Comscore Tracker

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi Kita

#SainSeru Karena dengan senyum, beban kita bisa hilang

Pernah mendengar pepatah yang mengatakan "senyum adalah obat terbaik"? Ternyata kata-kata tersebut bukan hanya sekedar kiasan semata loh. Ternyata menurut para ahli, tersenyum memang dapat membuat mood kita menjadi lebih baik bahkan meningkatkan sistem imun tubuh kita agar gak gampang sakit. Wah kok bisa ya? Selain dua fakta tadi, ternyata tersenyum juga dapat memberikan manfaat lain yang gak kalah pentingnya bagi tubuh kita. Untuk lebih jelasnya yuk sama-sama kita bahas!

1. Tersenyum dapat membuat mood menjadi lebih baik

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi KitaSoompi

Psikologi menemukan fakta bahwa jika kita sedang mengalami mood yang buruk, kita dapat mengubah mood kita tersebut agar menjadi lebih baik dengan cara tersenyum. Tubuh akan otomatis menghasilkan hormon endorfin ketika kita tersenyum. Hormon endorfin itulah yang akhirnya dapat membuat mood kita menjadi lebih baik dan stress pun dijamin akan langsung hilang seketika.

2. Tersenyum dapat meningkatkan sistem imun tubuh

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi Kitadramafever.com

Faktanya, menurut para ahli tersenyum benar-benar dapat meningkatkan kesehatan fisik kita juga. Saat tersenyum, tubuh kita akan lebih rileks yang pastinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan sistem imun tubuh kita pun akhirnya akan lebih meningkat.

Baca Juga: Mematikan, Senyuman 5 Zodiak Ini Terkenal Bisa Meluluhkan Hati Gebetan

3. Tahukah kamu kalau senyum itu bisa menular?

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi KitaStar2

Banyak orang yang bilang kalau senyum itu bisa menular dan ternyata hal itu memang benar adanya loh! Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia, seseorang akan sulit untuk menunjukkan ekspresi sedihnya ketika melihat orang yang berada di hadapan dia sedang tersenyum. Menariknya tanpa disadari dia juga lama-lama akan ikut tersenyum juga.

4. Senyuman seorang wanita terlihat lebih menarik dibandingkan dengan makeup yang dikenakannya

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi Kitadramafever.com

Buat para wanita yang gak sempat untuk makeup tapi ingin tetap terlihat menarik, tersenyum ternyata bisa jadi jalan keluarnya loh! Sebuah studi yang dilakukan oleh Orbit Complete menemukan bahwa 69 persen orang mengatakan bahwa wanita terlihat lebih menarik ketika mereka tersenyum dibandingkan dengan makeup yang digunakannya. Hal ini pastinya bisa menjadi kabar baik nih bagi para wanita yang suka khawatir dengan penampilannya selama ini. Jadi jangan ragu membiasakan diri untuk lebih sering tersenyum ya setelah ini.

5. Faktanya lebih mudah untuk tersenyum daripada cemberut loh!

5 Alasan Ilmiah Mengapa Tersenyum Itu Sangat Penting Bagi Kitakoreaiyaa.com

Akhir bulan dompet sudah menipis? Ingin belanja atau makan enak tapi belum waktunya gajian? Tenang aja jangan khawatir dan selalu berusaha untuk tetap tersenyum. Karena nih faktanya ternyata para ahli menemukan bahwa tubuh terutama otot-otot wajah kita akan bekerja lebih keras saat cemberut dibandingkan dengan saat kita tersenyum. Gak mau kan karena keseringan cemberut akhirnya malah membuat wajah kita lebih cepat keriput?

Itulah tadi lima alasan ilmiah mengapa tersenyum itu sangat penting bagi diri kebaikan diri kita. Semoga kita semakin lebih rajin untuk tersenyum ya setelah membaca artikel ini!

Baca Juga: 7 Keajaiban Nyata Senyum Bagi Kesehatan Fisik dan Psikismu

Annisa Mandasari Photo Community Writer Annisa Mandasari

Someone who does something because they enjoy it instead of as a job.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You