Comscore Tracker

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup Terlama

Pernah dengar nama paus yang satu ini?

Paus kepala busur (bowhead whale) adalah salah satu jenis paus yang hidup di kawasan Arktik (kutub utara) secara berkelompok. Secara ukuran mereka mampu mencapai panjang 18 meter dengan berat berkisar 75-100 ton. Hal tersebut membuat mereka menempati urutan kelima sebagai mamalia terbesar di dunia.

Selain ukuran tubuh yang masif, satwa yang satu ini masih menyimpan berbagai fakta menarik lainnya, lho. Sekurang-kurangnya penulis sudah merangkumkan 5 fakta unik dari paus kepala busur ini. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Kepala besar yang berfungsi untuk menghancurkan lapisan es Arktik

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup Terlamaworldwildlife.org/Martha Holmes

Kepala besar paus ini sebenarnya yang menjadi asal usul penamaan mereka. Kepala paus yang satu ini berbentuk busur dengan lebar mampu mencapai sepertiga dari total panjang tubuhnya.

Disebutkan dalam laman World Wildlife Fund, tubuh kokoh serta kepala besar yang dimiliki paus busur memiliki struktur rangka yang sangat kuat membuat mereka bisa memecahkan es Arktik hingga ketebalan 7 inci atau hampir setebal 18 cm.

2. Tidak memiliki sirip punggung

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup TerlamaArctickingdom.com

Mirip dengan paus beluga dan narwhal yang sama-sama tinggal di Arktik, paus busur tidak memiliki sirip punggung seperti paus di daerah hangat.

Dalam laman Arctic Kingdom disebutkan bahwa keuntungan yang dimiliki oleh paus busur dengan tidak adanya sirip punggung adalah mereka dapat mencegah kehilangan panas tubuh, mengurangi luas permukaan tubuh mereka ketika berada di dalam air, serta membuat mereka mampu berenang di bawah lapisan es.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Paus Pembunuh, Ternyata Gak Segarang Namanya!

3. Mamalia dengan rata-rata umur terpanjang di dunia

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup Terlamaworldwildlife.org

Tidak hanya kura-kura dan penyu, paus busur juga masuk ke jajaran hewan dengan usia terpanjang, lho. Bahkan rata-rata usia yang mampu dicapai spesies ini melebihi usia yang bisa dicapai oleh kura-kura dan penyu.

Disebutkan dalam laman World Wildlife Fund, rata-rata paus busur bisa mencapai usia lebih dari 200 tahun! Hal tersebut bisa disimpulkan oleh ilmuwan setelah mereka menemukan kemampuan pemulihan pada bekas tombak yang menempel di lapisan lemak dan analisis jaringan mata pada salah satu spesimen paus busur yang diteliti.

4. Kemampuan melompat dari air laut yang menakjubkan

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup Terlamaus.whales.org

Meskipun mereka dinobatkan sebagai mamalia terbesar kelima di dunia, hal tersebut tidak membuat mereka serta merta menjadi hewan dengan gerakan yang lambat dan tenang. Bahkan, dengan tubuh yang sangat masif tersebut mereka bisa melakukan kebolehan yang tidak dapat ditiru oleh paus jenis lain.

Disebutkan dalam laman Arctic Kingdom, paus busur memiliki kemampuan melompat ke permukaan yang sangat menakjubkan. Tak hanya sebagian tubuhnya saja yang keluar ke permukaan air seperti jenis paus lain, melainkan seluruh anggota tubuhnya mampu melompat keluar dari dalam air.

Selain itu, mereka juga bisa membuat berisik suasana Arktik yang tenang dengan kepakan sirip dan menghentakkan sirip mereka ke permukaan air.

5. Memiliki lapisan lemak tertebal dibandingkan mamalia laut manapun untuk membuat mereka tetap hangat di perairan dingin

5 Fakta Unik Paus Busur, Si Mamalia dengan Waktu Hidup Terlamafisheries.noaa.gov

Hidup di daerah yang memiliki suhu rendah ekstrem membuat paus busur punya keistimewaan dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Mereka memiliki lapisan lemak yang paling tebal jika dibandingkan dengan mamalia laut mana pun.

Laman Arctic Kingdom menjelaskan kalau ketebalan dari lapisan lemak paus busur bisa mencapai 19 inci atau sekitar 50 cm. Lapisan lemak tersebut berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh paus busur agar tetap merasa hangat kendati hidup di daerah yang sangat dingin.

Itu dia 5 fakta unik dari paus busur. Jika sebelumnya kalian tidak mengetahui apa pun mengenai paus ini, bagaimana pendapat kalian setelah mengetahui hal-hal unik yang dimiliki oleh spesies paus ini? Menakjubkan bukan?

Baca Juga: 8 Fakta Beluga, Paus Putih Lucu yang Cerdas dan Ramah pada Manusia

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya