Comscore Tracker

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago Menyelam

Kira-kira mana yang membuatmu terkagum-kagum pada mereka?

Paus Sperma merupakan keluarga mamalia laut yang sangat mudah dikenali karena bentuk kepalanya yang sangat besar sehingga mendapat gelar hewan dengan kepala terbesar di dunia serta dahi bulat yang menonjol.

Raksasa yang mampu tumbuh sepanjang 20 meter dengan berat dapat mencapai 41 ton ini dinamai demikian karena adanya sebuah cairan seperti minyak berwarna putih di dalam kepalanya yang kemudian oleh peneliti dinamai spermaceti. Oleh sebab itu, paus ini dinamakan paus sperma.

Tidak berhenti pada keunikan namanya, jenis paus yang ukurannya melebihi besar bis kota ini ternyata juga memiliki sejumlah fakta menarik lainnya, lho. Penasaran? Yuk, disimak artikel berikut ini!

1. Selain kepala terbesar, hewan ini juga memiliki otak terbesar dibandingkan dengan makhluk lain

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago Menyelamus.whales.org

Seperti yang disebutkan di atas, paus sperma merupakan hewan dengan kepala terbesar di dunia. Tidak berhenti disitu, otak dari paus sperma juga merupakan yang terbesar di dunia.

Dikutip dari laman Nationalgeographic.com, bobot dari otak paus ini melebihi 5 otak manusia jika digabungkan. Dengan ukuran sebesar itu, otak paus spema menyandang gelar sebagai makhluk dengan otak terbesar dibandingkan dengan makhluk apa pun yang pernah hidup di bumi!

2. Predator bergigi terbesar di dunia

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago MenyelamLivescience.com

Paus sperma merupakan salah satu jenis paus karnivora. Berdasarkan tulisan dari laman Whalefacts.org, dalam satu hari setidaknya mereka dapat melahap hingga 1 ton cumi-cumi raksasa dan ikan-ikan yang ada di perairan dalam.

Selain itu, paus sperma ternyata juga memegang gelar sebagai predator bergigi terbesar di dunia. Akan tetapi, ternyata mereka tidak menggunakan gigi-gigi tersebut untuk berburu, lho. Mereka justru lebih suka menelan mangsanya secara langsung tanpa mencabik-cabiknya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Hewan Terpanjang di Dunia, Ternyata Juaranya Bukan Paus Biru!

3. Hewan dengan suara terkeras di dunia

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago Menyelamnationalgeographic.org

Pernah membayangkan tentang hewan dengan suara terbising di dunia? Siapa sangka, gelar tersebut ternyata dimiliki oleh mamalia laut ini, lho.

Memang untuk ukuran besar suara dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya medium udara dengan air yang berbeda. Akan tetapi, jika diukur dengan besaran desibelnya, maka predikat hewan dengan suara terbising dipegang oleh paus sperma dengan besaran 230 desibel untuk sekali clicks yang mereka suarakan. Itu artinya, suara seekor paus sperma melebihi kebisingan suara mesin jet!

4. Penyelam yang sangat handal

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago Menyelamus.whales.org

Seperti yang sudah disebutkan di atas, paus sperma menjadikan cumi-cumi raksasa sebagai makanan utama. Untuk mendapatkan cumi-cumi tersebut, mereka harus menyelam ke lautan dalam, lho.

Beruntungnya, mereka dapat beradaptasi dengan hal tersebut. Mereka dapat menyelam hingga sedalam 3.280 kaki atau hampir mencapai 1 kilometer dengan durasi hingga mencapai 90 menit untuk satu tarikan napas! Hal tersebut kemudian menjadikan mereka sebagai mamalia dengan kemampuan menyelam terbaik, lho.

5. Mereka merupakan inspirasi dari kisah Moby Dick yang melegenda

5 Fakta Unik Paus Sperma, Si Besar yang Jago Menyelampri.org

Pernah membaca novel klasik karya Herman Melville yang berjudul Moby-Dick? Dalam cerita tersebut dikisahkan tentang seorang pelaut yang ingin memburu seekor paus yang dinamakan Moby Dick. Nah, paus dalam cerita Moby Dick ini ternyata terinspirasi dari paus sperma, lho.

Dikutip dari laman Oceanwide-expeditions.com, paus putih dalam kisah Moby Dick merupakan inspirasi dari 2 ekor paus sperma dalam dunia nyata, yaitu Essex si paus sperma yang pernah menenggelamkan sebuah kapal dan Mocha Dick si paus sperma albino.

Itu dia 5 fakta unik dari paus sperma. Siapa sangka kalau seekor hewan dengan kepala yang sangat besar itu memiliki berbagai fakta unik dan bahkan menjadi inspirasi seorang penulis untuk menciptakan karya yang melegenda. Hebat bukan?

Baca Juga: 6 Spesies Paus Terunik, dari Terbesar hingga yang Bertanduk!

Anjar Triananda Ramadhani Photo Verified Writer Anjar Triananda Ramadhani

Dreamer with unrealistic mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You