Comscore Tracker

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui Orang

Lebih tua daripada para pemainnya

Pada 2013, NetMarble dan LINE merilis game "Let's Get Rich" (Modoo Marble). Kalau kamu melihat tampilan dan permainannya, sontak kamu akan teringat satu permainan yang kita sering mainkan saat internet masih belum ada: Monopoli.

Ya, sudah lebih dari delapan setengah dekade Monopoli dimainkan oleh dunia sejak beredar di pasaran pada 1935. Selain menyenangkan dan bikin kesal sesekali, ternyata ada fakta-fakta menarik yang mungkin kamu belum pernah dengar soal permainan monopoli. Inilah 9 fakta-fakta tersebut.

1. Penemu Monopoli bukan Charles Darrow, melainkan Elizabeth Magie dengan Landlord's Game

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangElizabeth Magie membandingkan Monopoli dengan Landlord's Game. womenhistory.org
9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangLandlord's Game, pendahulu Monopoli. nytimes.com

Hingga saat ini, panduan Monopoly mencantumkan nama "Charles Darrow" sebagai penemunya. Namun, faktanya, Darrow bukan orangnya, melainkan Elizabeth Magie! Penganut paham Georgisme (pajak tunggal), Magie dari Illinois, Amerika Serikat (AS) membuat Landlord's Game, sebagai protes terhadap cukong monopolistik seperti John D. Rockefeller dan Andrew Carnegie.

Magie kemudian mendapatkan paten untuk Landlord's Game pada tahun 1904. Perusahaan mainan AS, Parker Brothers, belum memproduksi Monopoli hingga 1935, saat Charles Darrow mengklaim desain Landlord's Game sebagai miliknya dan menjualnya ke Parker Brothers yang kemudian merilisnya sebagai Monopoli. Magie pun mengaku hanya mendapat royalti 500 dolar AS!

2. Sudah terdapat lebih dari 300 edisi Monopoli

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangWajah-wajah Monopoli keluaran Hasbro. gamecows.com

Membosankan bukan jika Monopoli hanya tersedia dalam satu varian? Pada tahun 1991, perusahaan mainan AS, Hasbro, mengakuisisi Parker Brothers berikut Monopoly. Sejak saat itu, Hasbro mulai memproduksi edisi-edisi Monopoli berlisensi yang mungkin kamu pernah lihat/mainkan hingga saat ini.

Saat ini ada lebih dari 300 edisi Monopoli berlisensi yang mencakup semua topik. Dari papan Monopoli versi game hingga film dan acara TV, Monopoli hadir dengan bermacam-macam edisi untuk dinikmati kalangan dari segala usia!

3. Sudah lebih dari 10 Rekor Dunia Guinness yang dipecahkan oleh Monopoli!

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangMonopoly in the Park di San Jose, California. atlasobscura.com

Sejak diciptakan pada 1935, permainan Monopoli menjadi semakin mendunia, sampai memecahkan rekor dunia! Hingga saat ini, Monopoli telah memecahkan puluhan Rekor Dunia Guinness. Beberapa rekor yang dipecahkan Monopoli adalah:

  • Pemain Monopoli terbanyak di satu tempat dengan 733 orang pada 2017 di Tulsa, AS;
  • Token Monopoli terbesar oleh FM Projects Ltd di Hong Kong pada 2019 dengan dimensi panjang 3 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 1,3 m;
  • Koleksi memorabilia Monopoli terbesar oleh Neil Scallan di Inggris mengoleksi 2.249 varian Monopoli pada 2018;
  • Papan Monopoli terbesar dibuat pada tahun 2016 di Studentenvereniging Ceres, Belanda dengan luas 900,228 m²; dan
  • Papan Monopoli permanen terbesar dibuat di California, AS pada Juli 2002, yaitu "Monopoly in the Park" dengan luas 9.44 x 9.44 m² dan dapat dimainkan oleh umum dengan dadu dan token raksasa, serta pakaian bak narapidana juga!

4. Monopoli pun ada yang versi paling mahal, jutaan dolar AS!

https://www.youtube.com/embed/EZTICTJpRnE

Hampir setiap benda memiliki versi mahal, termasuk papan Monopoli! Papan Monopoli termahal diciptakan oleh seorang jauhari asal San Francisco, AS, Sidney Mobell, pada 1988. Papan Monopoli Mobell terdiri dari:

  • Papan permainan terbuat dari emas 23 karat;
  • Bilangan dadu dengan 42 berlian;
  • Token rumah dan hotel terbuat dari emas murni dan cerobongnya bertatahkan batu safir dan mirah delima; serta
  • Bidal, mobil, dan token Monopoli kecil lainnya terbuat dari emas 18 karat.

Dibuat bertatahkan batu dan logam mulia, papan Monopoli karya Mobell dibanderol seharga 2 juta dolar AS hingga memecahkan Rekor Dunia Guinness sebagai "Monopoli Termahal di Dunia".

Baca Juga: Sejarah Asal Roller Coaster, Dulunya Berupa Seluncuran Es

5. Monopoli memiliki kompetisi level dunia

https://www.youtube.com/embed/tBkVOrqtMYE

Percayakah kamu kalau Monopoli punya kompetisi level dunia? Pemain permainan dapat bersaing dengan serius di turnamen lokal yang dapat mengarah ke permainan turnamen nasional. Pemain terbaik di turnamen nasional akan memiliki kesempatan untuk bersaing di Kejuaraan Dunia Monopoli.

Kejuaraan Dunia Monopoli biasanya diadakan setiap 4 - 6 tahun, terakhir diadakan di Makau pada tahun 2015 dan dimenangkan oleh Nicolò Falcone dari Italia dengan hadiah 20.580 dolar AS (Rp305 jutaan)! Hingga saat ini, Monopoli sudah menggelar 15 kejuaraan dunia dengan AS, Italia, dan Jepang sebagai pemegang gelar terbanyak.

6. Token Monopoli ternyata ikut berubah seiring zaman

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangToken standar pada Monopoli. theatlantic.com

Faktanya, pertama kali, Monopoli bahkan tidak dilengkapi dengan token. Pemain menggunakan kancing baju atau klip kertas sebagai token Monopoli. Token pertama terbuat dari kayu, sebelum diganti potongan besi pada tahun 1937 berbentuk mobil, bidal, sepatu, lentera, dompet, anjing, kapal perang, dan kuda goyang.

Saat Perang Dunia II (PD II) berkecamuk, Parker Brothers kembali membuat token kayu karena kekurangan bahan besi. Token Monopoli kembali berubah pada tahun 1950-an dengan beberapa bentuk baru seperti mobil balap, sepatu bot, meriam, dan gerobak dorong hingga 1990-an. Saat ini, terdapat delapan token Monopoli yang masih bertahan:

  • Anjing Scottish Terrier (dari 1950);
  • Mobil balap (dari 1935);
  • Kucing (dari 2013);
  • Topi tinggi (dari 1935);
  • Kapal perang (dari 1935);
  • Penguin (dari 2017);
  • Bebek karet (dari 2017); dan
  • Dinosaurus T-rex (dari 2017).

7. Nama jalan di sertifikat tanah Monopoli ternyata berdasarkan lokasi nyata

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangSertifikat tanah pada Monopoli. amazon.com

Semua nama jalan di kartu sertifikat tanah Monopoli ternyata berdasarkan nama jalan di Atlantic City, New Jersey, AS. Salah satu contohnya, Marvin Gardens sebenarnya adalah Marven Garden, dan sekarang menjadi salah satu daerah AS yang paling ramai dikunjungi terutama oleh maniak Monopoli.

Meskipun begitu, tidak semua nama jalan tersebut ada di kehidupan nyata. Illinois Avenue berubah nama pada tahun 1980-an menjadi Martin Luther King Jr. Boulevard, sedangkan St. Charles Place sudah tidak ada lagi. Penasaran dengan lokasinya? Lihat di situs ini: http://www.scoutingny.com/what-the-monopoly-properties-look-like-in-real-life/

8. J. P. Morgan, pengusaha kaya yang menjadi inspirasi ikon Monopoli

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangKemiripan Monopoly Man dengan J. P. Morgan. listverse.com

Kalau bermain Monopoli, pasti ingat dengan simbol pria berpakaian rapi berkumis dan berjenggot putih. Nah, ternyata ikon Monopoli yang bernama Rich Uncle Penny Bags (Monopoly Man) ini terinspirasi dari bankir sukses AS, J. P. Morgan, yang sempat terkenal dengan firma keuangan J. P. Morgan & Co.

Memulai debut pada 1940, Monopoly Man dan J. P. Morgan sama-sama digambarkan mengenakan setelan jas morning dress lengkap dengan dasi kupu-kupu dan topi tingginya. Selain itu, J. P. Morgan dan Monopoly Man juga digambarkan memiliki kumis yang mencuri perhatian, serta tongkat jalan khas yang sering diayunkan dengan santai.

9. Saat PD II, Monopoli menjadi "rute kabur" para tahanan perang di Jerman

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangTahanan perang bermain Monopoli sambil merencanakan kabur. vocal.media

Pada PD II, Nazi Jerman memperbolehkan mereka menerima surat dan paket, serta bermain permainan papan agar tidak bosan atau berpikir untuk kabur. Kesempatan tersebut dimanfaatkan Britania Raya yang bekerja sama dengan produsen Monopoli di negaranya, John Waddington Ltd, untuk memasukkan barang-barang, membantu para tahanan merencanakan pelarian mereka.

Barang-barang seperti kompas dan peta lengkap dengan rute aman ditutupi dengan label di papan permainan sehingga tidak akan ketahuan oleh petugas Nazi. Selain itu, terdapat uang sungguhan yang dicampur dengan uang Monopoli. Jadi, sambil bersantai main Monopoli, para tahanan perang juga merencanakan pelarian.

9 Fakta Sejarah Unik Monopoli yang Jarang Diketahui OrangBermain Monopoli. nytimes.com

Itulah beberapa fakta mengenai permainan papan Monopoli, permainan yang tidak jauh mengesalkan dari Uno namun membuat yang mainnya ketagihan sekaligus berpikir keras! Siapa sangka, permainan Monopoli dapat membantu tawanan perang dan memiliki versi premium seharga 2 juta dolar AS?!

Kangen main Monopoli? Yuk, gelar papannya. Ingat, jangan curang atau berkelahi kalau kalah!

Baca Juga: 5 Fakta dan Sejarah Papan Ouija Ini Gak Banyak Orang Tahu

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya