Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory

Bukan proyek Mars saja yang menjadi misinya, lho!

Terlepas dari semua kekacauan yang terjadi saat ini, beberapa hal justru mencapai terobosan terbaru dalam dunia modern. Salah satunya adalah bagaimana manusia mulai melirik Mars - prospek untuk menempati koloni di Mars. Nah, pusat dari gagasan besar ini adalah Jet Propulsion Laboratory, yang juga menemukan segala macam hal keren tentang apa yang ada di luar angkasa. Apa JPL ini? Apa yang sebenarnya dilakukannya? Ini kisahnya, dan ini melibatkan okultisme, Nazi, dan beberapa hal unik lainnya.

1. Apa sebenarnya Jet Propulsion Laboratory itu?

Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory Departemen Jet Propulsion Laboratory (vrfocus.com)

JPL dianggap memiliki kesamaan dengan NASA, tetapi sebenarnya tidak. Kedua organisasi ini memang berjalan beriringan terkait luar angkasa, tetapi tidak semua proyek JPL adalah proyek NASA.

Popular Mechanics menggambarkan bahwa NASA adalah organisasi induk, tetapi JPL sudah ada lebih dulu, dan kerja kerasnya menjadi dasar terbentuknya NASA. Landasan itu datang dalam bentuk penelitian peroketan yang dilakukan JPL dengan militer AS, dan begitu NASA hadir, JPL berada di bawah kendali NASA, bukan di payung militer.

NASA mendanai JPL, tetapi JPL dapat menggunakan uang itu sesukanya. Dan tidak terikat pada NASA, tetapi berafiliasi dengan Caltech dan dikendalikan oleh kelompok sipil. Secara resmi, JPL adalah "pusat penelitian dan pengembangan yang didanai pemerintah federal."

2. Klub bunuh diri

Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory Potret pendiri Jet Propulsion Laboratory, Rudolph Schott, Apollo Milton, Olin Smith, Frank Malina, Ed Forman dan Jack Parsons. Foto ini diambil pada 15 November 1936. NASA/JPL. (businessinsider.com)

Saat itu, JPL merupakan organisasi muda, insiden ledakan pertamanya terjadi pada tahun 1930-an. Menurut Business Insider, kelompok mahasiswa Caltech dikeluarkan dari kampus setelah salah satu roket paling awal mereka--diuji di kamar asrama--meledak. Akhirnya, mereka melakukan pengujian di pegunungan San Gabriel di California.

Karena seringnya terjadi serangkaian ledakan, mereka pun dijuluki Klub Bunuh Diri. Tetapi insiden di akhir tahun 1930-an membuat mereka mendapatkan dana militer pada awal tahun 1940-an. Saat itu, mereka telah mendirikan laboratorium resmi di Pasadena.

3. Fisika kuantum dan kepercayaan akan sihir

Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory Ilmuwan dan okultis Jack Parsons pada tahun 1938. (allthatsinteresting.com)

Salah satu anggota pendiri JPL adalah Jack Parsons. Menurut Wired, dia telah lama dihapus dari sejarah resmi NASA, mungkin karena dia memiliki kepercayaan aneh terkait fisika kuantum yang dapat digunakan untuk menjelaskan sihir, dan ia merekrut L. Ron Hubbard untuk mengembangkan ritual sihir seks bernama Babalon, menurut io9, dia pun dianggap bisa mencetuskan Antikristus.

Setelah JPL mendapatkan dukungan militer untuk program roketnya, Parsons memanfaatkan keuntungannya untuk memperbaiki sebuah rumah demi mempelajari tulisan dan ritual Aleister Crowley. Parsons menganggap bahwa dia pernah memanggil Setan ketika baru berusia 13 tahun.

Bahkan Parsons masuk ke jajaran Ordo Templi Orientis dari Crowley. Tetangganya sangat kesal dengan pesta pora, halusinogen, dan tarian telanjang di sekitar api unggun di halaman belakang rumahnya. Namun, Parsons sendiri tidak disukai oleh pemerintah dan JPL, ia pun meninggal pada tahun 1952 setelah insiden ledakan.

4. Pendiri JPL dideportasi

Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory potret Qian Xuesen (britannica.com)

Deportasi pendiri JPL Qian Xuesen mengubah jalannya sejarah. Genius kelahiran China ini belajar di MIT dan Caltech, dan pada saat itulah dia bergabung dengan kelompok JPL. Dia akhirnya menjadi direktur pendiri organisasi, mengembangkan senjata untuk militer AS pada Perang Dunia II, dan bahkan dikirim ke Eropa pasca perang untuk menjadi mata-mata.

Tetapi, dia ditangkap, dituduh sebagai Komunis, dan dikembalikan ke China sebagai bagian dari kesepakatan untuk membebaskan 11 tentara Amerika yang ditawan selama Perang Korea. Popular Science mengatakan bahwa ia tidak terbukti terlibat dalam tindak kejahatan apapun. Akhirnya, di China, ia membantu membangun program luar angkasa dan rudal China. Dia pun meninggal pada tahun 2009 setelah kariernya selama puluhan tahun mendorong kemajuan ilmiah China.

5. Proyek ini bukan fiksi ilmiah

Sudah Ada Sebelum NASA, Ini 13 Fakta Jet Propulsion Laboratory Frank Malina pada tahun 1945, membantu melegitimasi peroketan dengan memimpin program penelitian dan anggota pendiri Jet Propulsion Laboratory. (Kredit JPL/spectrum.ieee.org)

Organisasi ini mendapatkan nama Jet Propulsion Laboratory berkat dua anggota pendirinya: ahli aerodinamika Caltech, Theodore von Karman dan Frank Malina, yang merupakan salah satu mahasiswa PhD. The Guardian mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan kata "roket" agar studi mereka dianggap serius. Pada saat itu, roket dikaitkan dengan fiksi ilmiah dan ide yang fantastis (tetapi tidak masuk akal).

Malina sendiri berada di bawah FBI sebagai "premature anti-fascist," dan saat dia mengembangkan program roket dan luar angkasa negara, dia juga menentang segregasi. Malina akhirnya masuk daftar hitam pemerintah. Dia benci melihat ciptaannya berubah menjadi nuklir, jadi dia pindah ke Paris dan menjadi seorang seniman.

6. Komputer manusia pertama ada di JPL

Karya awal JPL sangat mengesankan, dan bahkan lebih mengesankan lagi jika kita mengingat bahwa komputer yang kita kenal sekarang belum ada. Nathalia Holt mendokumentasikan temuannya di sebuah buku berjudul Rise of the Rocket Girls, ini adalah sejarah yang dimulai dengan sekelompok wanita yang menjadi karyawan JPL pertama.

Holt mengatakan melalui Think Progress bahwa hal itu dimulai oleh Macie Roberts, yang merupakan seorang wanita yang bekerja di JPL pada awal 1940-an. Dia diangkat menjadi supervisor, dan ia mengumpulkan seluruh tim yang semuanya adalah perempuan. Sebab, ia takut jika pria tidak akan mendengarkan atau menghormatinya.