Comscore Tracker

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misterius

Ke mana ya mereka?

Betapa senangnya menjadi raja. Siapa yang tidak ingin memerintah seluruh bangsa, dihormati orang lain, mengenakan pakaian bagus, dan bisa makan enak? Nah, pemikiran inilah yang disalahartikan kebanyakan orang. Nyatanya, raja, ratu, dan bangsawan lainnya selalu berada dalam bahaya karena ada saja seseorang yang menginginkan apa yang mereka miliki.

Dalam sejarah, sejumlah bangsawan memilih untuk melarikan diri, menghilang dalam keadaan misterius, dan dari hilangnya mereka, masih tidak dapat dijelaskan. Mari kita lihat siapa saja mereka!

1. Konstantinus XI 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusblessedmart.com

Menurut sejarawan Sean Munger, ketika Konstantinus XI naik takhta, dia menyadari bahwa hidupnya akan mengalami serangkaian pertempuran dengan Turki dan membuat kekaisarannya runtuh. Terakhir kali, Konstantinus terlihat pada kejatuhan Konstantinopel. Saat dia sadar bahwa dia kalah dalam pertempuran, dia pun masuk ke medan perang bersama dengan semua prajuritnya.

Kisahnya terbagi dalam beberapa versi, salah satunya, ia menghindari penangkapan dengan meminta salah satu tentaranya untuk membunuhnya. Di tempat lain, ia melarikan diri menggunakan perahu.

Tetapi lambang-lambang kerajaan Konstantinus terlihat di medan perang, banyak yang berspekulasi bahwa dia tewas dalam pertempuran, dan tubuhnya tidak pernah diidentifikasi. Selama berabad-abad, orang-orang percaya bahwa dia dalam keadaan mati suri di suatu tempat dekat Konstantinopel, sehingga suatu hari dia dapat memerintah Bizantium.

2. Romulus

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusfancyfrindle.com

Legenda mengatakan bahwa Roma didirikan oleh saudara kembar bernama Romulus dan Remus, yang dibesarkan oleh serigala betina. (Banyak sejarawan mengira bahwa "serigala betina" sebenarnya adalah pelacur, karena orang Romawi kuno menyebut mereka "Lupae" atau "serigala betina".) Menurut Ancient Origins, pada tahun 753 dua saudara ini mendirikan Roma dan kemudian Romulus memerintah selama hampir 40 tahun. Kemudian suatu hari, Romulus pergi ke kuil Vulcan untuk menemui beberapa senator lalu menghilang. 

Ada beberapa versi berbeda dari cerita ini. Satu versi menceritakan bahwa awan menelannya dan dia "tidak pernah kembali lagi di dunia". Cerita lain, gerhana matahari datang dan dia lenyap. Tapi dari dua versi di atas, dianggap tidak rasional. 

Kemungkinan besar, Romulus dibunuh oleh para senator, yang mengarang keseluruhan cerita seperti "menghilang di awan" untuk menutupi perbuatan mereka. Tetapi ada fakta mengenai kesaksian Julius Proculus, yang mengatakan bahwa dia melihat Romulus mengenakan baju besi yang sangat mengkilap, dan Romulus mengatakan kepadanya bahwa dia telah menjadi dewa selama ini dan saatnya untuk dia kembali ke surga. Dan orang-orang Romawi menganggap itu masuk akal, dan begitulah kisahnya.

3. Arthur I, Duke of Brittany 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriuspinterest.com

Menurut English Monarchs, pada tahun 1199, raja Richard I yang tidak memiliki anak memutuskan untuk menjadikan keponakannya Arthur, Duke of Brittany, sebagai pewaris takhta. Kemudian Richard I pergi berperang dan terbunuh selama Perang Salib Ketiga. John dari Inggris, yang merupakan adik Arthur, merasa iri ketika kakaknya diangkat menjadi raja.

John pun mengalahkan Arthur demi merebut takhtanya. Namun pada 1203 Arthur dinyatakan menghilang. Ada banyak teori - salah satunya adalah bahwa John membunuh Arthur dengan tangannya sendiri. Di tempat lain, sipir Arthur dianggap telah membunuhnya, karena diperintahkan oleh John. Meskipun demikian, kisah itu masih menjadi misteri yang mungkin tidak akan pernah terpecahkan.

Baca Juga: 8 Fakta Raja Haakon VII dari Norwegia, Sang Raja Pilihan Rakyat

4. Archduke Johann Salvator dari Austria

https://www.youtube.com/embed/LqfQ85CtDbY

Tidak ada seorang pun di keluarga Archduke Johann Salvator yang sejalan dengan pemikirannya,  karena Johann Salvator selalu meremehkan tentang buruknya sistem pendidikan Austria dan membicarakan tentang militer. Dalam istilah abad ke-19, dia dianggap sebagai pemuda arogan. Keluarganya tidak suka dengan cara berpikir liberalnya.

Lagipula Johann memang tidak tertarik dengan masalah kerajaan, dan pada akhir tahun 1880-an ia menyerahkan gelarnya dan menikahi seorang penari, yang pada saat itu merupakan skandal, karena para bangsawan hanya boleh menikahi bangsawan lain. Tidak lama kemudian, Johann mendapat komisi sebagai kapten dan membeli kapal uap kargo untuk bepergian ke Amerika Selatan.

Johann dan istrinya terakhir kali terlihat di Cape Tres Puntas pada 12 Juli 1890. Kearifan konvensional mengatakan kapal mereka mungkin tenggelam diterjang badai di Cape Horn, tetapi tidak adanya saksi, pernyataan itu tidak diketahui dengan pasti. (Namun, perlu dicatat bahwa artikel Milwaukee Sentinel 1911 mengatakan bahwa kapalnya membawa muatan semen.) Meski begitu, Johann sebenarnya tidak dinyatakan tewas selama lebih dari dua dekade. 

5. Ambiorix 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusfollowinghadrianphotography.com

Pada saat Julius Caesar berkuasa, ia menaklukkan negara-negara. Salah satu wilayah pertama dalam daftarnya adalah Belgica, tempat Belgia modern saat ini. Caesar menaklukkan orang-orang Belgica dan menjual mereka menjadi budak. Beberapa tahun kemudian, ia mengirim pasukannya ke wilayah itu untuk mendirikan tempat musim dingin, tetapi diperangi oleh suku yang disebut Eburones, yang dipimpin oleh seorang raja bernama Ambiorix. Raja Ambiorix memimpin serangkaian serangan terhadap orang-orang Romawi, salah satunya menewaskan 6.000 orang Romawi dan sekitar 6.000 tentara Romawi menyerah.

Namun, banyakanya orang-orang Romawi, membuat suku Eburones mengundurkan diri ketika Caesar memerangi mereka selama setahun. Tetapi setelah tegakan terakhirnya, raja Ambiorix terlihat berlari ke hutan bersama beberapa penjaga dan tidak pernah terlihat lagi. Menurut legenda, orang-orangnya bermukim kembali di antara suku-suku Jerman. Sejauh ingatan sejarah, orang Romawi tidak pernah melacaknya. Hari ini orang-orang Belgia menganggapnya pahlawan - patungnya berada di Tongeren, yang diyakini sebagai situs bersejarah Eburones.

6. Alexander Helios dan Philadelphus Ptolemy (dua anak laki-laki Cleopatra) 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriushistoricaleve.com

Cleopatra sangat terkenal dan memiliki kisah percintaan yang unik, tetapi anak-anaknya hampir tidak pernah diceritakan. Cleopatra memiliki empat anak, namun dia memutuskan untuk bunuh diri (secara tradisional, oleh ular berbisa) ketika Oktavianus mengalahkannya pada 31 SM, dan ia meninggalkan empat anaknya.

Menurut Ancient Origins, Oktavianus membunuh putra tertua Cleopatra. Dia membawa anak-anaknya yang lebih muda - anak kembar berusia 5 tahun (anak perempuan dan laki-laki) dan anak laki-laki berusia 9 tahun - ke Roma dengan rantai emas dan mengarak mereka di sekitar kota, bersama dengan patung ibu mereka yang sudah meninggal.

Setelah itu, anak-anaknya dikirim untuk tinggal bersama saudara perempuan Octavianus. Anak perempuannya yang bernama Cleopatra Selene - menikah dan menjadi seorang ratu, tetapi tidak ada yang tahu apa yang terjadi pada anak laki-laki.

7. Hereward the Wake 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusjaceharr.com

Hereward the Wake merupakan keturunan dari Oslac, earl pertama dari York. Menurut English Monarchs, ayahnya mengasingkannya dari Inggris ketika ia berusia 18 tahun, yang merupakan versi abad pertengahan. Ia pernah bekerja sebagai tentara bayaran, dan kemudian dia mendengar tentang penaklukan Norman dan memutuskan untuk pulang ke rumah.

Sesampainya, dia menemukan keluarganya telah dibunuh dan tanah mereka telah diberikan kepada seorang lelaki Norman. Dengan bantuan seorang pengikut, ia membunuh 14 orang Normandia dan kemudian memimpin pemberontakan melawan raja William. 

William cukup cemas tentang keberadaan Hereward sehingga dia meminta bantuan seorang penyihir, suatu tindakan yang cukup ekstrem untuk seorang raja Kristen. Pada akhirnya, orang-orang Normandia dapat mengalahkan Hereward dengan menyuap seseorang untuk membantu mereka melintasi rawa-rawa tempat tentara Hereward bersembunyi.

Apa yang terjadi pada Hereward setelah itu tidak diketahui lagi. Beberapa cerita mengatakan bahwa William akhirnya memaafkannya, namun kisah itu dianggap tidak mungkin, dan cerita lain mengatakan bahwa dia hidup sebagai penjahat sampai dia dibunuh oleh orang-orang Normandia.

8. Sebastian dari Portugal 

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusroyalcollection.org.uk

Sebastian dari Portugal, merupakan seorang fanatik agama dan pewaris takhta Portugal. Britannica mengatakan bahwa ia dididik oleh para Yesuit dan percaya bahwa takdir itulah yang membawanya untuk mengalahkan kaum Muslim. Ia mengambil alih kekuasaan pada 1568, dan pada 1578 ia memimpin pasukan dalam konflik ke Maroko, di mana ia kalah.

Sejarah tidak mengetahui apa yang terjadi pada Sebastian setelah itu. Kemungkinan dia terbunuh dalam pertempuran yang dia pimpin. Ada kisah yang menceritakan bahwa Sebastian mencoba merayu orang-orang Portugis antara tahun 1584 dan 1598, dan setelah itu banyak orang yang menganggap bahwa dia akan kembali suatu hari nanti.

Harapan inilah yang memunculkan iman mesianis yang disebut Sebastianisme, di mana para pengikutnya percaya bahwa suatu hari dia akan bangkit kembali dan membebaskan mereka dari pemerintahan Spanyol, tetapi tentu saja itu tidak terjadi.

9. Nefertiti  

9 Bangsawan Dunia yang Hilang Secara Misteriusthefamouspeople.com

Nefertiti menikah dengan raja Akhenaten. Akhenaten adalah ayah dari Tutankhamun dan seorang pembaru agama yang menjadikan Matahari sebagai pusat agama Mesir dan membuat beberapa dewa lainnya terhapus dari monumen-monumen itu.

Menurut Ancient Origins, pada tahun ke-12 masa pemerintahan Akhenaten, Nefertiti menghilang dari catatan sejarah. Ada teori yang menyatakan bahwa ia meninggal, dan ada teori lain bahwa ia diberi identitas baru dan menjadi wakil bupati dengan Akhenaten.

Menghilangnya seseorang apalagi bangsawan terkenal memanglah sebuah misteri yang sulit dipecahkan. Meskipun begitu, sejarah mereka akan tetap dicatat. 

Baca Juga: Antara Fakta dan Fiksi, 7 Pandangan Mendalam tentang Raja Arthur

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya