Comscore Tracker

Saran Ahli, Jika Ingin Bahagia Lakukan Satu Hal Kreatif Setiap Harinya

Lakukan apa yang menjadi minatmu

Memang ya rasanya agak sulit untuk menyelesaikan tugas sekolah kantor, ataupun kuliah. Pasti selalu saja dikejar deadline. Apalagi jika kamu diminta menyisihkan waktu untuk mengekspresikan diri secara artistik.

Tetapi menurut penelitian, melakukan satu hal kreatif setiap hari, baik itu melukis, menulis, bernyanyi, bermain gitar, atau bahkan hanya memasak makan malam, bisa meningkatkan kebahagiaan kamu, lho.

Begini penjelasan lengkapnya.

1. Studi ini dilakukan pada tahun 2016

Saran Ahli, Jika Ingin Bahagia Lakukan Satu Hal Kreatif Setiap Harinyaunsplash.com/Thought Catalog

Manusia sekarang ini disibukkan dengan rutinitas padat mereka setiap harinya, mereka membagi waktu antara bekerja, keluarga, teman, dan bekerja lagi. Dan itu menjadi alasan umum mereka mengeluh karena gak punya waktu untuk melakukan pekerjaan lain seperti menggambar atau menulis jurnal atau bahkan menyiapkan makanan. Zaman yang makin modern menuntut manusia untuk selalu mendapatkan yang praktis dan instan termasuk makanan.

Tetapi ada lho sebuah studi di tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology menemukan bahwa melakukan satu aktivitas kreatif setiap hari bisa meningkatkan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan, membuat seseorang lebih merasa energik, antusias, dan bersemangat.

2. Kreativitas itu mencakup banyak hal dan kegiatan

Saran Ahli, Jika Ingin Bahagia Lakukan Satu Hal Kreatif Setiap Harinyaunsplash.com/Nayanika Mukherjee

Mungkin terlintas dibenakmu kalau kamu bukanlah orang yang kreatif. Eits, jangan langsung putus asa begitu. Menurut definisi dari peneliti, kreativitas itu mencakup banyak hal seperti memunculkan ide-ide baru, mengekspresikan diri dengan cara yang orisinal dan bermanfaat, atau menghabiskan waktu melakukan kegiatan artistik (seni, musik, lukisan, menulis, dll). Itu definisi yang cukup luas, lho.

Siaran pers tentang penelitian ini menjelaskan bahwa contoh paling umum adalah menulis lagu, penulisan kreatif (puisi, fiksi pendek), merajut, membuat resep baru, melukis, menggambar, dan membuat sketsa, desain grafis dan digital, dan pertunjukan musik. Apapun itu yang pastinya kamu suka.

Mereka yang terlibat dalam kegiatan kreatif, bukan saja merasa lebih baik tapi mereka akan merasa lebih bahagia pada hari-hari selanjutnya.

Baca Juga: 10 Website Tes Psikologi buat Lebih Mengenali Diri, Gratis Semua Lho!

3. Merealisasikan waktu dengan sesuatu yang disuka

Saran Ahli, Jika Ingin Bahagia Lakukan Satu Hal Kreatif Setiap Harinyafee.org

Menurut penelitian, manusia bisa kok merealisasikan waktu mereka untuk berhubungan dengan batin mereka. Istilahnya seperti melakukan kesenangan dengan sesuatu yang kreatif. Bahkan mengubah atau menambah style penampilan kamu, itu juga termasuk perilaku kreatif.

Bagaimana caranya menemukan waktu yang tepat untuk merealisasikan perilaku kreatif? Intinya, lakukan sesuatu yang menyenangkan, yang menghibur, dan yang orisinil dalam kegiatanmu. Jika dihari libur kamu disibukan dengan keluarga, kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan melakukan kegiatan kreatif seperti berkebun dengan anak, atau mendekorasi rumah bersama pasangan.

4. Kreativitas dibedakan menjadi dua faktor

https://www.youtube.com/embed/1BFgu09uQ40

Apakah kreativitas itu bisa dipelajari atau diwarisi? Banyak riset yang mendukung bahwa kreativitas dikaitkan dengan susunan genetik seseorang. Personality and Social Psychology berpendapat bahwa adanya dukungan sosial dari keluarga atau komunitas juga bisa berperan dalam pembentukan ekspresi dan bakat kreatif.

Seseorang yang konsisten dengan perilaku kreatif akan mudah mengekspresikan diri di dalam kegiatan ataupun karyanya.

So, mulai sekarang lakukan satu hal kreatif setiap harinya biar kamu selalu bahagia.

Baca Juga: Biar Hidup Bahagia, Lakukan 5 Tips untuk Menjaga Pikiran Tetap Sehat 

Amelia Solekha Photo Community Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You