Comscore Tracker

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Peneliti

Apakah kamu tipe orang yang bangun pagi atau siang, nih?

Dari Dwayne "The Rock" Johnson sampai Richard Branson, mengungkapkan bahwa rahasia kebugaran mereka terbentuk ketika mereka terbangun dipagi hari. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa pernyataan itu gak segampang kelihatannya, lho. Memang, rutinitas di pagi hari gak bisa dirasakan dengan maksimal bagi mereka yang memiliki pola tidur yang salah seperti selalu begadang, hingga harus bangun siang. Tapi, jika ingin mendapatkan manfaat dari bangun di pagi hari, kamu harus menerapkan lima cara yang direkomendasikan para ilmuwan untuk memaksimalkan pagimu. Intinya biar kamu lebih semangat!

1. Bangun diwaktu yang sama setiap pagi

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Penelitird.com

Bangun di waktu yang sama setiap hari mungkin sama pentingnya dengan bangun pagi. Satu studi yang diikuti 61 mahasiswa Harvard selama sebulan menemukan bahwa orang-orang yang kebiasaan bangunnya paling konsisten memiliki kinerja lebih baik dibandingkan mereka yang terbangun di jam yang berbeda-beda, walaupun memiliki jumlah tidur yang sama. Penulis Benjamin Spall dan Michael Xander mewawancarai 300 orang sukses terkait rutinitas pagi mereka, dan mereka menemukan fakta kalau orang-orang sukses itu rata-rata terbangun di pagi hari pada pukul 6:27 pagi di setiap harinya.

2. Luangkan waktu untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Penelitipexels.com/Pixabay

Dalam penelitian mereka, Spall dan Xander juga menemukan bahwa orang-orang sukses yang bangun lebih pagi biasanya memanfaatkan waktu pagi mereka dengan melakukan hal-hal yang membuat mereka merasa lebih baik. Ada bukti yang menyatakan juga kalau menulis atau aktivitas berolahraga di pagi hari merupakan cara yang ampuh untuk membangkitkan semangat.

Marie Kondo, konsultan gaya hidup dan pembawa acara serial Netflix, mengatakan ia memulai harinya dengan membuka jendela dan merapikan tempat tidurnya. Tetapi setiap orang tentunya memiliki aktivitas tersendiri agar perasaannya lebih baik di pagi hari. 

3. Hindari penggunaan jam alarm

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Penelitilivemint.com

Memang bagi sebagian orangnya, sepertinya sangat sulit untuk bangun di pagi hari, apalagi kalau gak terbiasa. Namun menurut para peneliti, menjadi orang yang disiplin dan konsisten saat bangun di pagi hari tanpa mengandalkan jam alarm merupakan salah satu hal terbaik di pagi hari. Jam alarm pastinya mengejutkan ketika tertidur dan para ahli menyebutnya sebagai "inersia tidur", yakni gangguan kognitif dan motorik yang terjadi setelah bangun tidur akibat bunyi alarm yang mengaggetkan tersebut.

Menekan tombol snooze di alarm juga gak disarankan para ahli karena bisa memperburuk keadaan dan diri sendiri. "Dengan tidur sebentar selama beberapa menit, tubuh akan mempersiapkan siklus tidurnya yang lain, membuat seseorang akan cepat terganggu dan menyebabkan seseorang merasa lelah pada aktivitas di hari itu," kata pakar tidur Neil Robinson kepada The Independent. Cobalah perbaiki pola tidurmu dan usahakan untuk selalu tidur sekitar delapan jam agar kamu terhindar dari inersia tidur dan tentunya kamu gak perlu menekan tombol snooze di jam alarmmu.

Baca Juga: Ayo Bangun Pagi! Ini Lho 10 Manfaat Sinar Matahari Buat Tubuhmu

4. Lakukan perjalanan di pagi hari jangan di malam hari

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Penelitihuffingtonpost.ca

Jika kamu sedang melakukan perjalanan jauh, biasanya kamu akan mengalami sakit kepala, sakit punggung, masalah pencernaan, tekanan darah tinggi, gangguan tidur, kelelahan, dan masalah konsentrasi dibandingkan dengan mereka yang bepergian gak terlalu jauh, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian. Tapi menurut ahli, melakukan perjalanan di pagi hari bisa lebih menyenangkan dan produktif dibandingkan melakukan perjalanan di malam hari.

5. Bangun lebih pagi bisa mengantisipasi masalah

5 Rutinitas yang Terbaik Dilakuakn di Pagi Hari Menurut Para Penelitilistbrew.com

Orang yang bangun lebih pagi, cukup baik dalam mengantisipasi masalah dan meminimalisirnya, menurut penelitian dari Universitas Harvard. Jadi bangunlah lebih pagi kalau kamu gak mau gerasak-gerusuk mempersiapkan diri untuk berangkat sekolah, kuliah atau kerja. 

Nah, bagaimana ulasan dari lima poin di atas? Semoga penelitian yang dilakukan para ahli di atas bisa membuatmu untuk bangun lebih pagi dan memulai hari dengan penuh semangat.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Agar Kamu Terbiasa Bangun Pagi, Lakukan Mulai Hari Ini!

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya