Comscore Tracker

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lho

Sudah sejauh mana kamu mengetahuinya

Saat ini jalan rahasia bisa dibilang cukup populer di beberapa negara. Selain mengikuti tren, nyatanya jalan rahasia diperlukan untuk keadaan genting, lho. Mungkin kamu juga tahu mengenai kamar-kamar rahasia yang terdapat di tempat atau gedung-gedung populer di seluruh dunia.

Namun, lorong atau terowongan rahasia memiliki potensi yang jauh lebih besar, dan jalan rahasia itu bisa mengarah ke mana saja. Beberapa bangunan paling terkenal di dunia memiliki lorong dan terowongan rahasia. Apa saja, ya?

1. Lorong rahasia Passetto

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhoslate.com

Dilansir dari Slate, Passetto di Borgo sengaja dibangun agar terlihat seperti benteng tua biasa, tapi sebenarnya ada sebuah terowongan rahasia yang membentang dari Kota Vatikan ke Castel Sant'Angelo.

Benteng itu dibangun pada 850 M, dan masih belum selesai sampai tahun 1492. Dua tahun kemudian digunakan untuk pertama kalinya, demi mendapatkan Alexander VI dari Prancis.

Pada tahun 1527 digunakan kembali, ketika Klemens VII melarikan diri dari 20.000 pasukan Kaisar Romawi Suci. Setelah itu hancur, tetapi diperbaiki lagi pada tahun 2000 untuk merayakan acara keagamaan umat Kristen.

2. Terowongan bawah tanah di gedung Capitol Hill

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhoatlasobscura.com

Capitol Hill adalah bangunan berkubah yang cukup terkenal. Namun cuaca ekstrem di Washington DC, berdampak buruk bagi bangunan itu. Dan Itu sebabnya ada terowongan yang menghubungkan berbagai bangunan bawah tanah. 

Awalnya dibangun pada tahun 1909, menurut Greater Greater Washington, terowongan ini sangat membantu dan juga cukup panjang. Setelah dibangun, terowongan itu digunakan untuk mobil listrik.

Atlas Obscura mengatakan bahwa terowongan paling rahasia di bawah Capitol adalah terowongan yang memiliki panjang seperempat mil dan membutuhkan waktu dua tahun untuk membangunnya, dan dikerjakan pada tahun 2003. Lokasi persisnya tidak pernah diungkapkan. 

Baca Juga: 9 Rahasia Gelap Kekaisaran Rusia yang Jarang Diketahui Banyak Orang

3. Kastil Predjama terhubung dengan lorong rahasia

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lholonelyplanet.com

Kastil Predjama di Slovenia dibangun selama 400 tahun agar tidak bisa ditembus lawan atau orang asing. Predjama menyimpan banyak rahasia, seperti peti harta karun abad ke-16 yang tidak ditemukan sampai tahun 1991. Tetapi yang paling menarik adalah jalan rahasia yang menghubungkan Kastil dengan gua. Dan pernah menjadi jalan keluar ketika adanya pengepungan.

Pada 1400-an, versi Slovenia dari Robin Hood bernama Erazem Lueger menduduki Predjama. Tetapi negaranya berperang dengan Austria, dan musuh-musuhnya mencoba merebut kastil.

Karena dibangun setengah jalan di atas tebing, mereka tidak punya pilihan selain mencoba membuat Lueger kelaparan di dalam kastil. Tapi berkat lorong rahasia, rencana musuh pun tidak berhasil. Lueger bisa menyelinap keluar dan mendapatkan semua makanan yang dia butuhkan.

4. Seorang pria menggunakan jalan rahasia Sainte-Odile untuk mencuri buku

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhoatlasobscura.com

Mont Sainte-Odile adalah biara yang berdiri di atas gunung di Prancis sejak tahun 600-an. Suatu hari banyak buku yang menghilang dari perpustakaan biara. Buku ini berupa manuskrip. Para biarawan pun akhirnya mengganti kunci perpustakaan. Namun anehnya, masih ada barang dan buku yang terus-menerus hilang, mereka pun mengganti kunci lagi.

Akhirnya setelah dua tahun, mereka tahu siapa pelakunya, yakni seorang guru setempat yang berhasil menemukan jalan rahasia dari sebuah hotel yang dulunya adalah bagian dari biara, jalan rahasia itu lah yang menembus ke perpustakaan.

Atlas Obscura melaporkan bahwa pencuri itu berhasil mengambil lebih dari 1.000 buku dan menyimpannya dengan rapi di apartemennya. 

5. Kastil Dover memiliki banyak terowongan rahasia

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhotheguardian.com

Menurut English Heritage, beberapa terowongan di Kastil Dover awalnya dibangun sebagai barak untuk menampung tentara selama Perang Napoleon pada awal 1800-an, tetapi selama Perang Dunia II terowongan akhirnya resmi menjadi milik mereka.

Sejak tahun 1939, mereka memiliki pusat komando, tempat untuk mengarahkan operasi angkatan laut di Selat Inggris. Mereka bahkan mengatur evakuasi Dunkirk dari bawah tanah.

Terowongan itu diperluas secara diam-diam sampai mereka memiliki ruang untuk markas besar dan rumah sakit. Mereka membangun banyak terowongan baru sehingga beberapa di antaranya masih terus ditemukan. The Guardian menuliskan bahwa National Trust menemukan ratusan terowongan di tahun 2012 dan dibuka untuk umum tiga tahun kemudian. 

6. Patung Liberty memiliki jalan rahasia di lengannya

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhosmithsonianmag.com

Ada jalan rahasia menuju obor dari Patung Liberty, lho. National Geographic mengungkapkan bahwa lengan Patung Liberty yang terangkat itu menyimpan tangga setinggi 40 kaki yang bisa dipanjat.

AM New York menjelaskan bahwa pada tahun 1916, Amerika belum terlibat dalam Perang Dunia I, tapi memberikan bantuan kepada Prancis dan Inggris dengan menjual amunisi. Dan tindakan Amerika itu membuat marah orang-orang Jerman, dan akhirnya mereka mengirim beberapa mata-mata untuk melakukan sabotase.

Ketika mereka meledakkan sebuah dermaga, mereka membunuh beberapa orang, melukai ratusan orang, dan berhasil melempari Patung Liberty dengan batu. Yang akhirnya merusak lengan dan obornya sehingga tempat itu pun harus ditutup.

Meskipun kerusakan diperbaiki pada tahun 1984, jalan itu tidak pernah dibuka kembali, dan mahkota masih menjadi yang tertinggi yang bisa dituju pengunjung. 

7. Colosseum berdiri di atas terowongan dan lorong yang saling terhubung

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhoromancolosseum.org

Colosseum di Roma adalah amfiteater terbesar yang pernah dibangun oleh orang Romawi. Tempat itu bisa menampung 50.000 orang dan bahkan bisa menampung pertempuran epik yang melibatkan manusia, hewan, dan bahkan kapal.

Namun hingga 2010, 20.000 pengunjung harian hanya diizinkan untuk mengakses sedikit tempat itu. Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa Colosseum berada di atas terowongan dan lorong yang saling terhubung.

Terowongan itu yang menampung hewan dan gladiator yang menunggu untuk keluar dan bertarung. Hewan-hewan akan menunggu di sana sampai mereka dipaksa ke dalam kandang dan diderek melalui pintu jebakan ke dalam arena.

Gladiator akan mencoba untuk tetap tenang sambil menunggu giliran mereka untuk bertarung, mendengar sorakan puluhan ribu penonton yang datang melalui atap. Terowongan itu sempit dan juga bau karena aroma dari berbagai binatang dan manusia, dan terowongan itu juga panas karena diterangi oleh lilin.

8. Ada jalan rahasia di Gedung Putih menuju sebuah tempat perlindungan

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhoatlasobscura.com

Terowongan rahasia yang mengarah ke Gedung Putih dibangun pada tahun 1919 untuk menjaga karyawan Treasury dari perampokan ketika mereka membawa uang tunai. Tetapi pada tahun 1940-an, banyak yang mengkhawatirkan keselamatan presiden dan terowongan pun akhirnya diperluas.

Sekarang ini mengarah ke ruang bawah tanah Gedung Putih. Menurut Atlas Obscura, jika Washington dibom, Franklin Roosevelt dapat evakuasi melewati terowongan menuju gedung perbendaharaan, yakni tempat yang menyerupai kubah dan dibangun sebagai tempat perlindungan.

Asosiasi Sejarah Gedung Putih mengatakan bahwa saat ini terowongan dan ruangan masih ada dan secara teori masih bisa digunakan. Sampai sekitar akhir Perang Dingin, para presiden menghabiskan sebagian waktu mereka untuk memeriksa tempat perlindungan bom itu, agar mereka tahu ke mana harus pergi ketika nyawanya terancam. 

9. Koridor rahasia di galeri seni Florence

9 Landmark Terkenal Ini Ternyata Memiliki Jalan Rahasia, Lhovisituffizi.org

Ada satu galeri seni di Florence yang memiliki sisi rahasianya. Dan masyarakat umum tidak diizinkan masuk. Itu karena galeri ini sebenarnya berada di lorong rahasia, dan disebut Koridor Vasari yang menghubungkan Palazzo Vecchio ke Palazzo Pitti.

Menurut Museum Galeri Uffizi, koridor itu dibangun hanya dalam enam bulan pada tahun 1564. Awalnya, koridor itu dibangun untuk keluarga yang berkuasa pada saat itu, yakni keluarga Medici, dan siapa pun yang mereka anggap cukup penting, agar bisa terhubung ke tempat utama.

Orang-orang kaya yang melintasi koridor itu juga menambahkan koleksi potret diri mereka sendiri. Saat ini terdapat lebih dari 1.000 karya seni.

Jalan rahasia di sembilan tempat terkenal di atas memang bisa menjadi daya tarik sendiri, ya. Tapi sayangnya, ada beberapa jalan rahasia di atas yang ternyata masih belum bisa diakses publik.

Baca Juga: 9 Rahasia Paling Menarik tentang Gedung Putih di Amerika. Sudah Tahu?

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You