Comscore Tracker

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!

Termasuk predator berukuran raksasa, nih!

Beruang sejak dulu sudah menjadi hewan ikonik di berbagai bidang. Mulai dari predator puncak di alam, maskot dari berbagai negara maupun produk, hingga terkenal sebagai bintang dalam beberapa kartun dan animasi buatan manusia.

Tidak hanya itu, kelucuan wajah dan tingkah laku mereka pun tak jarang jadi sorotan sehingga tak mengherankan kalau hewan satu ini sangat populer hingga saat ini.

Nama beruang memang sudah akrab kita dengar, tetapi tahukah kamu ada berapa jenis beruang yang tersebar di seluruh penjuru dunia? Jika belum, yuk langsung cari tahu jenis-jenis beruang yang ada di dalam daftar ini!

1. Beruang kutub (polar bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/358611

Beruang yang hidup di bagian paling utara bumi ini merupakan predator darat terbesar di dunia. Meskipun berukuran sekitar 2,4 sampai 2,6 meter dengan bobot 400 - 600 kg, ternyata beruang kutub senang dan sangat ahli dalam berenang di laut Artik yang super dingin, lho.

Dilansir dari laman National Geographic, beruang kutub juga memiliki kemampuan adaptasi yang sangat menakjubkan berkat habitatnya yang ekstrem. Misalnya, bulu tebal di sekujur tubuhnya yang juga melapisi lapisan lemak dan bahkan di bawah telapak kakinya sehingga mereka mampu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Selain itu, warna putih pada bulunya juga berguna sebagai kamuflase di lingkungannya yang serba putih, lho.

2. Panda (panda bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/natuurfan1978

Siapa yang tidak kenal dengan beruang hitam-putih yang nampak sangat menggemaskan ini? Yap, kepopuleran panda tentu sudah sangat besar berkat aksi lucu mereka ketika terekam oleh kamera.

Akan tetapi, ternyata di balik kelucuan beruang asal China ini, ternyata di alam liar mereka termasuk hewan penyendiri, lho. Dilansir dari laman National Geographic, bahkan panda jantan yang memiliki indra penciuman super tajam menggunakan kemampuan tersebut untuk menghindari individu lain, kecuali ketika musim kawin.

Fakta lain dari panda adalah mereka termasuk hewan omnivora, lho. Kendati identik dengan bambu sebagai makanan utama, dalam beberapa kesempatan panda juga dapat memakan burung dan binatang pengerat.

3. Beruang cokelat (brown bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/suju

Beruang cokelat adalah beruang dengan persebaran terluas di antara saudaranya yang lain. Hewan menakjubkan ini tersebar mulai dari Amerika Utara, Eropa, hingga Asia dengan banyak subspesies sesuai tempat mereka ditemukan. Bersama dengan beruang kutub, ternyata beruang cokelat juga merupakan predator darat terbesar nomor 2 di dunia, lho.

Dikutip dari laman National Geographic, beruang cokelat punya kebiasaan unik dalam mempersiapkan masa hibernasi mereka. Ketika musim gugur, mereka makan sebanyak mungkin hingga tubuh mereka hampir dua kali lipat dari ukuran normal. Lalu, mereka akan membangun sarang besar untuk dipakai beristirahat hingga musim semi.

Oh iya, meskipun berukuran besar, jangan meremehkan beruang cokelat, ya! Mereka termasuk hewan yang berbahaya untuk didekati oleh manusia. Sebab, mereka dapat berlari hingga 50 km/jam yang tentunya jauh lebih cepat ketimbang manusia.

4. Beruang sloth (sloth bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/Wildfaces

Beruang sloth dapat dikenali berkat bulu kusut berwarna hitam legam, moncong panjang berwarna pucat, dan garis putih berbentuk "U" atau "V" pada bagian dadanya. Mereka berhabitat di sekitar India, Nepal, maupun Sri Langka dengan daerah hutan lebat, padang rumput, dan daerah berbatu yang menyediakan tempat perlindungan untuk mereka.

Menurut laman Smithsonian National Zoo, beruang sloth termasuk hewan myrmecophagous, alias hewan yang mengonsumsi rayap, semut, maupun serangga lainnya. Akan tetapi, ketika musim hujan tiba mereka juga kedapatan memakan buah-buahan seperti mangga, ara, dan buah lainnya.

Selain itu, mereka juga dikenal sebagai hewan yang cukup aktif dan berisik. Biasanya, mereka akan mendengus dengan keras ketika merobohkan batang pohon maupun menggali sarang semut dan rayap.

Baca Juga: 6 Fakta Beruang Kodiak, Pesaing Beruang Kutub yang Tak Kalah Sangar

5. Beruang berkacamata (spectacled bear / andean bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/Pixel-mixer

Sesuai dengan namanya, beruang unik yang berasal dari daerah hutan lebat Pegunungan Andes ini dikenali berkat garis berwarna putih atau kekuningan di sekitar area matanya yang nampak seperti kacamata. Mereka merupakan satu-satunya beruang yang hidup di Amerika Selatan.

Dikutip dari laman National Geographic, meskipun beruang berkacamata merupakan hewan omnivora, ternyata mereka lebih nampak seperti "vegetarian" Hal tersebut dilihat dari makanannya yang kebanyakan berupa buah-buahan, beri, kaktus, dan madu. 

Kendati demikian, terkadang mereka kedapatan memangsa hewan lain untuk memenuhi kebutuhan daging mereka. Misalnya hewan pengerat, burung kecil, serangga, dan bahkan terkadang anak sapi. Hal tersebut kemudian juga membuat mereka dapat dinobatkan sebagai predator terbesar yang hidup di Amerika Selatan.

6. Beruang hitam asia (asian black bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!iucn.org

Beruang hitam asia memiliki banyak julukan. Di antaranya adalah beruang bulan dan beruang dada putih. Sesuai dengan julukan tersebut, beruang hitam Asia mendapatkan nama-nama itu dari garis putih panjang yang terdapat pada dada mereka.

Dikutip dari laman Animal Diversity, persebaran dari beruang ini cukup luas, yaitu mulai dari Pakistan Utara, Afganistan Selatan, Himalaya bagian Timur, Vietnam Utara, China bagian Selatan, dan Thailand. Mereka biasanya menghuni hutan yang lembap, pegunungan curam, dan daerah yang vegetasinya sangat lebat.

Beruang hitam Asia juga merupakan hewan yang aktif di malam hari untuk mencari makan dan akan tidur di lubang pohon maupun gua pada siang hari. Ketika musim gugur datang, biasanya mereka akan semakin aktif pada malam hari untuk mempersiapkan datangnya musim dingin.

7. Beruang hitam amerika utara (american black bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/TheOtherKev

Merupakan yang terkecil dari 3 beruang yang tersebar di Amerika Utara, beruang hitam amerika dapat ditemukan mulai dari Kanada hingga Meksiko dan memiliki habitat di sekitaran hutan lebat. Biasanya, makanan utama mereka adalah buah-buahan, kacang-kacangan, atau tumbuhan lainnya.

Menurut laman Discover Wildlife, beruang hitam Amerika termasuk hewan yang pandai memanjat. Hal tersebut berkat cakar mereka yang dapat menjadi alat pencengkeram pohon yang kuat. Mereka juga memanfaatkan pohon sebagai tempat perlindungan anak-anak dari predator lain.

Fakta menarik lain dari beruang ini adalah kendati nama mereka "hitam", tetapi tidak selamanya mereka ditemukan dengan bulu berwarna hitam, lho. Terkadang dapat dijumpai beruang hitam dengan warna bulu kecokelatan, pirang, atau bahkan keabu-abuan.

8. Beruang madu (sun bear)

Sudah Tahu? Ini 8 Jenis Beruang yang Tersebar di Seluruh Dunia!Pixabay.com/lesjbohlen

Sun bear atau yang lebih akrab dikenal sebagai beruang madu merupakan jenis beruang terkecil di antara ketujuh saudaranya yang lain. Ukurannya kira-kira hanya sekitar separuh dari beruang hitam Amerika. Mereka dapat dijumpai mulai dari Tiongkok bagian selatan, India bagian timur, hingga di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia.

Dilansir dari laman National Geographic, julukan sun bear mereka dapatkan berkat bercak berwarna emas atau putih yang ada di dada mereka. Menurut legenda, bercak tersebut melambangkan matahari sehingga mereka mendapatkan nama seperti itu.

Biasanya, beruang ini memakan beri-berian, serangga, burung kecil, kadal, binatang pengerat, hingga tanaman manusia sehingga pada beberapa kesempatan mereka kedapatan berkonflik dengan manusia.

Kalau dalam film animasi, sosok beruang adalah hewan berbulu, lucu, dan menggemaskan namun kenyataannya mereka adalah hewan buas. Terbukti dari kedelapan jenis beruang yang tersebar di seluruh dunia di atas. Di antara mereka, mana yang jadi favoritmu? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Beruang Andes, yang disebut Beruang Berkacamata

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Animal Lovers and Smartphone Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya