Comscore Tracker

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah Andalusia

Melihat kemajuan ilmu pengetahuan di Andalusia

Dalam sejarahnya, islam pernah menorehkan tinta emas di tanah Andalusia yang kini lebih dikenal dengan nama Spanyol. Islam pertama kali masuk ke Andalusia pada masa kekhalifahan Bani Umayyah. Pada masa itu dinasti Umayyah berhasil memperluas daerah kekuasaan islam ke berbagai wilayah.

Sebelum masuk ke Andalusia, kekhalifahan Bani Umayyah terlebih dahulu menaklukkan daerah-daerah di Afrika Utara seperti Aljazair dan Maroko. Kemudian pada tahun 711 M diutuslah Thariq bin Ziyad beserta pasukannya untuk menaklukkan Andalusia

Islam berjaya di Andalusia selama hampir 5 abad. Pada masa itu peradaban di Andalusia mengalami kemajuan di berbagai bidang, tidak terkecuali bidang ilmu pengetahuan. Saat itu banyak pelajar eropa yang pergi untuk menuntut ilmu di Andalusia. Bahkan ketika dinasti Bani Umayyah sudah tergantikan oleh Bani Abbasiyah, pusat keilmuan di Andalusia dapat menyaingi Baghdad. Berikut adalah 5 tokoh ilmuwan yang berasal dari Andalusia.

1. Abbas ibn Firnas

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah Andalusiailustrasi abbas ibn firnas (tirto.id)

Abbas ibn Firnas bernama asli Abbas Abu al-Qasim bin Firnas ibn Wirdas al-Takurini. Dia lahir di daerah bernama Ronda, Andalusia pada tahun 810 M. Abbas ibn firnas adalah seorang ilmuwan di bidang fisika, kimia, mekanik, dan sastra.

Namanya dikenal oleh banyak ilmuwan lainnya karena dia adalah manusia pertama yang mencoba terbang dengan mesin. Pada percobaannya ia berhasil terbang selama sekitar 10 menit dan kemudian terjatuh. Desain mesin terbangnya tersebut menjadi dasar dari teknik penerbangan yang mulai bermunculan pada akhir abad ke-20.

Selain itu Abbas juga menemukan beberapa temuan lainnya. Seperti jam bertenaga air, kaca transparan yang terbuat dari bahan pasir dan kristal kuarsa. Saat ini namanya banyak diabadikan sebagai nama jalan, badan ilmiah, gedung, dll.

2. Ibnu Rusyd

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah AndalusiaIbnu Rusyd (hidayatullah.com)

Ibnu rusyd atau dikenal dengan nama Averroes di dunia barat memiliki nama asli Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd. Beliau lahir di Kordoba, Spanyol. Ibnu Rusyd lahir dari kalangan keluarga yang menghasilkan hakim-hakim terkenal pada masanya.

Ibnu Rusyd adalah seorang ilmuwan di bidang filsafat, kedokteran, akidah, fikih, dan astronomi. Ibnu Rusyd adalah seorang filsafat yang mendukung aliran Aristoteles dan ia juga mengkritik corak Neoplatonisme pada pemikiran filsuf-filsuf islam sebelumnya.

Ketika ulama-ulama madzhab Asy'ariyah mengkritik kegiatan berfilsafat, Ibnu Rusyd adalag ilmuwan yang tetap membela kegiatan berfilsafat. Menurut pendapatnya berfilsafat dalam islam masih diperbolehkan. Salah satu karyanya yang terkenal adalah kitab bidayatul mujtahid  yabg menjelaskan tentang perbedaan madzhab dalam islam.

3. al-Zahrawi

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah AndalusiaAl zahrawi pelopor bedah modern (biografi.kamikamu.co.id)

Al-Zahrawi dikenal dengan nama Abulcasis di dunia barat. Dia memiliki nama asli Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi. Dia lahir di daerah bernama Zahra, yang terletak di sebelah barat daya Kordoba pada tahun 936 M.

Dia merupakan salah satu ilmuwan muslim di bidang kedokteran yang disegani oleh banyak ilmuwan, tidak hanya ilmuwan muslim, melainkan ilmuwan barat juga. Dia dikenal sebagai pelopor dari teknik bedah modern dalam dunia kedokteran.  Dalam kitabnya yang berjudul Al-Tasrif ia menerangkan secara detail terkait ilmu bedah.

Al-Zahrawi juga berhasil menciptakan sekitar 26 alat bedah yang belum ada pada masa sebelumnya. Diantara temuannya yang terkenal adalah catgut atau benang bedah. Dia membuat benang bedah tersebut dari usus kambing atau sapi.


4. Ibnu Thufail

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah AndalusiaIbnu Thufail (pesantren.id)

Ibnu Thufail memiliki nama lengkap Abu Bakar Muhammad bin Abdul Malik bin Muhammad bin Thufailal-Qaisi al-Andalusi. Ia lahir sekitar tahun 1105 di daerah Guadix, sebuah daerah yang dekat dengan Granada.

Ibnu Thufail merupakan seorang filsuf dan dokter yang cukup masyhur di daratan Andalusia. Selain menjadi filsuf dan dokter ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris dan wazir dari penguasa Andalusia saat itu. Karyanya yang terkenal adalah kitab Hayy bin Yaqthan, sebuah kitab roman filsafat. 

5. Ibnu Bajjah

5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Tanah AndalusiaIbnu Bajjah (tebuireng.online)

Ibnu Bajjah memiliki panggilan Avempace di kalangan ilmuwan barat. Ia memiliki nama asli Abu Bakar Muhammad bin Yahya bin ash-Shayigh at-Tujibi bin Bajjah. Ia lahir pada tahun 1095 di Zaragoza, Spanyol.

Ibnu Bajjah merupakan seorang filsuf dan astronom masyhur di Andalusia saat itu. Pemikirannya banyak mempengaruhi pemikiran Ibnu Rusyd dalam bidang filsafat. Selain di bidang astronomi dan filsafat, Ia juga ahli dalam bidang kedokteran dan matematika.

Sumbangan terbesarnya dalam dunia pengetahuan adalah pemikirannya dalam filsafat islam, yaitu gagasan tentang Fenomenologi jiwa.

Nah, itulah beberapa ilmuwan masyhur dari tanah Andalusia. Mereka sudah memberikan sumbangsih besar dalam dunia ilmu pengetahuan. Nama mereka pun tidak hanya dikenal oleh umat islam tapi juga dikenal oleh dunia barat.

Baca Juga: Waduh! Ini 7 Sosok Ilmuwan Gila Terkenal dalam Sejarah Dunia

alif izzul haq Photo Writer alif izzul haq

من جدّ وجد

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya