Comscore Tracker

Keren! Fenomena Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi Malam Akhir Pekan Ini

Hujan meteor Perseid "mengguyur" bumi

Bagi kalian penikmat keindahan alam, jangan sampai melewatkan kejadian hujan meteor yang akan terjadi pekan ini. Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Femonena alam ini akan kembali menyambangi bumi, kali ini hujan meteor Perseid dapat disaksikan pada 11-12 Agustus 2018 malam.

Peristiwa tersebut terjadi setiap tahun antara 17 Juli dan 24 Agustus. Ini merupakan fenomena hujan meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle. Dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

1. Nantinya, diprediksi akan ada sekitar 60-70 meteor per jam yang akan melesat di langit malam

Keren! Fenomena Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi Malam Akhir Pekan Ininationalgeographic.com

Angka ini lebih sedikit dibandingkan 150-200 meteor per jam yang dapat dilihat di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, selalu ada kemungkinan bahwa cuaca buruk seperti kabut atau hujan akan menciptakan kondisi langit yang kurang baik. Pastikan sebelum mengamatinya, untuk memeriksa ramalan cuaca lokal jika ingin menyaksikan peristiwa tersebut.

2. Kabarnya bagian bumi utara akan memiliki pandangan terbaik hujan meteor Perseid

Keren! Fenomena Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi Malam Akhir Pekan Inithescottishsun.co.uk

Pasalnya meteor akan tampak memancar keluar dari konstelasi Perseus di langit timur laut. Namun, pengamat di belahan Bumi Tengah-Selatan masih akan memiliki kesempatan melihat beberapa bintang jatuh jika mereka melihat ke arah cakrawala timur laut

Baca Juga: 14 Foto Menakjubkan Jupiter dari Kapal Luar Angkasa Juno Milik NASA

3. Cara terbaik menyaksikan hujan meteor Perseid adalah berada di atas bangunan tinggi dengan sedikit cahaya

Keren! Fenomena Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi Malam Akhir Pekan Ininewsweek.com

Hal ini untuk mendapatkan fokus pada pandangan langit. Dalam hal ini, tidak diperlukan peralatan khusus untuk menyaksikannya, hanya kesabaran.

Kemudian, waktu terbaik untuk menonton hujan meteor tersebut adalah pukul 3-5 pagi ketika bulan telah terbenam.

4. Kamu juga dapat sekaligus menyaksikan empat planet yang nampak di langit

Keren! Fenomena Hujan Meteor Akan Sambangi Bumi Malam Akhir Pekan Ininj.com

Terakhir, selain dapat menyaksikan hujan meteor Perseid, terdapat juga empat planet yang terlihat di langit pada malam puncak, yakni Venus, Jupiter, Saturnus dan Mars. Wah, momen langka nih, guys!

https://www.youtube.com/embed/rgAzMwlPYWo

Itulah fenomena indah yang akan terjadi di malam akhir pekan ini. Semoga kita semua selalu diberikan keselamatan dan keamanan ya dari fenomena-fenomena antariksa yang terjadi. Jadi, silahkan menunggu dan menikmati suguhan pemandangan indah hujan meteornya!

Baca Juga: 6 Meteorit Paling Besar yang Pernah Ditemukan di Bumi

Ansyari Hidayat Photo Writer Ansyari Hidayat

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya