Comscore Tracker

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!

Bunglon punya air liur yang super lengket!

Bunglon adalah salah satu hewan di semesta ini yang bisa berubah warna kulitnya. Sebenarnya perubahan warna kulit tersebut dilakukan bunglon sebagai bentuk perlindungan diri jika merasa terancam dari serangan musuh.

Selain itu perubahan warna kulit tersebut juga merupakan reaksi alamiah bahwa bunglon sedang mengalami perubahan suhu. Alhasil, karena keunikannya yang bisa berubah warna kulit itu, bunglon pun disebut-sebut sebagai hewan dari kelompok kadal yang paling berwarna-warni di dunia.

Lalu apa saja sih fakta unik dari satwa yang satu ini? Mengacu beberapa sumber terkait, berikut ini fakta unik Bunglon yang harus kamu tahu.

1. Kedua mata bunglon dapat bergerak ke dua arah berbeda dalam satu waktu

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!Unsplash.com/Pierre Bamin

Ini adalah salah satu fakta menakjubkan dari seekor bunglon. Kedua matanya dapat bergerak ke arah berbeda dalam satu waktu.

Melansir mentalfloss.com, dengan kemampuan mata bunglon yang dapat bergerak cepat seperti itu membuat hewan ini bisa memindai sebagian besar daerah di sekelilingnya tanpa perlu menggerakkan kepala.

Sebagai contoh, jika sebelah mata bunglon tengah melihat ke atas dan ke kiri, maka secara bersamaan mata yang satunya lagi tengah melihat ke arah bawah dan kanan. Ini benar-benar menakjubkan.

2. Ekor bunglon tak bisa tumbuh kembali ketika sudah dipotong

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!Unsplash.com/Sirma Krusteva

Ternyata ekor bunglon tak dapat kembali tumbuh jika sudah dipotong oleh predator yang menyerangnya. Ini berbeda dengan hewan seperti cecak yang dapat memperoleh ekor baru jika terputus saat diserang mangsa. Artinya ekor bunglon akan putus secara otomatis dan tidak bisa lagi tumbuh. Adapun kebanyakan spesies bunglon memiliki bentuk ekor yang panjang.

Baca Juga: Bukan Cuma Bunglon, 8 Hewan ini Juga Bisa Mengubah Warna Kulitnya

3. Ludah bunglon 400 kali lebih lengket daripada ludah manusia

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!Pixabay.com/kolibri5

Air liur yang dihasilkan bunglon ternyata super lengket dibandingkan liur manusia.

Mengacu theverge.com, terdapat penelitian baru yang menunjukkan bahwa ludah bunglon 400 kali lebih lengket daripada air liur manusia. Dengan demikian, reptil ini bisa dengan mudah memangsa hewan lain dengan bobot hingga sepertiga dari berat tubuh hewan melata ini.

Hewan ini memangsa buruannya dengan cara menembakkan lidahnya dengan cepat ke target sasaran, lalu dengan seketika hewan yang menjadi incaran seperti belalang akan tertangkap dan menjadi santapan bunglon.

4. Terkadang bunglon berjalan dengan pose tidak menentu

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!Pixabay.com/MartinStr

Fakta menarik lain dari bunglon yakni cara mereka berjalan. Jika kamu memperhatikan cara berjalan hewan yang satu ini, sesekali kamu akan melihat bunglon berjalan dengan gerakan lambat dan tampak seperti tengah bergoyang-goyang. Alhasil pose berjalan mereka itu terkadang seperti gerakan maju mundur.

5. Spesies bunglon yang berukuran kecil memiliki lidah yang dapat memangsa lebih cepat

5 Fakta Unik Bunglon, Hewan yang Bisa Gonta-ganti warna Kulit!Unsplash.com/Pierre Bamin

Bunglon menerkam buruannya dengan mengandalkan lidahnya. Namun kecepatan lidah bunglon dalam memangsa buruannya tidak semuanya sama.

Melansir mentalfloss.com, spesies bunglon berukuran kecil memiliki lidah yang dapat dengan cepat menerkam mangsanya dibandingkan bunglon berukuran besar. Kesimpulan ini diambil berdasarkan observasi yang dilakukan Christopher Anderson seorang ahli biologi yang merekam gerakan 55 bunglon dari 20 species yang berbeda-beda.

Demikianlah 5 fakta unik bunglon yang dapat menambah wawasanmu. Selain di nusantara, bunglon juga bisa ditemukan di dataran Afrika, Asia bagian selatan, dan juga jazirah Arab. 

Baca Juga: 7 Hewan yang Bisa Berpura-pura Mati, Jago Akting dan Unik Banget!

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You