Comscore Tracker

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Baru

Buang sial, jangan lakukan, ya!

Hanya menghitung hari, Bumi akan melengkapi satu lagi siklus revolusinya. Terlalu sophisticated? Akhirnya, kita melewati 365 hari tahun 2020 dan bersiap menyongsong 2021. Tidak terasa, ya? Semoga saja, tahun 2021 lebih baik dibandingkan tahun ini dan semoga pandemi penyakit virus corona baru (COVID-19) bisa cepat reda, ya!

Kesampingkan COVID-19 sejenak, yuk, berbincang mengenai perayaan tahun baru. Dari makanan dan pesta, sebenarnya, tahun baru memiliki beberapa aktivitas yang, konon katanya, dapat membawa keberuntungan atau kesialan! Percaya tidak percaya, inilah 21 aktivitas yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menyongsong tahun baru.

1. Menghabiskan 12 anggur hingga jam tepat menunjukkan 12 tengah malam ke 1 Januari dapat membuatmu beruntung di sepanjang tahun tersebut! Berasal dari Spanyol, tradisi "Las doce uvas de la suerte" atau "12 anggur keberuntungan" dapat mengundang hoki bagi yang berhasil, dan kesialan bagi yang gagal menghabiskan! Berani coba?

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Baru12 anggur keberuntungan. npr.org

2. Kehidupan cintamu sunyi senyap tahun ini? Mencium seseorang di tahun baru bukan sekadar euforia belaka! Konon, mencium seseorang di tahun baru dapat membuatmu mendapatkan jodoh di tahun tersebut. Ingat, karena sedang COVID-19, mungkin kamu dapat mencoba ini di kalangan terdekat saja dan tidak perlu vulgar! Kalau sudah punya "gandengan"? Ya, cium dia saja. Biar langgeng sampai ke pelaminan!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruMencium pasangan di tahun baru. cosmopolitan.com

3. Awali tahun baru tidak dengan lemari yang hampa! Kenapa? Jika kamu membiarkan lemari tetap kosong saat tahun baru, bisa-bisa kamu malah ketiban sial dan seret rezeki melulu sepanjang tahun. Eh, tetapi, belanja yang bijak, ya. Jangan kebanyakan!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruLemari dapur yang terisi. kitchenwarehouseltd.com

4. Dompet kebetulan tidak berisi duit dan tahun baru sudah mau datang? Cepat isi! Mungkin terdengar jahat, tetapi jangan meminjamkan duit apalagi sampai berhutang di tahun baru. Bisa-bisa, kamu menjalani tahun dengan kemalangan, lho~

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruIlustrasi dompet. IDN Times/Hana Adi Perdana

5. Jam sudah mau menunjukkan pukul 00.00 1 Januari? Menurut kepercayaan orang Filipina, segera buka pintu dan jendela rumahmu. Dengan begitu, kamu telah "mengusir" segala hal buruk dari tahun yang lama, dan mengundang segala kebaikan di tahun yang baru masuk ke kediamanmu! Eh, jangan kelamaan juga, nanti kamu masuk angin atau ada tikus dan pencuri yang masuk

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Baruunplash.com/Milo Bauman

6. Bersih-bersihlah sebelum menyongsong tahun baru pada 1 Januari. Kamu telah membersihkan diri dan rumahmu dari kesialan. Jangan lakukan saat tahun baru! Kenapa? Yang terjadi malah sebaliknya. Kamu malah "menyapu" keluar keberuntunganmu. Yang tersisa? Kemalangan!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruPexels/rawpixel.com

7. Momen tahun baru memang sangat mengharukan. Tetapi, kalau bisa, jangan sampai kamu meneteskan air mata. Air mata adalah tanda kesedihan, jadi, kalau kamu menangis saat mengawali tahun, takutnya, kamu akan menghabiskan tahun tersebut dalam air mata juga

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Barupexels/edwardeyer

8. Oh, kamu ingin keluar rumah setelah merayakan tahun baru? Urungkan dulu niatmu! Tunggu ada orang yang masuk rumahmu, baru kamu bisa keluar. Siapa yang masuk duluan ke rumahmu bisa menjadi pertanda, lho~ Oh ya, menurut kepercayaan Skotlandia, yang pertama masuk, harus bawa hadiah. Yuk, mari!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Barudigitaltrends.com

9. Lobster memang sedap untuk disantap, apalagi saat tahun baru. Toh, mahal, kan? Eh, tunggu dulu! Jangan kamu makan lobster itu. Kenapa? Karena lobster berjalan mundur. Dan, kalau kamu makan, niscaya tahun barumu malah akan mengalami kemunduran, bukan kemajuan

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Barusimplyrecipes.com

10. Menurut legenda rakyat Tiongkok, mereka mengusir makhluk pemakan manusia bernama Nian dengan cara menimbulkan bunyi-bunyian dan suara keras. Nah, tradisi tersebut terus dipelihara hingga Tahun Baru Imlek (akhir Januari atau awal Februari). Kalau kamu mau tahun barumu dipenuhi keceriaan, nyalakan kembang api, terompet bunyikan, dan tertawalah bersama mereka yang kamu sayang, sehingga tahun barumu menjadi tahun yang bahagia! Tetapi, jangan sampai mengganggu tetangga, ya

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruIlustrasi. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Baca Juga: Meriah, 5 Perayaan Tahun Baru Paling Terkenal Zaman Dulu

11. Ini agak menggelikan, tetapi dicoba saja siapa tahu berhasil. Menurut orang Kolombia, menenteng koper kosong di saat tahun baru diyakini bisa membuatmu cepat traveling ke negara impianmu! Tetapi, tidak perlu ditenteng keluar ya. Cukup tenteng kopernya di dalam rumah, kok

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Barutravelandleisure.com

12. Memakan ikan herring saat tahun baru bisa mendatangkan keberuntungan. Kata siapa? Kata orang Eropa Utara dan Skandinavia. Beberapa bangsa di Eropa menyantap acar ikan herring saat tahun baru demi menjala keberuntungan untuk tahun yang mendatang! Mau coba?

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruAcar ikan haring/herring. polonist.com

13. Nah, sama seperti lobster, jangan makan ayam di tahun baru! Kenapa? Ayam punya sayap, kan? Bisa-bisa seluruh rezeki dan keberuntunganmu "terbang" meninggalkanmu di tahun baru. Kan susah nangkapnya lagi!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruDaging ayam. nytimes.com

14. Tidak bisa mencium? Ada cara lain untuk mendapatkan jodoh di tahun baru. Menurut kepercayaan di Amerika Latin, mengenakkan pakaian dalam berwarna merah diyakini mendatangkan jodoh untukmu di tahun baru!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruCelana dalam merah. femalenetwork.com

15. Kalau lobster dan ayam tidak boleh, apakah makan babi boleh? Tentu saja boleh! Menurut kepercayaan Tiongkok, babi adalah simbol kemakmuran. Selain mengenyangkan, memakan babi memberikanmu energi untuk bekerja, sehingga lebih cepat kaya. Jangan kebanyakan, ya!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Baruinstagram.com/foodiesgakniat

16. Suka makan mi soba? Kalau iya, maka kamu bisa menutup tahun dengan memakan toshikoshi soba (年越し蕎麦). Menurut kepercayaan orang Jepang, memakan toshikoshi soba yang kaya dengan rasa konbu dan katsuobushi saat tahun baru membuatmu panjang umur dan lebih beruntung

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Barutarasmulticulturaltable.com

17. Orang AS bagian Selatan memiliki satu hidangan khusus untuk tahun baru, Hoppin' John. Mengutamakan kehadiran sayur hijau dan kacang polong yang melambangkan uang kertas dan logam, Hoppin' John membuatmu lebih beruntung secara finansial. Selain itu, roti jagung/cornbread dapat ditambahkan karena warna emasnya dapat menambah rezekimu di tahun baru!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruHoppin' John dengan sayur hijau dan corn bread. lostrecipesfound.com

18. Turki dan bangsa berlidah Jerman memiliki satu kebiasaan sama saat menyongsong tahun baru: melelehkan timah. Menurut kepercayaan Turki, melelehkan timah mengenyahkan kutukan dan penyakit, sedangkan Jerman percaya molybdomancy, bahwa lelehan timah dapat menubuatkan kejadian selama tahun yang baru.

https://www.youtube.com/embed/c74BhKwrMYk

19. Suka dengan bentuk lingkaran? Orang Filipina pun suka! Saking sukanya, mereka mengenakan pakaian bermotif polkadot dan memakan hidangan seperti kue yang dibentuk melingkar. Kenapa? Uang logam berbentuk lingkaran, sehingga mereka yakin itu menandakan kekayaan!

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun BaruMemakai pakaian polkadot. discover.hubpages.com

20. Di Rusia, salah satu tradisi tahun barunya amat mempertaruhkan nyawa. Bagaimana? Saat tahun baru, para penyelam akan membuat lubang di lapisan es di dinginnya Danau Baikal, Siberia, dan menyelam untuk menanam pohon!

https://www.youtube.com/embed/1zP_rL_KS5w

21. Orang Turki dan Yunani memiliki satu kebiasaan yang sama saat menyongsong tahun baru: memecahkan buah delima di depan pintu mereka! Semakin banyak delima yang terpecah, maka bijinya pun semakin tersebar, yang mana melambangkan keberuntungan di tahun yang baru

Percaya? 21 Takhayul Pembawa Sial dan Untung di Tahun Baruunsplash.com/Marco Secchi

Namanya juga takhayul... Kamu boleh percaya atau tidak percaya. Tetapi, jangan sampai kamu menggantungkan harapanmu pada takhayul tersebut. Ingat! Keberuntungan dan keberhasilanmu di tahun depan adalah berkat dari tangan Tuhan yang senantiasa menolong dan kerja kerasmu yang membuahkan hasil. Bukan takhayul belaka!

Itulah 21 takhayul pada tahun baru yang diyakini dapat mendatangkan keberuntungan atau kesialan selama tahun berikutnya. Menyongsong tahun baru, adakah yang sudah atau belum tercapai?

Apa saja wish-mu untuk tahun 2021 nanti? Bagikan keinginanmu di tahun depan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Sedap, 9 Makanan Tahun Baru Pembawa Keberuntungan di Dunia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya