Comscore Tracker

Seperti Apa Bumi 50 Tahun ke Depan? Begini Kata Sains

Seperti yang sudah kamu bayangkan, deh

Jika kita memikirkan bagaimana kondisi Bumi di masa depan, pasti kita tertuju dengan bayangan mengerikan seperti yang pernah kita saksikan di film-film Hollywood. Bumi menjadi kering dan tandus, mungkin saja beberapa wilayah terendam air laut, atau manusia menjadi makhluk yang sudah tak sebagaimana mestinya.

Itu adalah beberapa skenario yang manusia pertimbangkan ketika kita memikirkan nasib planet kita. Tapi apa yang dipikirkan para ilmuwan? Adakah harapan cerah bagi umat manusia di masa depan? 

1. Populasi dunia akan meningkat

Seperti Apa Bumi 50 Tahun ke Depan? Begini Kata Sainsnytimes.com

Menurut The Guardian, beberapa hal tentang masa depan sudah cukup jelas. Sebagai permulaan, populasi dunia akan melebihi 9 miliar, dan akibatnya rumah-rumah akan lebih padat dan saling berdekatan. Ditambah lagi, penyakit akan lebih cepat menyebar ke seluruh populasi global. 

2. Terjadi krisis pangan

Seperti Apa Bumi 50 Tahun ke Depan? Begini Kata Sainsyournewswire.com

Sementara itu, sebuah laporan tahun 2006 dari Johns Hopkins University mengatakan bahwa akan ada krisis pangan dan banyak manusia yang kemungkinan kekurangan makanan. Otomatis bahan pokok akan semakin melambung tinggi. Banyak penduduk yang akan kelaparan akibat krisis ini.

Oleh sebab itu, kita harus mulai belajar bercocok tanam, gunakan lahan yang tidak terpakai bahkan kita bisa menggunakan halaman rumah kita sendiri untuk menanam bahan pangan yang nantinya bisa kita konsumsi sehari-hari. Atau juga, kita bisa mengurangi mengonsumsi nasi dan beralih ke umbi-umbian. 

Baca Juga: 10 Negara dengan Populasi Paling Sedikit, Gak Ada Macet atau Polusi

3. Kemungkinan yang diperkirakan

Seperti Apa Bumi 50 Tahun ke Depan? Begini Kata Sainsnationalgeographic.com

Bumi diperkirakan juga akan menjadi lebih hangat. Dead Sea (Laut Mati) kemungkinan akan mengering. Naiknya permukaan lautan akan memaksa umat manusia untuk eksodus atau meninggalkan kota-kota pesisir seperti New Orleans dan Miami, sebagian besar kebun anggur di Amerika Serikat juga tidak dapat tumbuh lagi, dan semua gletser di Taman Nasional Gletser akan sepenuhnya hilang. 

4. Teknologi akan semakin canggih

Seperti Apa Bumi 50 Tahun ke Depan? Begini Kata Sainsadweek.com

Bagaimana dengan teknologi canggih? Memang teknologi akan semakin canggih dari pada hari ini, tapi dengan asumsi jika masih ada ras manusia pada saat itu. Menurut American Association for the Advancement of Science, robot akan berkeliling di jalanan, melakukan tugas-tugas kasar atau berbahaya yang tidak dilakukan manusia. Dan semua orang akan memiliki nanoteknologi yang dimasukkan ke dalam tubuh atau bahkan otak mereka.

Bangunan akan ditutupi dengan tanaman sebagai praktik standar untuk membantu memerangi kenaikan CO2, dan manusia akan memiliki koloni ruang angkasa di bulan dan di Mars. 

Terjadi ataupun tidak, hanya waktu yang bisa menjawab. Tugas kita hari ini adalah terus memperbaiki diri, dengan begitu, mungkin dunia akan jauh lebih baik. 

Baca Juga: 7 Bencana yang Dianggap Bisa Mengakhiri Kehidupan di Bumi

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You