Comscore Tracker

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjang

Bentuknya mirip namun memiliki keunikan masing-masing

Apa kamu masih ingat dengan film The Land Before Time? Karakter utama dalam seri kartun dinosaurus ini adalah anak dari Apatosaurus atau lebih dikenal dengan sebutan Brontosaurus.

Mereka sekilas tampak seperti jerapah karena lehernya yang panjang dan pemakan tumbuhan (herbivor). Selain Apatosaurus, sebenarnya masih terdapat dinosaurus leher panjang lainnya yang harus kamu ketahui. 

Untuk itu, simak lima contoh dinosaurus leher panjang lainnya di bawah ini!

1. Argentinosaurus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Argentinosaurus(quora.com)

Dilansir Science Trends, Argentinosaurus dapat dikatakan sebagai hewan darat terpanjang dan terberat yang pernah hidup di bumi. Mereka diperkirakan memiliki berat antara 66 sampai 97 ton dan panjang sekitar 30 sampai 35 meter. Padahal makhluk itu menetas dari telur yang kelihatannya sangat kecil, yaitu sebesar bola sepak.

Dinosaurus ini banyak ditemukan di Argentina sehingga diberi nama Argentinosaurus. Diperkirakan, mereka hidup pada periode Kapur akhir atau sekitar 97 hingga 93,5 juta tahun yang lalu.

2. Dreadnoughtus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Dreadnoughtus (Dok. Jennifer Hall via livescience.com)

Dilansir Kids-Dinosaurs, para ilmuwan mengatakan bahwa Dreadnoughtus adalah salah satu hewan darat terbesar yang pernah berjalan di bumi. Panjang kepala dan lehernya sekitar 12,2 meter, sementara panjangnya dari ujung ke ujung adalah 26 meter.

Selain itu, dilansir Drexel, dinosaurus ini emiliki ekor sepanjang 9 meter dan memiliki leher dengan diameter lebih dari 1 meter. Hampir semua tulang kedua kaki depan dan belakang termasuk tulang paha Dreadnoughtus berukuran lebih dari1,8 meter.

Dreadnoughtus schrani memiliki berat sekitar 65 ton. Mereka mengalahkan Elaltitan yang memegang gelar dinosaurus terberat, yaitu 47 ton, berdasarkan penelitian terbaru.

Baca Juga: 10 Dinosaurus Ini Ternyata Ukurannya Kecil, Gak Sesuai Ekspektasi

3. Diplodocus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Diplodocus(iknowdino.com)

Dilansir Sciencing, Diplodocus pertama kali ditemukan di Amerika Utara pada tahun 1877. Mereka diperkirakan hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu selama periode Jurassic akhir. Diplodocus memiliki empat kaki besar yang kokoh untuk menopang lehernya yang panjang dan ekornya yang seperti cambuk. Panjangnya sekitar 30 meter dan beratnya sekitar 16 ton. 

4. Brachiosaurus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Brachiosaurus(wildrepublic.com)

Dilansir Enchanted Learning, Brachiosaurus adalah salah satu dinosaurus tertinggi dan terbesar yang pernah ditemukan. Mereka memiliki leher yang panjang, berkepala kecil, dan ekor yang relatif pendek dan tebal. 

Selain itu, Brachiosaurus tidak seperti kebanyakan dinosaurus lainnya. Kaki depannya lebih panjang daripada kaki belakangnya sehingga mirip jerapah. Tingginya bisa mencapai 16 meter.

Panjangnya sekitar 26 meter dan beratnya sekitar 33 sampai 88 ton. Dinosaurus ini memiliki cakar pada jari pertama dari setiap kaki depannya dan cakar pada tiga jari pertama dari setiap kaki belakang.

5. Camarasaurus

Selain Brontosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Memiliki Leher Panjangilustrasi Camarasaurus(prehistoric-wildlife.com)

Dilansir Britannica, Camarasaurus adalah sekelompok dinosaurus yang hidup selama periode Jurassic akhir (161 juta hingga 146 juta tahun yang lalu). Fosilnya ditemukan di Amerika Utara. Camarasaurus adalah salah satu  dinosaurus leher panjang yang paling sering ditemukan dari semua sisa-sisa sauropoda.

Camarasaurus tumbuh hingga 18 meter dan agak lebih kecil dari sauropoda lainnya seperti Diplodocus dan Brachiosaurus. Mereka dapat dibedakan dari leher dan ekornya yang lebih pendek, tengkorak yang lebih pendek, serta gigi berbentuk seperti sendok besar. 

Itulah lima dinosaurus berleher panjang yang dapat kamu ketahui. Menurutmu manakah yang paling unik?

Baca Juga: Selain Pterosaurus, Ini 5 Dinosaurus yang Dapat Terbang

Derinda Astri Photo Verified Writer Derinda Astri

"Harapanmu akan terwujud jika kamu tidak mudah menyerah dan selalu berusaha. Usir rasa malasmu dan terus berkarya tanpa membuang waktu dengan sia-sia" IG: derindaastri YT:Derindavaz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya