5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi Berendam

Jago dalam urusan berlari

Binatang yang satu ini memang asli Afrika. Kuda nil memiliki postur tubuh yang besar, namun hewan yang satu ini lihai dalam bergerak cepat di air. Makanya gak heran kalau mamalia ini akrab dengan habitat air. Kuda nil merupakan hewan darat terbesar ketiga di dunia  setelah gajah semak Afrika dan badak putih. Ini karena bobot kuda nil mencapai 4,5 ton dengan panjang tubuhnya bisa mencapai meter.

Di balik tubuhnya yang besar, terdapat beberapa fakta menarik yang ada pada kuda nil. Biar gak penasaran, berikut ini 5 fakta unik tentang kuda nil yang bisa menambah wawasanmu.

1. Kuda nil sanggup berendam sampai 16 jam sehari

5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi BerendamUnsplash.com /Adolfo Félix

Air adalah tempat paling disukai kuda nil, makanya berendam menjadi aktivitas yang gak bisa ditinggalkan oleh binatang satu ini. Kuda nil mampu untuk berendam di air selama 16 jam sehari, ini artinya lebih dari setengah hari kuda nil sanggup berlama-lama di air. Ternyata fungsi berendam bagi kuda nil untuk mengatur suhu tubuh binatang besar ini agar tidak kepanasan.

2. Gak punya kelenjar keringat

5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi BerendamUnsplash.com /Stefan Steinbauer

Fakta menarik lainnya tentang kuda nil yakni hewan ini gak punya kelenjar keringat. Sebagaimana diketahui kelenjar keringat berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar dapat mengeluarkan keringat. Jadi, karena gak punya kelenjar keringat, efeknya kuda nil pun rentan dehidrasi. Makanya ketika kuda nil keluar dari kubangan air pada siang hari terik, mereka akan terkena dehidrasi yang tinggi.
 
Namun demikian walau tak punya kelenjar keringat, kulit kuda nil tetap mengeluarkan zat tabir surya alami yakni cairan berwarna merah. Cairan ini memiliki fungsi sama seperti keringat hewan lainnya. Cairan ini pun memberikan efek tabir surya alami bagi kuda nil. Namun tetap saja jika kuda nil berlama-lama di luar air, kulit mereka akan terlihat retak.

3. Kuda nil identik dengan usia yang panjang, kuda nil tertua di dunia, Bertha, mati di usia 65 tahun

5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi BerendamUnsplash.com /Dušan Smetana

Pada 2017 lalu terdapat kabar duka dari dunia satwa, yakni kematian kuda nil tertua di dunia tepatnya di Manila, Filipina bernama Bertha. Kuda nil betina dengan berat 2,5 ton ini mati di umur 65 tahun. Begitu juga dengan kasus kuda nil bernama Donna di Mesker Park Zoo di Evansville, Indiana, Amerika. Ia mati pada usia 62 tahun pada tahun 2012.Umur kuda nil pada umumnya memang terbilang awet, mereka bisa bertahan hidup sekitar 40-50 tahun.

Baca Juga: Malika, Bayi Kuda Nil Koleksi Baru Kebun Binatang Surabaya

4. Makan pada waktu malam hari

5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi BerendamUnsplash.com /Joe Were

Berbeda dengan binatang mamalia pada umumnya, kuda nil punya pola makan yang berbeda yakni makan pada waktu malam hari. Ini karena malam hari menjadi waktu yang tepat bagi hewan yang satu ini untuk mengisi perut usai berendam di air. Hewan ini baru keluar untuk mencari rumput ketika senja telah usai. Tiap malamnya, kuda nil bahkan bisa makan rumput hingga 36 kilogram.

5. Punya gigi yang besar serta cepat dalam urusan berlari

5 Fakta Unik Kuda Nil, Hewan Afrika yang Hobi BerendamUnsplash.com /Rohit Rao

Kuda nil jantan memanfaatkan taring gigi mereka yang besar untuk bertarung melawan predator. Adapun urusan berlari, kuda nil juga bisa melakukannya. Walaupun tubuh hewan ini berat dan kakinya pendek, kuda nil bisa berlari jarak pendek dengan kecepatan 30 km/jam. Hewan Afrika ini juga tergolong binatang yang agresif sehingga dapat menyerang siapapun jika hewan ini merasa terganggu.

Demikian 5 fakta unik kuda nil. Dibalik fakta menarik yang ada pada kuda nil, hewan ini ternyata menjadi incaran para pemburu. Ini karena taring serta daging hewan ini menjadi daya tarik pemburu. Jika pemburuan hewan ini terus terjadi, bukan tidak mungkin populasimya akan terus turun dan bisa terancam punah.

Baca Juga: 5 Hewan Endemik Selandia Baru yang Unik, dari Burung hingga Reptil

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You