Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjang

Bentuknya mirip namun memiliki keunikan masing-masing

Apa kamu masih ingat dengan film The Land Before Time? Karakter utama dalam seri kartun dinosaurus ini adalah anak dari Apatosaurus atau lebih dikenal dengan sebutan Brontosaurus.

Mereka sekilas tampak seperti jerapah karena lehernya yang panjang dan pemakan tumbuhan (herbivor). Selain Apatosaurus, sebenarnya masih terdapat dinosaurus leher panjang lainnya yang harus kamu ketahui.

Untuk itu, simak lima contoh dinosaurus leher panjang lainnya di bawah ini!

1. Argentinosaurus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Argentinosaurus(quora.com)

Dilansir Science Trends, Argentinosaurus dapat dikatakan sebagai hewan darat terpanjang dan terberat yang pernah hidup di bumi. Mereka diperkirakan memiliki berat antara 66 sampai 97 ton dan panjang sekitar 30 sampai 35 meter. Padahal makhluk itu menetas dari telur yang kelihatannya sangat kecil, yaitu sebesar bola sepak.

Dinosaurus ini banyak ditemukan di Argentina sehingga diberi nama Argentinosaurus. Diperkirakan, mereka hidup pada periode Kapur akhir atau sekitar 97 hingga 93,5 juta tahun yang lalu.

2. Dreadnoughtus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Dreadnoughtus (Dok. Jennifer Hall via livescience.com)

Dilansir Kids-Dinosaurs, para ilmuwan mengatakan bahwa Dreadnoughtus adalah salah satu hewan darat terbesar yang pernah berjalan di bumi. Panjang kepala dan lehernya sekitar 12,2 meter, sementara panjangnya dari ujung ke ujung adalah 26 meter.

Selain itu, dilansir Drexel, dinosaurus ini emiliki ekor sepanjang 9 meter dan memiliki leher dengan diameter lebih dari 1 meter. Hampir semua tulang kedua kaki depan dan belakang termasuk tulang paha Dreadnoughtus berukuran lebih dari1,8 meter.

Dreadnoughtus schrani memiliki berat sekitar 65 ton. Mereka mengalahkan Elaltitan yang memegang gelar dinosaurus terberat, yaitu 47 ton, berdasarkan penelitian terbaru.