Lise Meitner, Penemu Fisi Nuklir yang Menentang Senjata Nuklir

Jasanya tak dianggap dan diabaikan teman penelitiannya

Fisikawan Austria, Lise Meitner bukan hanya bagian dari tim ilmiah yang menemukan fisi nuklir, dia juga vokal tentang potensi destruktif yang dimiliki reaksi tersebut dan sangat menentang senjata nuklir. Lalu bagaimana, ya, kisah hidupnya bisa sampai sejauh ini? Yuk, kita cari tahu bersama!

1. Prestasi Lise Meitner

Lise Meitner, Penemu Fisi Nuklir yang Menentang Senjata NuklirPotret Lise Meitner sekitar tahun 1906 di Wina dalam buku "Lise Meitner and the Dawn of the Nuclear Age". (commons.wikimedia.org/Master and Fellows of Churchill College, Cambridge, England)

Lahir 7 November 1878 di Wina, Austria, Meitner hanya belajar di rumah bersama ayahnya, karena anak perempuan tidak diizinkan bersekolah di sekolah umum setempat.

Namun, dia berhasil masuk Universitas Wina pada tahun 1901 setelah lulus ujian yang sulit, di mana dia menjadi perempuan pertama yang diterima di kuliah fisika dan laboratorium universitas. Dia juga menjadi perempuan kedua yang pernah mendapatkan gelar doktor dari universitas pada tahun 1906, sebagaimana yang diceritakan Atomic Heritage Foundation.

Meitner kemudian pindah ke Berlin, Jerman di mana dia menghadiri kuliah fisikawan Max Planck, yang terkenal karena penemuannya tentang kuantum aksi, yang mencetuskan teori kuantum.

2. Lise Meitner menjadi ilmuwan dan bekerja dengan ahli kimia Otto Hahn

Lise Meitner, Penemu Fisi Nuklir yang Menentang Senjata NuklirHahn dan Meitner di Institut Kimia Emil Fischer di Berlin, 1909. (commons.wikimedia.org/Unknown author)

Lise Meitner dipercaya untuk menjadi asisten Max Planck dan menjadi ilmuwan penelitian di Institut Kimia Berlin bersama dengan perempuan-perempuan lainnya, tetapi dia tidak diberi akses ke laboratorium institut tersebut.

Meitner bertemu ahli kimia Otto Hahn pada tahun 1907, dan keduanya bekerja bersama selama 30 tahun berikutnya. Mereka menemukan isotop protaktinium pada tahun 1917, dan Meitner berhasil memenangkan Medali Leibniz.

Otto Hahn akhirnya diangkat sebagai Direktur Administrasi Institut Kaiser Wilhelm untuk Kimia, sementara Meitner diangkat menjadi direktur Bagian Fisika institut tersebut selama lebih dari 20 tahun. Pada tahun 1926 ia menjadi profesor perempuan pertama di Jerman, seperti yang dilansir Scientific American.

3. Lise Meitner sering dinominasikan Hadiah Nobel

Lise Meitner, Penemu Fisi Nuklir yang Menentang Senjata NuklirPotret Niels Bohr, Werner Heisenberg, Wolfgang Pauli, Otto Stern, Lise Meitner, Rudolf Ladenburg dan fisikawan lainnya sekitar tahun 1937 pada kesempatan pertemuan dengan pemenang Nobel Price di Kopenhagen. (commons.wikimedia.org/Friedrich Hund)

Dari tahun 1924 hingga 1934, seperti yang dilaporkan oleh Jewish Women's Archive, Meitner dan Hahn dinominasikan untuk Hadiah Nobel Kimia selama 10 tahun berturut-turut. Pada tahun 1936 mereka dinominasikan untuk Hadiah Nobel Fisika oleh Max Planck dan lainnya, dan Meitner dinominasikan untuk Hadiah Fisika sebanyak tiga kali oleh Niels Bohr setelah Perang Dunia II.

Pada tahun 1938, Third Reich melarang ilmuwan terkenal untuk bepergian ke luar negeri, terutama ilmuwan Yahudi. Niels Bohr membuat rencana untuk menyelundupkan Meitner keluar dari Jerman dan menemaninya ke Belanda. Dia kemudian pergi ke Denmark dan Swedia, lalu ke institut fisikawan Manne Siegbann di Stockholm.