Comscore Tracker

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk Sirip

Apakah 'mermaid' termasuk di sini?

Sebagai makhluk hidup, tentu hewan memiliki berbagai macam anggota tubuh pendukung untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Jika pada kebanyakan hewan laut anggota pendukung tersebut adalah sirip dan ekornya, maka bagi sebagian besar hewan darat, khususnya mamalia, menggunakan kaki untuk bergerak.

Akan tetapi, ternyata ada satu keluarga mamalia yang punya anggota tubuh lain untuk membantu mereka bergerak, khususnya ketika berada di daratan, lho. Keluarga hewan tersebut adalah pinnipedia atau dikenal sebagai hewan dengan kaki sirip.

Keluarga besar ini terdiri atas 3 jenis utama, yaitu phocidae, otariidae, dan odobenidae. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda, namun punya nenek moyang yang sama. Berikut ini penulis sudah merangkumkan 6 hewan berkaki sirip yang tentunya akan membuatmu terkagum-kagum. Langsung scroll ke bawah ya!

1. Singa laut

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk SiripPixabay.com/gkgegk

Singa laut merupakan keluarga hewan berkaki sirip yang berasal dari jenis otariidae. Mereka dapat ditemukan mulai dari sekitar benua Amerika, beberapa negara di Asia, hingga Australia.

Dilansir dari laman Britannica, sesuai dengan namanya, singa laut jantan memiliki surai seperti singa pada bagian lehernya, kecuali pada jenis singa laut California. Ketika ingin mempertahankan harem-nya, pejantan juga akan mengeluarkan suara seperti auman yang berfungsi untuk mengintimidasi kompetitornya.

Selain itu, singa laut juga dapat dibedakan dengan mudah dari saudara pinnipedia-nya yang lain berkat kaki sirip mereka yang lebih panjang sehingga mereka dapat berjalan di daratan serta adanya daun telinga yang menonjol.

2. Anjing laut berbulu

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk Siripoceanwide-expeditions.com

Meski masuk ke dalam keluarga anjing laut, ternyata anjing laut berbulu merupakan jenis yang berbeda, lho. Mereka masih satu jenis dengan singa laut, yaitu otariidae sehingga ada beberapa perbedaan karakteristik yang mencolok dengan anjing laut sejati. 

Menurut laman National Geographic, anjing laut berbulu memiliki daun telinga kecil yang tidak dimiliki oleh anjing laut. Kaki sirip pada anjing laut berbulu juga lebih pajang ketimbang anjing laut, namun tidak lebih panjang daripada singa laut. Ditambah lagi, sesuai denga namanya, anjing laut berbulu memiliki bulu pada tubuhnya sedangkan anjing laut tidak memiliki bulu.

Selain itu, mereka juga punya pengelihatan dan pendengaran yang sangat baik sehingga sangat membantu mereka dalam berburu. Makanan favorit mereka adalah ikan, cumi-cumi, krill, hingga burung.

3. Anjing laut

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk SiripPixabay.com/Noutch

Anjing laut atau biasanya disebut earless seal / true seal masih berkerabat dengan singa laut dan anjing laut berbulu. Hanya saja, mereka masuk ke dalam jenis yang berbeda, yaitu phocidae yang merupakan jenis anjing laut yang tidak memiliki daun telinga.

Menurut laman Britannica, perbedaan mendasar dari anjing laut dengan singa laut atau anjing laut berbulu selain tidak adanya daun telinga adalah pada sirip mereka. Anjing laut cenderung memiliki sirip kaki yang lebih pendek sehingga mereka akan berjalan dengan cara melompat-lompat ketika berada di daratan.

Anjing laut juga merupakan jenis pinnipedia dengan persebaran yang sangat luas. Mereka dapat dijumpai mulai dari Artik hingga Antartika. Selain itu, mereka juga dapat ditemui di beberapa negara di benua Asia, Afrika, Australia, Amerika, dan Eropa.

Baca Juga: Viral Bayi Dugong Mati Akibat Plastik, Pelajari 15 Fakta Hidup Mereka!

4. Walrus

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk SiripPixabay.com/272447

Walrus merupakan satu-satunya jenis odobenidae yang masih hidup di dunia. Jenis ini dikenali dengan adanya gigi besar menyerupai gading yang memiliki berbagai fungsi. 

Dilansir dari laman National Geographic, gading atau gigi besar yang dapat berukuran hingga 90 cm pada walrus berfungsi untuk berbagai macam hal. Mulai dari alat bantu untuk keluar dari dalam air, melindungi kawanan dan bertarung ketika musim kawin, hingga memecahkan es untuk membuka lubang es sebagai tempat bernafas.

Walrus juga terbagi ke dalam 2 subspesies utama sesuai dengan tempat mereka tinggal. Ada walrus Atlantik yang mendiami bagian utara Kanada hingga Greenland dan walrus Pasifik yang tinggal di lepas pantai utara Rusia hingga Alaska.

5. Gajah laut

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk SiripPixabay.com/272447

Gajah laut merupakan keluarga pinnipedia dengan ukuran terbesar di dunia dengan panjang sekitar 3,6-6 meter dengan bobot 2,5 sampai 3 ton! Mereka masuk ke dalam jenis phocidae seperti anjing laut. Sedangkan untuk subspesiesnya terbagi 2, yaitu gajah laut utara dan gajah laut selatan.

Mengutip dari laman Animalia, gajah laut mendapatkan namanya berkat hidung besar atau belalai yang mirip dengan gajah pada pejantannya. Belalai tersebut berfungsi sebagai alat pernafasan tambahan dengan banyak rongga yang membantu untuk menyerap kembali kelembaban ketika mereka bernafas.

Fakta unik lain dari gajah laut adalah dibalik tubuh mereka yang besar, ternyata mereka adalah perenang yang handal, lho. Mereka mampu untuk menyelam hingga kedalaman 1.500 meter dan bertahan hingga 2 jam!

6. Macan tutul laut

6 Hewan Pinnipedia, Mamalia dengan Kaki Berbentuk Siripoceanwide-expeditions.com

Macan tutul laut sebenarnya masih masuk ke dalam keluarga anjing laut. Akan tetapi, terdapat ciri khusus dan perbedaan jenis makanan yang mereka pilih. Macan tutul laut merupakan salah satu predator puncak di habitatnya, hanya kalah dari Orca yang juga merupakan predator alami mereka.

Mengutip dari laman Ocean Wide Expedition, macan tutul laut merupakan jenis anjing laut terbesar di Antartika. Untuk urusan makanan, mereka akan menyesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Biasanya, mereka akan berburu pinguin, ikan, dan cumi-cumi. Akan tetapi, pada macan tutul laut berukuran dewasa, mereka dapat memburu anjing laut jenis lain, lho!

Terkait dengan namanya, kata "macan tutul" mereka dapatkan berkat bintik-bintik berwarna hitam di beberapa bagian tubuh mereka yang mirip seperti macan tutul daratan. Selain itu, kesamaan lain antara keduanya adalah kecenderungan untuk hidup menyendiri atau soliter.

Nah, itu dia 6 hewan yang masuk ke dalam keluarga hewan berkaki sirip. Dari keenam hewan tersebut, mana yang menurutmu paling menakjubkan? Tuliskan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Anjing Laut Cincin Saimaa, Mamalia Laut yang Tinggal di Danau

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya