Comscore Tracker

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!

Salah satunya ada yang mengandung zat sianida

Hamster dikenal oleh banyak orang sebagai hewan yang hobi makan kuaci. Namun, bukan berarti hanya itu makanan utamanya. Tentu, menu mereka harus diselingi dengan biji-bijian atau sayur-sayuran lainnya.

Akan tetapi, tidak semua makanan dapat dijadikan sebagai pakan untuk hamster. Sebab, dalam setiap makanan terdapat berbagai macam kandungan dan salah satunya dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Lalu apa saja makanan yang tidak boleh diberikan pada hewan imut ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kacang almon pahit

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi kacang almond pahit (pexels.com/Leonardo Vazque)

Perlu kamu ketahui bahwa kacang almon pahit mengandung sedikit zat sianida. Walaupun jumlahnya sedikit, zat tersebut termasuk racun bagi hamster sehingga harus dihindari.

Jika almon pahit mengandung sianida, bolehkah kita memberikan almon manis pada hamster? Menurut laporan Department of Agriculture di Amerika Serikat, sekantung kacang almon manis mengandung 1 persen kandungan zat almon pahit. Artinya 1 persen itu dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan bagi hamster. 

Bukan hanya itu, almon juga mengandung lemak yang terlalu tinggi dalam standar kebutuhan hamster. Dilansir Petkeen, hal ini berisiko membuat mereka mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Kacang tanah

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi kacang tanah (pexels.com/Michael Mekson)

Kacang tanah ternyata juga memiliki kandungan yang berbahaya bagi hamster. Zat tersebut adalah aflatoksin yang biasa dibawa oleh dua jenis jamur, yaitu Aspergillus parasiticus dan Aspergillus flavus.

Walau tidak semua kacang mengandung zat tersebut, ada baiknya untuk berjaga-jaga karena zat itu bisa membunuh hamster. Sepotong kecil kacang tanah dapat berakibat buruk bagi kesehatan hamster jika mengandung zat tersebut.

Mengutip Petkeen, kacang merah juga tidak baik untuk pencernaan mereka karena tidak dapat dicerna. Makanan tersebut akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut mereka kembung.

3. Kentang

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi orang memotong kentang (pexels.com/Daisy Anderson)

Kenapa kentang tidak boleh diberikan kepada hamster? Karena kentang mengandung asam oksalat dan arsenik yang berasal dari akarnya. Dilansir Hamstergreek, kentang juga mengandung zat tepung yang menyebabkan hamster terserang diare. Apabila diarenya cukup parah akan menyebabkan dehidrasi. 

Mengutip Hamster101, dehidrasi yang berlebihan dapat membunuh mereka. Berikut ini tanda-tandanya: 

  • Mata terlihat cekung
  • Tampak lemah
  • Bergerak lamban
  • Tidak mau makanan. 

Kondisi di atas mengindikasikan bahwa mereka mengalami gejala dehidrasi yang serius. Kamu juga bisa melihat gejala lainnya dengan cara mencubit atau menyentuh kulitnya. Setelah itu kamu akan mengetahui jika hamster kehilangan elastisitas pada kulitnya atau tidak. 

Baca Juga: 5 Perlakuan Manusia pada Kucing yang Sering Dibenci Kucing, Yuk Sadar!

4. Biji apel

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi biji apel (pexels.com /Laker)

Seperti yang dijelaskan pada laman Hamstergeek, biji apel mengandung asam sianogenik yang berbahaya bagi hamster. Selain biji apel, terdapat biji lainnya yang mengandung mengandung asam sianogenik seperti: 

  • Biji pir
  • Biji ceri
  • Aprikot
  • Ekstrak biji anggur. 

Oleh karena itu, sebaiknya teliti terlebih dahulu kandungan dalam makanan sebelum diberikan kepada hamster. 

5. Produk susu

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi keju (pexels.com/Nastya Sensei)

Dilansir dari laman Petkeen, selain susu induknya, hamster tidak dapat menerima jenis susu lain. Kemampuan mereka untuk mencerna produk tersebut setara dengan mencerna daging. Mereka tidak memiliki enzim untuk memecahnya dengan baik, dan hal itu menyebabkan saluran pencernaan mereka tersumbat.

Banyak masalah serius yang akan muncul jika kamu memberikan susu kepada hamster. Untuk mencegah hal itu terjadi, hindari produk seperti:

  • Krim keju
  • Pondok keju
  • Yoghurt
  • Keju
  • Kefir
  • Susu
  • Krim asam. 

6. Cokelat

6 Makanan yang Harus Dihindari Hamster, Jangan Salah Pilih!ilustrasi segenggam cokelat (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kenapa cokelat tidak boleh diberikan kepada hamter? Ini karena cokelat mengandung theobromine, terutama dark chocolate. Dilansir Hamstergreek, zat tersebut dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan pada testis hamster jantan.

Cokelat juga mengandung kafein yang memengaruhi sistem saraf pusat hewan serta meningkatkan detak jantung. Hal ini berisiko menyebabkan stres hingga bahkan kematian. Cokelat juga sangat beracun bagi hamster yang belum lahir karena zat tersebut dapat melewati plasenta dan bahkan bisa masuk ke dalam ASI induknya. 

Ternyata ada cukup banyak jenis makanan yang tidak boleh diberikan kepada hamster. Sebagai pemilik yang baik, kamu harus memahami hal ini agar hewan peliharaanmu itu tidak keracunan. Catat baik-baik, ya!

Baca Juga: 6 Tanda-Tanda Kucing Mau Melahirkan yang Wajib Diketahui

Derinda Astri Photo Verified Writer Derinda Astri

Jual hamster Bergas Ungaran Kabupaten Semarang Instagram @dekyrahamster030721

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya