Comscore Tracker

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Saking banyaknya, para ilmuwan baru menyadarinya lho!

Kamu pasti tahu berbagai organ tubuh pada manusia, seperti hati, perut, dan otak. Sebagian dari kita juga mungkin tahu nama-nama dari tulang dan otot. Namun, tubuh manusia sangat kompleks sehingga beberapa bagian minor sering sekali dilupakan.

Berikut ini ada lima bagian tubuh penting yang mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya.

1. Kelenjar timus (sistem kekebalan tubuh)

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnyaverywellhealth.com

Kelenjar timus adalah organ kecil yang terletak di bawah tulang dada manusia, dan walaupun kamu mungkin belum pernah mendengarnya, timus memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan manusia, lho.

Ini adalah bagian dari sistem limfatik yang mengangkut sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh manusia, dan sistem endokrin yang membawa pesan kimia yang dikenal sebagai hormon. Timus adalah sumber sel-T (T singkatan dari timus), yang merupakan jenis sel darah putih yang mengatur kekebalan tubuh dan mencegah penyebab penyakit.

2. Lacrimal puncta (lubang air mata)

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnyacommons.wikimedia.org

Lacrimal puncta merupakan empat lubang kecil di bagian dalam kelopak mata, satu di sudut dalam setiap kelopak mata atas dan bawah, yang membantu mengeringkan air mata dan membuat mata kita tetap lembab.

Kamu bahkan bisa melihat lubang-lubang kecil ini, caranya kamu bisa menarik sudut bawah matamu untuk melihat bagian tepi dalam kelopak mata, dan lubang itu berada di sana.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Bentuk Tubuh Manusia Berikut & Pengaruhnya ke Kesehatan

3. Mesenterium (Menahan organ penting dalam tubuh)

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnyahealthcaretip.com

Kulit, tulang, dan otot manusia berfungsi untuk melindungi organ dalam, tetapi apa yang menahan organ ini tetap di tempatnya? Yakni mesenterium, organ yang sebagian besar orang menganggapnya hanya sekumpulan membran yang berliku-liku di dalam usus. Tetapi faktanya mesenterium adalah satu struktur yang memiliki banyak fungsi. Ia bertanggung jawab untuk menghubungkan usus kecil dan besar ke dinding perut.

4. Arrector Pilli

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnyaimagenesmi.com

Pernahkah kamu merasakan bulu kudukmu berdiri karena kedinginan atau ketakutan? Atau mungkin merasa merinding karena mendengar suara seseorang bernyanyi? Itu dikarenakan adanya gerakan otot yang bernama Arrector Pilli. Otot-otot yang bertumpu pada kulit dan secara refleks bisa berkontraksi ketika manusia merasa kedinginan ataupun panik (merinding).

5. Interstitium

5 Bagian Penting Tubuh Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnyapurehealthyfit.com

Para ilmuwan menemukan bahwa gak hanya terdapat rongga berisi cairan yang mengelilingi organ penting di dalam tubuh manusia, seperti di sekitar paru-paru, pembuluh darah, otot, kandung kemih, tetapi rongga ini merupakan bagian dari satu organ besar. Mereka menyebutnya interstitium, setelah cairan interstitial yang mengisinya. Cairan itu mengalir ke sistem limfatik dan seperti kelenjar timus, ia berperan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sekarang kamu jadi tahu kan bagian-bagian tubuh yang mungkin belum kamu kenali sebelumnya. Mungkin saking banyaknya, ya.

Baca Juga: 10 Rahasia Unik Tubuh Manusia yang Berhasil Dikuak, Sudah Tahu Belum?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You