11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia II

Keahlian mereka dipandang sebelah mata

Ketika pengungsi Yahudi datang ke Amerika Serikat selama Perang Dunia II, sejarah diingatkan kembali dengan nama-nama terkenal seperti Albert Einstein, Enrico Fermi, dan Hannah Arendt. Namun, mereka bukan satu-satunya intelektual yang berusaha melarikan diri dari Eropa yang didominasi Nazi. Ratusan sarjana dan profesor lain juga melakukannya.

Di antara mereka ada beberapa ilmuwan perempuan berkualifikasi tinggi yang mencari universitas-universitas di Amerika untuk menemukan tempat yang aman agar dapat mengejar karier mereka. Terlepas dari prestasi akademis, mereka harus menghadapi banyak rintangan untuk mengungsi ke AS.

Terperangkap di antara undang-undang antisemitisme di negara mereka dan kesulitan mendapatkan visa ke AS, ini bukan hanya tentang mendapatkan pekerjaan, melainkan juga masalah hidup dan mati. Beberapa dari mereka berhasil, yang lain sayangnya tidak. Berikut adalah kisah-kisah memukau dan memilukan dari para pengungsi ilmuwan perempuan selama Perang Dunia II untuk bertahan hidup.

1. Setidaknya ada 80 Ilmuwan perempuan Yahudi yang dipaksa meninggalkan Eropa

11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia IIPengungsi Yahudi Jerman di MS St. Louis pada 1939. (historycollection.com)

Pada April 1933, pemerintah Jerman mengeluarkan undang-undang baru (UU Pemulihan Layanan Sipil Profesional), yang melarang orang Yahudi dan musuh politik partai Nazi dari semua jabatan pegawai negeri. Melansir German History, semua pegawai sektor publik diminta untuk memberikan sertifikasi keturunan Arya.

Ini berarti banyak profesor dan cendekiawan universitas tidak diizinkan bekerja di universitas di Jerman dan Eropa Timur. Dalam beberapa disiplin ilmu dan fakultas, sepertiga dari mereka Yahudi atau keturunan Yahudi, mengutip profesor dan jurnalis Laurel Leff di Smithsonian. Menurut angka resmi, sekitar 12.000 akademisi Yahudi dipecat dari universitas di Jerman. Setidaknya ada 80 perempuan yang mengalami nasib serupa.

2. Banyak dari ilmuwan perempuan ini menyandang gelar doktor

11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia IIilustrasi ilmuwan perempuan (goodnet.org)

Banyak ilmuwan perempuan ini adalah seorang pionir di bidang mereka dan memegang gelar tinggi dalam sains dan matematika, yang tidak umum bagi perempuan pada saat itu. Menurut data yang dikumpulkan oleh Northeastern University, perempuan ini adalah akademisi, profesor, dan ilmuwan yang berpraktik. Hal ini sangat disayangkan, karena menjadi sarjana perempuan di dunia akademis yang didominasi laki-laki tidaklah mudah, bahkan di Eropa pra-Nazi.

Ilmuwan perempuan yang berjumlah 80 ini lahir antara tahun 1890 sampai 1915. Mereka ahli dalam berbagai disiplin ilmu, tetapi mayoritas dari mereka berpraktik sebagai ahli kimia, ahli biologi, dan psikolog. Para ilmuwan perempuan yang mengajukan permohonan bantuan untuk beremigrasi ke AS sangat fasih berbahasa Jerman, Prancis, dan/atau Inggris. Sebagian besar dari mereka dididik di lembaga bergengsi di Berlin dan Wina, yang merupakan pusat budaya Eropa berbahasa Jerman pada saat itu.

3. Undang-Undang Imigrasi 1924 membuat imigran kesulitan untuk memasuki Amerika Serikat

11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia IIPresiden Calvin Coolidge menandatangani Undang-Undang Imigrasi tahun 1924. (newsela.com)

Pada awal 1920-an, kondisi kehidupan di Eropa memburuk dan semakin banyak orang berusaha bermigrasi ke AS. Pemerintah Amerika ditekan untuk membatasi jumlah orang yang datang ke negara itu. Menurut Office of the Historian, pemerintah AS memberlakukan pembatasan imigrasi pada 1917 dengan memperkenalkan tes melek huruf dan membatasi jumlah imigran dengan batasan 350.000 orang per tahun.

Pada 1924, pemerintah AS mengesahkan undang-undang imigrasi baru, yang juga dikenal sebagai Johnson-Reed Act. Undang-undang baru ini menyatakan bahwa hanya dua persen dari total jumlah orang dari setiap negara yang sudah ada di AS yang bisa masuk. Ini berarti kuota besar diberikan kepada orang-orang Inggris, sementara jumlah imigran dari Eropa selatan dan timur sangat terbatas.

Tidak hanya itu, orang Jepang dan Asia benar-benar dikecualikan untuk memasuki AS. Setiap tahunnya, imigran yang diizinkan memasuki AS diturunkan menjadi 150.000 orang. Undang-undang imigrasi yang baru ini mempersulit para pengungsi Yahudi di seluruh Eropa untuk mencari suaka di AS.

4. Hanya empat perempuan yang menerima bantuan resmi

11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia IIHedwig Kohn (googlewatchblog.de)

Karena imigrasi sangat dibatasi oleh undang-undang baru, sebuah komite dibentuk di New York untuk membantu para profesor yang dipindahkan. Emergency Committee in Aid of Displaced Foreign Scholars didirikan pada 1933 oleh Stephen Duggan, dengan dukungan dari Yayasan Rockefeller, bertujuan membantu para sarjana menemukan perlindungan di universitas-universitas Amerika.

Namun, lebih dari 5.000 cendekiawan, termasuk 80 ilmuwan dan matematikawan perempuan, yang mencari bantuan kepada Emergency Committee in Aid of Displaced Foreign Scholars, hanya empat orang yang menerima hibah.

Keempat perempuan tersebut adalah Hilda Geiringer, pelopor dalam bidang matematika terapan yang setelah melarikan diri dari Jerman, mengajar di Brussel dan Istanbul sebelum mendapatkan posisi di Bryn Mawr College. Emmy Noether, yang dianggap sebagai ahli matematika perempuan paling berprestasi pada masanya, juga mendapatkan pekerjaan di Bryn Mawr, yang direkomendasikan oleh Albert Einstein.

Hedwig Kohn, dokter fisika, yang dikenal dengan penelitiannya di bidang radiologi, ditawari kontrak di Women's College of the University of North Carolina dan kemudian di Wellesley. Lalu, Tilly Edinger, yang penelitian pentingnya di bidang paleoneurologi membuatnya mendapatkan posisi di Harvard, tulis laman Lady Science.

5. Ada kesempatan lain bagi ilmuwan perempuan untuk berimigrasi ke AS

11 Fakta Pengungsi Ilmuwan Perempuan Selama Perang Dunia IIFoto tahun 1939 tentang pengungsi Yahudi Jerman di atas kapal Jerman Saint Louis. (smithsonianmag.com)

Hanya sebagian kecil cendekiawan menerima bantuan resmi. Namun, jika seorang profesor menerima tawaran untuk bekerja di universitas, dia diizinkan berimigrasi dengan visa nonkuota. Dengan bantuan Yayasan Rockefeller, Komite Darurat mulai mengumpulkan resume dan CV dari para sarjana Eropa yang mencari pekerjaan di AS dan mencoba menempatkannya di universitas-universitas Amerika.

Ketika mereka membutuhkan ilmuwan untuk mengisi suatu posisi, universitas meminta kepada panitia nama-nama sarjana asing yang telah melamar pekerjaan. Namun, bagi banyak perempuan, hal ini bisa menjadi penantian yang panjang dan menyiksa, seperti yang ditulis profesor dan jurnalis Laurel Leff dalam bukunya pada 2019, Well Worth Saving: American Universities' Life-and-Death Decisions on Refugees from Nazi Europe.