Comscore Tracker

Menurut Studi, Ini 4 Alasan Kopi Bisa Pengaruhi Suasana Hatimu

Hal-hal positif ini akan kamu rasakan jika kamu minum kopi

Penikmat kopi mungkin tahu betapa pentingnya minuman ini untuk produktivitas sehari-hari, baik dalam bekerja maupun berkreativitas. Jika kamu penikmat kopi tapi melewatkan ritual ngopi di pagi hari, kamu pasti sensi, badmood gak jelas, dan susah berkonsentrasi.

Ternyata itu bukan hal yang aneh, lho. Menurut penelitian, minum kopi bisa membuatmu menjadi orang yang santai. Jadi wajar saja jika kamu mudah uring-uringan kalau belum minum kopi.

Berikut ini penjelasannya.

1. Kopi bisa meningkatkan fokus dan suasana hati, baik kepada diri sendiri maupun orang lain

Menurut Studi, Ini 4 Alasan Kopi Bisa Pengaruhi Suasana Hatimubrit.co

Jika kamu memiliki ritual minum secangkir kopi dipagi hari, kamu mungkin gak bisa melewatkannya meskipun cuma sehari, pasti rasanya ada yang kurang. Sebuah penelitian pada bulan April 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Psychopharmacology menemukan bahwa ketika seseorang menenggak secangkir kopi saat menjalani pekerjaan bersama orang lain, mereka akan tetap fokus dan merasa lebih baik dalam melakukan diskusi ataupun obrolan.

Menurut survei tahun 2015, 71 persen orang yang tinggal di kota AS setuju bahwa kopi merupakan bagian integral dari kesuksesan dalam melakukan pekerjaan dengan orang lain.

2. Hanya ada sedikit tentang penelitian ini

Menurut Studi, Ini 4 Alasan Kopi Bisa Pengaruhi Suasana Hatimubbc.com

Penulis studi Vasu Unnava dari University of California, menjelaskan kepada PsyPost, bahwa hanya ada sedikit penelitian tentang bagaimana kopi bisa memengaruhi dinamika dalam sebuah kelompok.

Kebanyakan penelitian dominan hanya mempelajari efek kopi terhadap seseorang. Jadi, Davis dan kawan-kawan memutuskan untuk mempelajari efek konsumsi kopi terhadap kinerja individu dalam suatu kelompok, dan output kolektif kelompok tersebut.

Baca Juga: 7 Kopi Ini Mencerminkan Kepribadian, Kamu Sudah Tahu?

3. Studi ini melibatkan 134 mahasiswa

Menurut Studi, Ini 4 Alasan Kopi Bisa Pengaruhi Suasana Hatimutheglittersonline.com.ng

Sebuah studi berskala kecil, para peneliti meminta 134 mahasiswa untuk berkelompok mendiskusikan gerakan Occupy Wall Street selama 15 menit. Para peneliti mengatakan kepada beberapa peserta untuk meminum kopi berkafein sebelum diskusi.

Mereka yang meminum kopi, memiliki fokus yang lebih baik pada topik yang dibicarakan dan memandang lawan diskusi mereka dengan suasana hati yang lebih menyenangkan.

"Studi ini dilakukan dengan melibatkan orang yang mengonsumsi kopi secara teratur," kata Unnava. "Sepertinya kopi memang membuat mereka merasa lebih waspada, memfokuskan pemikiran mereka pada topik atau tugas yang ada, dan membuat mereka lebih banyak berpartisipasi dalam tugas kelompok. Jadi, jika Anda seorang peminum kopi, sepertinya kopi membantu Anda melakukan tugas kelompok dengan lebih baik."

4. Studi masih terus dilakukan untuk mendapatkan penelitian terbaru

Menurut Studi, Ini 4 Alasan Kopi Bisa Pengaruhi Suasana Hatimuenjoyjava.com

Para peneliti menentukan topik yang sudah disepakati oleh para peserta. Mereka menggunakan satu jenis diskusi kelompok. Dan para peneliti akhirnya mengumpulkan data dan menganalisis bagaimana efek kopi memengaruhi kinerja seseorang dalam diskusi. Namun para peneliti masih melakukan studi lain seperti pemecahan masalah dalam kelompok, dan kerja fisik dalam kelompok.

Apakah kamu merasakannya, seperti studi yang telah ditemukan para peneliti di atas?

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Minum Kopi Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

Amelia Solekha Photo Community Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You