Comscore Tracker

Punya Kekuatan yang Mumpuni, Ini Burung Paling Berbahaya

Yah.. Mereka gak suka diganggu sih

Mungkin dari paman atau ayah kita memelihara burung atau bahkan menjadi pecinta burung. Itu karena burung adalah hewan yang sangat menyenangkan. Beberapa di antara mereka memilimi suara yang indah dan bahkan bisa bernyanyi, begitupun dengan bulu indahnya dan bahkan ada yang dapat berbicara.

Namun, ada burung yang memiliki empat inci cakar dan berat lebih dari 70 kg, itulah mengapa beberapa dari mereka cukup mengerikan dan berbahaya bagi manusia. Lalu apa sih burung paling berbahaya bagi manusia? Ayo, kita cari tahu! 

1. Kasuari menjadi "burung paling berbahaya di dunia" oleh Guinness World Records

Punya Kekuatan yang Mumpuni, Ini Burung Paling Berbahayasandiegozoo.org

Mari kita kenalan dengan Kasuari, yang dianggap oleh Guinness World Records sebagai "burung paling berbahaya di dunia." Kasuari terkait erat dengan burung peneror yang dianggap punah. Mereka terberat kedua setelah burung unta, dan meskipun burung unta juga bisa berbahaya, kasuari jauh lebih berbahaya. 

Menurut CBS News, kasuari di Florida membunuh pemiliknya sendiri pada bulan April 2019. Mengapa? Karena lelaki itu terjatuh di hadapannya. Ya, bagi kasuari, jatuh adalah modal utama baginya untuk menyerang. 

2. Cara Kasuari membunuh korbannya

Punya Kekuatan yang Mumpuni, Ini Burung Paling Berbahayacarolinabirds.org

Kasuari membunuh dengan kakinya, dan itulah kekuatan terbesarnya. Ia juga menggunakan kakinya untuk berlari dengan kecepatan hingga 31 mil per jam dan melompat sejauh tujuh kaki ke udara.

Caranya membunuh adalah dengan menendang kakinya ke depan dan ke bawah pada korbannya. Kemudian, ia juga bisa melompat di atas orang itu, lalu menusuk atau mematuk. Kebanyakan cedera yang dialami korban adalah laserasi, luka tusuk, atau patah tulang. 

Baca Juga: 10 Fakta Menakjubkan dari Keindahan Burung Kasuari, Mirip Dinosaurus!

3. Keberadaan Kasuari

Punya Kekuatan yang Mumpuni, Ini Burung Paling Berbahayawildlifeworldwide.com

Berita baiknya adalah kita tidak akan menemukan kasuari kecuali jika kita mengunjungi Papua atau Australia. Di New Guinea, burung-burung terkadang diburu sebagai makanan, sehingga burung-burung itu secara alami dapat melihat manusia sebagai ancaman. Atau mungkin mereka hanya sadis dan agak suka menyerang manusia.  

4. Apa yang membuat Kasuari marah?

Punya Kekuatan yang Mumpuni, Ini Burung Paling Berbahayahiveminer.com

Menurut Scientific American, Kasuari terkenal karena suka menyerang orang-orang yang terlalu dekat dengan sarang mereka, anak-anaknya, atau tempat mereka mencari makan. Mereka juga bisa dibilang burung yang sinis, karena mereka juga bisa menyerang orang-orang yang sedang melewatinya, atau orang-orang yang tidak memberi mereka makanan.

Sejujurnya, Kasuari secara naluri tetap waspada terhadap manusia dan tidak akan menyerang kecuali diprovokasi. Tetapi untuk berjaga-jaga, seseorang sebaiknya menjaga jarak sejauh mungkin. 

Ya, namanya binatang itu beda-beda ya perilakunya. Seperti kucing yang bisa dipelihara namun jenis kucing besar seperti harimau, kan tidak mungkin dipelihara. Begitu pula dengan burung, tak terkecuali Kasuari. 

Sumber:

https://www.nationalgeographic.com/magazine/2013/09/cassowaries/

https://www.guinnessworldrecords.com/news/2019/4/why-the-cassowary-is-the-worlds-most-dangerous-bird-568931/ 

https://www.audubon.org/news/terror-bird-vs-modern-bird

https://www.cbsnews.com/news/cassowary-attack-worlds-most-dangerous-bird-kills-its-florida-owner/ 

https://blogs.scientificamerican.com/tetrapod-zoology/how-dangerous-are-cassowaries-really/

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Argentavis, Burung Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You