Comscore Tracker

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Dunia

Gak ada wifi, gak ada air, kamu sanggup gak kerja begitu?

Beberapa orang lebih suka menyendiri atau beberapa dari mereka memang lebih produktif ketika menyendiri. Biasanya orang seperti ini memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan kreativitas. Tapi ada pekerjaan lain yang benar-benar sunyi seperti bekerja di tempat tak bertuan. Biasanya pekerjaan seperti ini berada di luar peradaban dengan sedikit atau tanpa interaksi sosial sama sekali.

Beberapa orang mencari pekerjaan ini karena mereka suka sendirian, sementara yang lainnya mungkin ingin mencari pengalaman saja. Apa pun itu, ada beberapa pekerjaan di luar sana yang terisolasi dan jauh dari jangkauan sosial. 

1. Penjaga Yellowstone Canyon Village di musim dingin

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniacbsnews.com

Dilansir dari BBC, selama lebih dari 40 tahun, Stephen Fuller menjadi penjaga di Yellowstone Canyon Village selama musim dingin. Dia tinggal di taman Yellowstone sepanjang tahun, namun pekerjaannya mulai terasa sulit di saat musim dingin, karena salju yang turun di sana membuatnya terputus dari dunia luar. Sekitar bulan November, badai salju menghantam taman itu, menutup semua akses jalan terdekat sekitar 16 mil jauhnya.

Sebagai penjaga musim dingin, tugas utamanya adalah menjaga fasilitas di Desa Canyon yang memakan banyak waktu. Salah satu tugas Fuller adalah membersihkan ratusan pon salju dari atap semua bangunan. Fuller bekerja sejak 1973. Sekarang, dia terpisah dari istrinya, dan anak-anaknya menjalani kehidupan mereka sendiri di tempat lain. Jadi Fuller hanya seorang diri selama musim dingin.

2. Sipir di pulau The Calf of Man

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniaiompost.com

The Calf of Man adalah sebuah pulau kecil di lepas pantai Isle of Man di Inggris. Tempat ini merupakan rumah bagi observatorium burung, dan pertanian berskala kecil. Terisolasi dari dunia luar lainnya,  pulau itu hanya dapat dicapai dengan perahu, yang juga satu-satunya cara membawa pasokan ke pulau itu.

Menurut BBC, hanya ada satu atau dua sipir (penjaga kebun dan penjaga pengamatan burung) dari Calf of Man. Menurut Ian Lycett, yang pernah bekerja sendirian selama sembilan bulan, mengatakan kalau pekerjaan itu sangat cocok untuk orang yang mandiri.

Pulau ini juga masih belum memadai. Pasokan listrik masih menggunakan generator, sipir harus mengambil air sendiri, dan mereka hanya diizinkan mandi satu kali seminggu. Dan juga, ada lebih dari 40 spesies burung dan populasi besar anjing laut yang harus diawasi! Singkatnya, sipir harus berjuang untuk tinggal di sana. Meskipun demikian, pekerjaan tersebut mampu menarik 45 pelamar sejak tahun lalu.

3. Penghasil kalium sulfat di Utah

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniapixels.com

Di pantai barat Great Salt Lake di Utah, Todd Stimpon bekerja untuk memanen kalium sulfat. Kalium sulfat merupakan bahan utama dalam pembuatan sebagian besar pupuk. Zat ini memiliki keuntungan tambahan karena bebas dari klorida, yang ditemukan di sebagian besar sumber kalium lainnya. Stimpson berbagi pekerjaan ini dengan satu orang saja, dan mereka bergantian mengoperasikan fasilitas sepanjang tahunnya. 

Dilaporkan oleh Deseret News,  pekerjaan ini terbilang sangat berat. Mereka harus menjaga pompa yang tersebar di ribuan hektar kolam penguapan, memastikan agar semuanya dalam kondisi baik. Proses penguapan di kolam membutuhkan waktu tiga tahun untuk membuahkan hasil, di tahun pertama tugas mereka hanya mengamati dan melakukan pengukuran. Karena salinitas danau, salah satu tugas utamanya adalah membuang garam di pompa.

Fasilitas sehari-hari di sana terdiri dari rumah mobil yang jauh dari dunia luar, dan Stimpson menghabiskan waktunya tanpa kontak dengan manusia lain. Dia juga tidak diizinkan meninggalkan daerah itu sampai penggantinya tiba.

Baca Juga: 5 Tempat Paling Misterius di Dunia Selain Segitiga Bermuda, Hati-hati

4. Professional castaway di Pulau Bardsey

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniawalesonline.co.uk

Pulau Bardsey adalah pulau terpencil, sekitar 2 mil di lepas pantai Wales. Pulau ini adalah lokasi wisata populer selama musim semi dan musim panas, tapi selain musim itu, pulau tersebut benar-benar terisolasi. Dikutip dari rt.com, di sini ada pekerjaan bernama professional castaway yang bertugas sebagai penjaga pulau dan mengakomodasi para turis yang datang selama musim semi dan musim panas.

Saat memasuki musim dingin, tak ada turis yang datang, pekerjaan pun berubah: professional castaway sepenuhnya terisolasi selama enam bulan dalam setahun dan harus menjaga bangunan dan fasilitas di pulau itu.

5. Sirius Dog Patrol di Greenland

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniabbc.co.uk

Sirius Dog Patrol mungkin merupakan pekerjaan paling sulit di dunia. Pekerjaan ini bertugas untuk memantau 60.000 mil persegi di tanah es menggunakan kereta luncur yang ditarik anjing.

Greenland dikendalikan oleh Denmark, dan wilayah ini sangat berharga karena memiliki beberapa cadangan minyak terbesar di dunia. Jadi untuk menjaganya, Denmark merekrut Sirius Dog Patrol untuk melindungi kedaulatannya.

Patroli itu terdiri dari dua belas pria dari Angkatan Laut Kerajaan Denmark yang berpisah untuk membentuk tim beranggotakan enam orang, dan mereka bertanggung jawab penuh atas area ini, yang tiga kali lebih besar dari ukuran Denmark itu sendiri.

Dari bulan Agustus, patroli akan menghabiskan enam bulan ke depan, di mana dua bulan diantaranya akan berada dalam kegelapan yang hampir sempurna, jadi Matahari tidak bersinar di wilayah itu. Suhu rata-rata adalah 14 ° F dengan suhu terendah yang tercatat –67 ° F. Ada 14 anjing untuk setiap tim.

6. Juru kunci di Pulau Gabo

https://www.youtube.com/embed/01YnsLFJojw

Pulau Gabo adalah salah satu tempat di mana mercusuar masih tetap berfungsi dengan baik. Pulau Gabo berada di lepas pantai Australia dan dikelilingi oleh perairan berombak yang berbahaya. Selama dekade terakhir, Leo Op Den Brouw, seorang mantan tukang ledeng, menjadi juru kunci di tempat itu. Op Den Brouw biasanya sendirian di pulau itu dan hanya bisa melihat 30.000 penguin di sana. Menurut Op Den Brouw, ketika dia merasa tidak nyaman, dia menikmati pemandangan di pulau itu. 

Op Den Brouw biasanya bertugas melakukan pemeliharaan standar dan berusaha menemukan kegiatan untuk mencegah kebosanannya. Tugasnya itu mengawasi laporan cuaca, menjaga landasan udara pulau dan tiga tempat tinggal, mengawasi pasokan listrik, dan memotong rumput pulau.

Jika kamu berpikir semua tugas ini membuatnya sangat sibuk, kamu salah. Dia masih punya cukup waktu untuk membaca buku The Lord of the Rings berulang-ulang dan mengukir patung kayu apung. 

7. Fire lookout di Hutan Nasional Gila

https://www.youtube.com/embed/9uzC01Jd1Z8

Gila National Forest (Hutan Nasional Gila) terletak di hutan belantara New Mexico yang terpencil. Dimusim panas, area tersebut rentan terhadap kebakaran hutan, yang sulit untuk dipadamkan. Maka dipekerjakanlah seseorang untuk mengamati hutan ini.

Philip Connors sudah bekerja selama lebih dari satu dekade di hutan ini. Yang mengejutkan, dia adalah mantan editor untuk Wall Street Journal. Connors berhenti dari pekerjaannya setelah tragedi 9/11 dan pergi ke New Mexico, di mana ia mendapatkan pekerjaan yang sekarang. 

Bekerja sebagai Fire lookout itu menghabiskan banyak waktu sendirian untuk jangka waktu yang lama, yang hanya cocok untuk tipe orang tertentu — yaitu, penyendiri. Dilansir dari Guardian, satu-satunya tugas Connors adalah mengamati asap agar tak terjadi kebakaran di atas menara 45 kaki (yang tingginya 10.000 kaki di atas permukaan laut) menggunakan teropong.

Connors memiliki banyak downtime, yang ia habiskan dengan pergi hiking dan kegiatan outdoor lainnya, atau mungkin membaca dan menulis. Dia juga harus memperbaiki kabinnya setiap kali dia kembali di musim panas, karena hampir tidak dihuni selama tujuh hingga delapan bulan dalam setahun.

8. Penjaga mercusuar di Pulau Seguin

Sangat Menantang, Ini 10 Pekerjaan Terisolasi di Duniaflickr.com

Di Pulau Seguin terdapat mercusuar tertinggi dan tertua di Maine, dan dikelola oleh pasangan bernama Mitchell Thorpe dan Patty Sullivan. Satu-satunya jalan di luar pulau adalah menggunakan kapal feri yang dioperasikan oleh penduduk setempat, yang membutuhkan waktu hampir 30 menit untuk sampai ke daratan Pantai Popham. 

Menurut ABC News, pasangan ini harus melakukan perjalanan mingguan ke pulau tersebut untuk melakukan tugas-tugas dasar seperti binatu, belanja bahan makanan, dan bahkan untuk membuang sampah. Tidak ada Wi-Fi di pulau itu selain hotspot yang tidak stabil, dan semua air di pulau itu tidak dapat diminum, jadi mereka harus pergi ke daratan untuk mendapatkan air keran yang cukup untuk bertahan selama sisa minggu tersebut.

9. Ranger di Kepulauan Farne

https://www.youtube.com/embed/xvtWS9yCwAo

Kepulauan Farne adalah beberapa pulau-pulau paling terisolasi di Inggris, jadi penjaga hutannya harus tangguh jika hidup di sana. Dilansir dari The Journal, David Steele, yang bekerja di pulau-pulau itu selama lebih dari satu dekade, mengatakan kondisi terparah di sana adalah ketika badai, ia terputus dari dunia luar selama 17 hari.

Setelah empat hari, dia sudah kehabisan buah dan sayuran. Pada hari berikutnya, dia kehabisan susu, dan sehari setelah itu, roti. Selama sisa waktu itu, ia terpaksa mengonsumsi beberapa persediaan makanan kaleng.

Tidak sampai tahun 2013, kondisi agak membaik bagi 11 sipir di pulau-pulau itu, mereka ditugaskan menanam sayuran segar untuk pertama kalinya sejak tahun 1909. Sipir menghabiskan sembilan bulan dalam setahun di pulau yang jauh dari semua peradaban. Polisi hutan bertanggung jawab atas populasi terbesar di pulau Farne, yakni puffin dan anjing laut.

Pulau ini adalah rumah bagi salah satu koloni anjing laut terbesar di dunia dan juga ribuan puffin. Meskipun sekitar 50.000 wisatawan melewati pulau itu setiap tahunnya, penjaga hutan selalu menghabiskan sebagian besar waktunya dalam kesunyian.

10. Peneliti di Stasiun Penelitian Concordia

https://www.youtube.com/embed/GbpMa5cXjp8

Stasiun Penelitian Concordia terletak di tengah Antartika. Concordia sangat terisolasi. Di tempat ini, beberapa peneliti melakukan proyek untuk mempelajari wilayah tersebut. Kondisinya sangat sengit: suhu dapat berkisar hingga –112 ° F hingga –148 ° F.

Dilansir dari BBC, pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, Concordia bisa berada dalam kegelapan total hingga tiga bulan lamanya, dan berada di ketinggian 3.800 meter di atas permukaan laut, yang tentunya membuat manusia sulit untuk bernapas. Biasanya hanya ada 13 orang yang bekerja di tempat itu. Bahkan pangkalan mereka setidaknya berjarak 700 mil jauhnya dari pangkalan lain di semua arah.

Wah, memang para pekerja di atas itu penyendiri sejati, ya. Sudah begitu, jiwa mereka juga tangguh. Kalau kamu ditawarkan salah satu profesi di atas, kira-kira kamu mau gak ya? 

Baca Juga: Bermanfaat, Ini 7 Penemuan Penting yang Diciptakan Bangsa Romawi Pt. 1

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You