Comscore Tracker

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine Warren

Sudah sering diadaptasi ke layar lebar

Siapa yang tidak tahu Ed (1926-2006) dan Lorraine Warren (1927-2019)? Kalau kamu sudah tonton film The Conjuring, Ed dan Lorraine Warren adalah pasangan suami istri legendaris yang terkenal sebagai pemburu hantu. Setelah diangkat kisahnya oleh James Wan pada 2013, popularitas pasutri Warren pun mendunia.

Bukan hanya film, Ed dan Lorraine Warren juga mendirikan Occult Museum berisikan benda-benda menyeramkan dari investigasinya di belakang rumah mereka di Monroe, Connecticut. Meskipun museum tersebut sudah ditutup sejak 2019, sebagian besar koleksi pasutri Warren tetap dikelola oleh menantu mereka, Tony Spera.

Kisah petualangan menyeramkan dan menegangkan Ed dan Lorraine Warren kerap disadur menjadi film dan seri. Dari sekian banyak kasus kontroversialnya, inilah 7 kasus supranatural paling terkenal dari Ed dan Lorraine Warren!

1. Annabelle

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine WarrenLorraine Warren menggendong boneka Annabelle. (ctinsider.com)

Boneka menyeramkan satu ini pertama kali muncul di The Conjuring 2 lalu mendapatkan triloginya (2014, 2017, dan 2019) dan kameonya sendiri. Betul, boneka tersebut ialah Annabelle, boneka Raggedy Ann yang konon dirasuki iblis! Disimpan di Occult Museum milik pasutri Warren di Connecticut, apa kisah seram di balik Annabelle?

Pada 1968, dua mahasiswi fakultas keperawatan menerima sebuah boneka Raggedy Ann. Namun, boneka tersebut bertingkah aneh, dan setelah dibawa ke paranormal, ternyata boneka tersebut dirasuki sosok bernama Annabelle Higgins. Mencoba hidup berdampingan, ternyata boneka Annabelle semakin menjadi-jadi jahatnya!

Ed dan Lorraine Warren pun datang. Dengan kemampuannya, Lorraine mendeteksi sosok jahat tak manusiawi di dalam boneka tersebut. Jadi, setelah menjalani berbagai ritual pengusiran setan, boneka Annabelle dikurung di Occult Museum.

https://www.youtube.com/embed/paFgQNPGlsg

2. Amityville

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine Warrenrumah Amityville (bustle.com)

Muncul sebagai kasus pembuka di The Conjuring 2 (2016), kasus Amityville adalah salah satu kasus paling terkenal yang ditangani oleh Ed dan Lorraine Warren. Selain dua film pada 1979 dan 2005, kasus Amityville juga diadaptasi jadi berbagai seri horor. Kalau kamu pencinta kisah horor, pasti tidak asing dengan kasus Amityville!

Pada November 1974, seorang pemuda bernama Ronald DeFeo Jr. membantai enam anggota keluarganya di 112 Ocean Avenue, Amityville, Long Island, New York. Ronald kemudian dituntut penjara seumur hidup dan ia wafat pada Maret 2021 lalu. Siapa juga yang mau beli rumah hasil pembantaian massal tersebut?

Ada dan hanya butuh satu tahun! Pada Desember 1975, George dan Katy Lutz pindah ke rumah DeFeo. Saat rumah tersebut diberkati, muncul kejadian supranatural seperti suara yang berseru "KELUAR!" dan sang pendeta pun menderita sakit. Pasutri Lutz tidak merasakan apa-apa, sampai di pertengahan Januari 1976.

Setelah usaha terakhir untuk memberkati rumah tersebut, mereka diganggu sampai pindah rumah. Pindah rumah pun, George dan Katy Lutz bak diikuti sosok jahat! Alhasil, pada 14 Januari 1976, mereka pun hengkang dari rumah tersebut. Hingga saat ini, berbagai kontroversi masih menyelimuti rumah Amityville.

https://www.youtube.com/embed/c5Maq9H1lZ8

3. Enfield

https://www.youtube.com/embed/_OWgImgIRic

Diangkat sebagai alur utama The Conjuring 2, pada 1978, Ed dan Lorraine bertolak ke Enfield, London Utara, atas permintaan Peggy Hodgson. Sang ibu bercerita bahwa kedua putrinya, Margaret (13) dan Janet (11), sering diganggu dan dirasuki roh jahat! Pertama kali, seorang polisi melaporkan kursi di rumah Hodgson bergerak sendiri.

Menurut kesaksian anggota Society for Psychical Research (SPR), Maurice Grosse dan Guy Lyon Playfair, Janet dirasuki oleh roh bernama "Bill" yang memanifestasikan dirinya dalam bentuk suara kakek tua. Namun, beberapa pakar mengatakan klaim Janet dan Margaret hanyalah bualan anak-anak yang sedang caper.

Selain itu, klaim-klaim Grosse dan Playfair ditentang oleh berbagai ahli, seperti sesama anggota SPR, Anita Gregory, dan mantan presiden SPR, John Beloff. Bahkan, penggambaran keterlibatan pasutri Warren pun dinilai berlebihan karena bahkan sebenarnya pasutri Warren tidak begitu aktif menangani kasus Enfield!

https://www.youtube.com/embed/VFsmuRPClr4

Baca Juga: Penjelasan Sains tentang 6 Fenomena 'Mistis' yang Dialami Manusia

4. Arne Cheyenne Johnson

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine WarrenArne Cheyenne Johnson, 1981 (courant.com)

Pengadilan Arne Cheyenne Johnson pada 1981 adalah kasus pengadilan pertama di AS di mana terdakwa mengaku tidak bersalah karena dirasuki iblis! Ternyata, kasus Arne memiliki hubungan dengan pengusiran setan oleh Ed dan Lorraine Warren.

Sebelumnya, istri Arne, Debbie Glatzel, memiliki adik berusia 11 tahun bernama David. Kemudian, David mengalami hal-hal aneh sehingga mengundang pasutri Warren. Lorraine menegaskan bahwa ia melihat sendiri David melayang di udara bahkan meramalkan kalau ayahnya akan membunuh seseorang suatu hari nanti!

Setelah pindah rumah milik Alan Bono, giliran Arne yang mengalami hal-hal supranatural. Puncaknya, pada Februari 1981, Arne dan Alan bertengkar hebat. Kalap, Arne membunuh Bono. Akhirnya, Arne pun ditangkap. Saat diadili pada Oktober 1981, Arne mengatakan hal yang mengejutkan,

"Iblis yang memaksaku melakukannya."

Arne pun mengaku tidak bersalah. Namun, alasan tersebut tidak cukup kuat dan malah menjerat Arne dengan hukuman 10-20 tahun, meskipun bebas setelah 5 tahun penjara. Kisah Arne menjadi inspirasi bagi film ke-3 The Conjuring yang rilis pada Juni 2021 mendatang!

https://www.youtube.com/embed/h9Q4zZS2v1k

5. Snedeker

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine Warrenrumah keluarga Snedeker di Southington, Connecticut (atlasobscura.com)

Mungkin kamu belum tahu, tetapi film The Haunting in Connecticut (2009) sebenarnya disadur dari investigasi Ed dan Lorraine Warren pada 1986 di rumah Snedeker di Southington, Connecticut. Konon, pasutri Warren mengatakan bahwa rumah Snedeker sebenarnya bekas rumah duka dan menyimpan sejarah gelap nekromansi di sana!

Setelah pindah rumah ke Connecticut, Allen dan Carmen Snedeker beserta anak-anaknya mengalami kejadian-kejadian aneh nan menyeramkan. Setelah menemukan benda-benda aneh di rumahnya, anak sulung Snedeker mengalami perubahan watak. Tidak tahan, keluarga Snedeker pun memanggil Ed dan Lorraine Warren.

Tentu saja, pasutri Warren mengatakan bahwa rumah tersebut berhantu! Namun, salah satu penulis kejadian tersebut, Ray Garton, memperingatkan bahwa kesaksian keluarga Snedeker kerap kontradiktif dan sulit dipercaya. Eh, tetapi Garton dan pasutri Warren tetap merilis buku In a Dark Place: The Story of a True Haunting pada 1992.

https://www.youtube.com/embed/MRJA3lN0xCQ

6. Smurl

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine Warrenkeluarga Smurl (pinterest.com)

Pada 1986, Jack dan Janet Smurl beserta anak-anaknya pindah ke rumah di Pennsylvania. Namun, setelah kepindahannya, mereka langsung "disambut" oleh entitas jahat yang menyebabkan bau menyengat dan suara ketukan. Bahkan, roh jahat ini mencelakai anjing peliharaan dan anak-anak keluarga Smurl, serta melecehkan seisi rumah!

Jadi, Ed dan Lorraine Warren pun diminta menyelesaikan kasus ini. Konon, saat masuk, Ed langsung merasakan hawa dingin. Saat memainkan lagu rohani dan berdoa, perabotan rumah bergerak sendiri dan terdapat bayangan hitam yang meninggalkan pesan di cermin berbunyi "KELUAR DARI SINI!".

Sebagai dokumentasi pengalaman tersebut, keluarga Smurl dan pasutri Warren merilis buku pada 1986 bertajuk The Haunted. Bahkan, 20th Century Fox juga merilis film dengan judul yang sama tentang kasus keluarga Smurl pada 1991.

Setelah rumah tersebut diberkati, keluarga Smurl mengklaim sudah tidak menerima gangguan lagi. Namun, pada 1987, mereka kembali diganggu hingga pindah pada 1988 ke Wilkes-Barre. Saat rumah tersebut didiami oleh Debra Owens, ia mengatakan bahwa tak ada gangguan supranatural apa pun. Jadi... yang mana yang benar?!

7. Union Cemetery

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine WarrenUnion Cemetery (wikimedia.org)

Union Cemetery adalah pemakaman umum yang terletak di Easton, Connecticut, yang berdiri sejak abad ke-18. Situs ini bukanlah tempat asing bagi para pemburu hantu Amerika. Bahkan, mereka menyebut Union Cemetery sebagai salah satu tempat paling horor di AS! Bagaimana kalau menurut Ed dan Lorraine Warren?

Pasutri Warren menuangkan pengalaman mereka pada 1992 dalam buku Graveyard: True Hauntings from an Old New England Cemetery. Alkisah, Ed Warren melihat sesosok "perempuan" bergaun putih di pekuburan tersebut! Ed mengklaim bahwa ia berhasil mendokumentasikan penampakan tersebut dalam bentuk video.

Kisah Union Cemetery ini adalah salah satu kisah terkenal Ed dan Lorraine Warren yang belum diangkat ke layar lebar. Apakah akan menjadi inspirasi untuk sutradara selanjutnya? Bisa jadi!

7 Kasus Supranatural Terkenal dari Ed dan Lorraine WarrenLorraine dan Ed Warren (thetimes.co.uk)

Itulah beberapa kisah terkenal yang dialami selama investigasi perburuan hantu oleh Ed dan Lorraine Warren. Bagi masyarakat AS, kisah pasutri Warren menjadi nightmare fuel tersendiri, terutama karena klaim bahwa kisah-kisah ini based on true story!

Akan tetapi, setelah diangkat ke layar TV dan layar lebar, banyak teori kontroversi yang menyertai kisah Ed dan Lorraine Warren. Mulai dari kesaksian yang mengada-ada hingga hanya tipuan belaka, pasutri Warren kerap menjadi bulan-bulanan para ahli dan media hiburan. Namun... bagaimana kalau cerita-cerita ini ternyata benar adanya?

Baca Juga: 9 Buku Kuno yang Menjanjikan Kekuatan Supernatural, Apa Saja?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya