Tak Hanya Matahari, 5 Bintang ini Juga Dekat dengan Bumi

Banyak yang lebih besar dari Matahari, lho

Sebagai pusat dari tata surya, Matahari merupakan bintang yang jaraknya paling dekat dengan planet kita, Bumi. Meskipun jadi bintang yang terdekat, jarak antara Bumi dengan Matahari masih terpaut sangat jauh, yaitu sekitar 149.597.870 kilometer.

Nah, berhubung di alam semesta ada begitu banyak bintang yang mustahil dapat dihitung jumlah pastinya. Maka dari itu, sudah pasti ada bintang lain selain Matahari yang memiliki jarak relatif dekat dengan Bumi.

Menariknya, kebanyakan dari bintang-bintang tersebut memiliki keunikannya masing-masing, bahkan ada pula yang sudah dikonfirmasi memiliki planet yang mengorbit kepadanya. Penasaran bukan dengan bintang-bintang lain yang dekat dengan Bumi? Yuk, simak daftarnya dalam artikel berikut ini!

1. Alpha Centauri

Tak Hanya Matahari, 5 Bintang ini Juga Dekat dengan Bumifoto dari Alpha Centauri A dan B terbaik yang berhasil ditangkap Teleskop Hubble. (nasa.gov)

Alpha Centauri sebenarnya bukan bintang tunggal. Itu adalah susunan dari tiga buah bintang yang berbeda dengan ukuran yang berbeda-beda pula yang masuk ke sebuah sistem yang dinamakan Alpha Centauri. Ketiganya memiliki nama Proxima Centauri, Alpha Centauri A, dan Alpha Centauri B. Menariknya, jarak antara ketiganya relatif dekat sehingga merekalah bintang-bintang paling dekat dengan Bumi setelah Matahari.

Dilansir ThoughtCo., Proxima Centauri jadi yang terdekat dengan Bumi dari ketiga sistem bintang ini dengan jarak sekitar 4,27 juta tahun cahaya, disusul dengan Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B dengan jarak sekitar 4,37 juta tahun cahaya.

Menariknya lagi, Proxima Centauri selain jadi yang terkecil dari dua bintang lain juga menyimpan sesuatu yang bisa saja menghebohkan ilmu antariksa. Sebab, para peneliti telah menemukan keberadaan sebuah planet yang mengorbit pada bintang ini. Bahkan disebut-sebut kalau planet tersebut adalah planet berbatu seperti Bumi, lho!

2. Barnard's Star

Tak Hanya Matahari, 5 Bintang ini Juga Dekat dengan Bumiilustrasi dari bintang merah dengan sebuah planet yang mirip dengan Barnard's Star (earthsky.org)

Barnard's Star merupakan sebuah bintang yang diberi nama sesuai dengan peneliti Amerika Serikat yang mengobservasi bintang ini, E.E Barnard. Bintang ini merupakan bintang dengan gerakan perpindahan terbesar di antara bintang lain yang telah diketahui. Sehingga gerakan bintang ini akan jauh lebih cepat meninggalkan posisi awalnya ketimbang bintang lain di alam semesta.

Laman Space melansir, jarak antara Barnard's Star dengan Bumi diperkirakan sekitar 5,96 juta tahun cahaya. Sayangnya, dari observasi yang telah dilakukan hingga saat ini, tidak ditemukan keberadaan planet yang mengorbit kepada bintang ini. Untuk ukuran dan warna cahayanya sendiri, bintang ini termasuk ke dalam bintang kerdil dengan cahaya berwarna merah.

3. Wolf 359

Tak Hanya Matahari, 5 Bintang ini Juga Dekat dengan Bumipenampakan Wolf 359 yang berhasil ditangkap kamera (syfy.com)

Wolf 359 merupakan bintang yang masuk ke dalam jajaran rasi bintang Leo. Menariknya, bintang yang satu ini tidak akan bisa dilihat dengan mata telanjang manusia. Untuk mengobservasi bintang ini, diperlukan teleskop khusus, sebab cahaya dari Wolf 359 cenderung lebih redup dari bintang lain.

Dilansir Space, Wolf 359 yang masuk ke dalam kategori bintang kerdil ini memiliki jarak sekitar 7,78 juta tahun cahaya dengan Bumi. Untuk cahayanya sendiri, bintang ini memancarkan cahaya berwarna merah redup. Bintang ini juga diketahui tidak memiliki satu pun planet yang mengorbit padanya.