Comscore Tracker

7 Penemuan Brilian yang Membuat Kita Melongo Tak Percaya

Kamu pasti ingin memiliki salah satunya

Dunia ini penuh dengan penemu brilian dan inovasi yang mampu mengubah dunia. Tetapi untuk setiap penemuan yang mengubah cara manusia hidup, bekerja, dan bermain, ada satu lagi yang tampaknya sangat tidak berguna namun membuat siapa saja melihatnya takjub.

Inovasi yang membingungkan ini ada karena potensinya yang mampu membuat kita melongo dan menggelengkan kepala tidak percaya. Pokoknya mirip seperti sihir. Wah, penemuan apa saja ya itu? Perhatikan videonya baik-baik, deh!

1. Vantablack

https://www.youtube.com/embed/RViG0xcZ9Kc

Menurut phys.org, Vantablack adalah material paling gelap di dunia. Penciptanya mengklaim bahwa alat ini mampu menyerap 99,96 persen sinar ultraviolet, cahaya tampak, dan inframerah. Mereka juga mengatakan tidak ada alat apa pun yang mampu mengukur dengan tepat berapa banyak cahaya yang tersedot ke dalam versi terbaru dari pusaran Vantablack tersebut. Versi selanjutnya diharapkan bisa menyerap semua cahaya di alam semesta. Duh, kok ngeri!

Vantablack sebenarnya bukan cat,melainkan lapisan khusus yang terbuat dari nanotube karbon yang masing-masing sekitar 3,500 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia. Dan ada sekitar satu miliar dari mereka pada setiap sentimeter persegi lubang hitam portabel yang kamu lihat dalam video di atas. Setiap cahaya yang masuk akan terjebak di antara nanotube, di mana itu tidak bisa dilihat, sehingga mirip seperti sihir.

2. Dino Sphere

https://www.youtube.com/embed/I2NibzvphKk

Dilansir dari Biopop, dengan harga di bawah 60 US dolar, kamu bisa memiliki Dino Sphere, yang ditenagai bukan dengan kabel atau baterai tetapi oleh makhluk laut kecil yang hidup di dalamnya.

Disebut dinoflagellata, plankton laut ini menggunakan proses yang sama yang digunakan oleh kunang-kunang dan beberapa spesies ubur-ubur. Untuk membuat bola bekerja, seseorang cukup menuangkan dinoflagellata, memaparkannya pada "pencahayaan sedang" selama 8 hingga 14 jam sehari, dan memberi mereka makan setiap minggu. Dino Sphere akan menyala selama satu hingga tiga bulan.

3. Ferrofluida

https://www.youtube.com/embed/5APHa7vscoI

Ferrofluida ditemukan oleh NASA. Para ilmuwan Nasa awalnya sedang mencari cara untuk mengontrol cairan di luar angkasa, sehingga mereka menciptakan ferrofluid, media cair yang mengandung partikel kecil dari padatan magnetik.

Ferrofluida mempersenjatai diri dengan lonjakan logam setiap kali bertemu dengan medan magnet. Dan baru-baru ini ferrofluida berguna dalam sejumlah aplikasi biomedis dan mekanik.

Baca Juga: 10 Penemuan Zaman Dahulu yang Masih Menyisakan Misteri Hingga Kini

4. Gomboc

https://www.youtube.com/embed/QgERGWABbJA

Gomboc sebenarnya hasil dari penelitian dan eksperimen selama 10 tahun lamanya dan memiliki perbedaan yang mengesankan sebagai objek yang membuktikan teori matematika.

Menurut Wired, teori Gomboc memungkinkan objek mono-monostatik. Apa itu objek mono-monostatik? Yakni rangka dengan posisi stabil tunggal dan titik keseimbangan tidak stabil tunggal. Jadi, ketika Gomboc ditempatkan di sisi lain selain posisi istirahat yang stabil, ia melakukan sedikit tarian dan kemudian hak itu sendiri.

5. Robot ubin berjalan

https://www.youtube.com/embed/UWNz5icl6Kg

Ubin robot berjalan ini menggunakan sensor ultrasonik untuk menebak arah langkah seseorang, bisa mengubah arah mengikuti jejak kaki yang dituju. Blok dibuat dari kain konduktif yang peka sentuhan, dan disebut Kuralon EC, yang dapat mendeteksi sedikit perubahan tekanan pada telapak kaki pengguna. Informasi itu dikirim ke komputer, yang mengubah posisi ubin ketika pejalan kaki mengambil langkah.

6. Pasir hidrofobik

https://www.youtube.com/embed/-1xpONIYaeQ

Seperti di video, pasir ini tidak bisa basah. Pasir itu terlihat aneh ketika terendam di air, alih-alih menyebar ke dalam air seperti pasir biasa, pasir itu justru malah menggumpal. Pasir hidrofobik ini mengandung zat yang disebut "uap trimethylsilanol." Lapisan itulah yang menahan air, bukan pasir itu sendiri. Pasir yang telah diberikan uap trimethylsilanol tidak bisa basah.

7. WikiCells

https://www.youtube.com/embed/zzLp4N_OLcQ

Para ilmuwan menciptakan pembungkus makanan yang dapat dimakan, ia bernama WikiCells, kulit (pembungkus) ini terbuat dari partikel kecil makanan seperti buah, kacang, atau cokelat yang ditambah beberapa hal seperti kitosan atau alginat.

Menurut Business Insider, Chitosan "berasal dari tubuh", sementara alginat berasal dari alga. Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat gel elektrostatik tahan air, yang melindungi produk apa pun itu. Dan lapisan keduanya terbuat dari isomalt yang dapat dimakan juga.

Wah, menakjubkan juga, ya! Dari tujuh penemuan di atas, mana nih yang membuatmu kagum?

Baca Juga: 7 Penemuan Bangsa Mesopotamia yang Mengubah Dunia, Sangat Berguna!

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You