Kalau belum tahu, ayah Gaius Caesar Augustus Germanicus, Julius Caesar, sering mendandani putranya dengan Caligae dan seragam militer anak. Hal tersebut membuat Gaius dijuluki sebagai "Caligula" atau "Sepatu Prajurit Kecil".

Nama panggilan tersebut memang melekat. Namun, jangan sekali-sekali panggil Kaisar Gaius Caesar Augustus Germanicus dengan panggilan itu karena ia tidak suka!

11. Abu UsmanʿAmr bin Bahr al-Kinānī al-Basri - Al-Jahiz/Mata Melotot (الجاحظ‎)

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Perangko Qatar dengan gambar Al-Jahiz. amazon.com

Abu UsmanʿAmr bin Bahr al-Kinānī al-Basri (c. 776-869) adalah seorang sastrawan dan teolog yang terkadang dianggap sebagai "Bapak Prosa Klasik Arab".

Abu Usman telah digambarkan sebagai salah satu tokoh terpenting dalam membentuk literatur prosa Arab Muslim awal, dengan 140 judul! Selain buku-bukunya, Abu Usman juga terkenal akan julukannya, Al-Jahiz (الجاحظ‎), berasal dari ciri fisiknya yang mencolok, yaitu matanya yang besar dan menonjol.

Nama Al-Jahiz muncul pertama kali saat Khalifah Al-Ma'mun menginginkan Abu Usman untuk mengajar anak-anaknya. Tetapi, Al-Ma'mun membatalkannya ketika anak-anaknya takut akan mata Abu Usman yang melotot dan menonjol!

11 Julukan untuk Figur Bersejarah dan Fakta Uniknya Dibicarakan oleh orang lain. womenworking.com

Itulah julukan-julukan unik yang disematkan pada figur-figur terkenal dalam sejarah dunia. Dari mengagumkan sampai menggelikan, tidak jarang julukan-julukan ini lebih terkenal daripada nama aslinya. Selain itu, ternyata julukan-julukan tersebut secara tidak langsung merangkum jasa, ciri fisik, atau kisah sang tokoh selama hidup!

Dari tokoh-tokoh di atas, siapa yang menurutmu memiliki julukan paling aneh? Kalau kamu, apakah kamu memiliki julukan yang masih tersemat dari zaman sekolah hingga saat ini? Ingat, bercanda boleh, tetapi, jangan sampai ubah nama orang ke yang tidak-tidak, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Ini Susah Dipercaya karena Terlalu Unik

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya