5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di Amerika

Gedung bertingkat rendah terluas di dunia nih!

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan Gedung Pentagon. Bangunan ini merupakan gedung Departemen Pertahanan Amerika Serikat di Arlington, Virginia dekat Washington DC.

Gedung Pentagon masuk dalam salah satu ikon populer di Amerika Serikat. Gedung ini menjadi salah satu gedung yang dirancang secara efisien. Lantas apa yang membuat gedung Pentagon ini menarik? Merujuk dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta unik gedung Pentagon yang menarik untuk diketahui banyak orang.

1. Total pekerja di gedung ini mencapai 23 ribu

5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di AmerikaPixabay.com/AutoGirl

Pekerja di gedung pentagon jumlahnya mencapai 23 ribu orang. Ini terdiri dari militer dan juga pegawai sipil. Para pekerja datang dari berbagai pusat kota dan daerah pinggiran.

Tak hanya jumlah pekerja yang banyak, melansir buku "Mengenal Amerika Serikat" karya Taufik Adi Susilo, di gedung ini juga terdapat 4.200 jam dinding. Adapun jumlah kamar mandi di gedung ini mencapai 284 kamar mandi. Setiap harinya, terdapat 4.500 cangkir kopi yang dinikmati para pekerja.

Selain itu Gedung Pentagon juga menyediakan beberapa fasilitas untuk para pekerjanya seperti dokter, bank, ATM, swalayan, tempat senam, restoran, perpustakaan, hingga salon.

2. Salah satu bangunan yang kena dampak serangan 11 September 2001

5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di AmerikaPixabay.com/WikiImages

Selain gedung World Trade Center (WTC), Gedung Pentagon juga masuk ke dalam salah satu gedung yang terkena dampak serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat. Gedung ini terkena hantaman Pesawat American Airlines Penerbangan 77 yang melintas di atas gedung ini. Adapun tempat yang terkena hantaman pesawat adalah bagian yang baru direnovasi pada gedung ini.

Alhasil, pengelola gedung merenovasi tempat yang terkena tabrakan pesawat dan baru rampung pada 2008. Dana yang dibutuhkan untuk renovasi bagian yang rusak mencapai 300 juta dolar Amerika Serikat.

Akibat serangan 11 September 2001, gedung yang semula dibuka untuk umum ini mulai sedikit ketat. Hanya pengunjung undangan yang diperkenankan masuk ke area gedung.

Baca Juga: 6 Pemahaman yang Salah Soal Bumi, Begini Fakta Sebenarnya

3. Dibangun sejak awal perang dunia ke II

5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di AmerikaInstagram.com/reno_freak

Gedung bentuk segi lima ini ternyata dibangun pada awal Perang Dunia II. Pembangunan gedung dimulai pada 11 September 1941. Waktu yang dibutuhkan membangun gedung ini yakni selama 16 bulan dan rampung pada 15 Januari 1943.

Di dalam gedung pentagon ini terdapat 17 gedung departemen perang. Tak hanya itu,  juga terdapat penyewaan beberapa area kepada pihak swasta.

Terdapat 5 koridor di dalam gedung ini, di mana masing-masing koridor punya nama tersendiri. Misalnya koridor bernama NATO. Di sepanjang koridor itu terdapat foto-foto bersejarah mengenai NATO atau North Atlantic Treaty Organization. Jika di total, luas area gedung ini sekitar 400 hektar.

4. Gedung bertingkat rendah yang luas, namun efisien

5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di AmerikaPixabay.com/12019

Fakta unik lain dari gedung Pentagon adalah gedung ini begitu luas namun tidak menjulang tinggi ke atas seperti gedung perkantoran pada umumnya. Makanya gedung ini akrab disebut gedung bertingkat rendah terluas di dunia.

Gedung ini mempunyai jendela yang jumlahnya mencapai 7.754 jendela. Namun meski bangunannya luas, gedung ini didesain dengan efisien. Ini terlihat dari sistem koridor di gedung ini.

Gedung pentagon memiliki sistem koridor dengan panjang 28 km dan luar 11 hektar. Uniknya, meski gedung ini luas setiap tempat dalam gedung dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan tempo waktu 7 menit saja. Menarik ya.

5. Pembangunan Pentagon diawasi oleh Jenderal Leslie Groves, sosok dibalik bom atom yang dibuat Amerika

5 Fakta Unik Gedung Pentagon, Bangunan Super Luas di AmerikaPixabay.com/12019

Pembangunan Gedung Pentagon ternyata diawasi oleh Jenderal Leslie Groves. Dilansir history.com, Groves adalah  tokoh di balik upaya sukses Amerika untuk mengembangkan bom atom pertama di dunia. Proyek besar itu dikenal dengan nama Proyek Manhattan.

Jadi, disela-sela pekerjaan Groves mengawasi pembangunan Pentagon, ia juga bekerja pada Proyek Manhattan. Awalnya proyek senjata paling mematikan ini dianggap tidak serius.

Namun program bom atom itu pun membuat kemenangan perang sekutu atas Jepang, yakni ditandai dengan terjadinya pengeboman bom atom di Hiroshima dan Nagasaki yang membuat Jepang menyerah, sehingga berakhirlah perang dunia ke II itu.

Demikianlah 5 fakta tentang gedung Pentagon di Amerika Serikat. Gedung yang berbentuk segi lima dengan lima tingkat ini menarik untuk dikunjungi. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk ke sana?

Baca Juga: NASA Akan Mencari Tanda Kehidupan di Titan, Satelit Planet Saturnus

Anggita RA Photo Community Writer Anggita RA

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You