Comscore Tracker

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rindu

Ritual hujan apa saja yang sering kamu lakukan?

Hujan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia sebagai penduduk negara tropis. Banyak sekali cerita, mitos dan inspirasi yang datang dari hujan ini. Ngga sedikit juga yang ketika hujan turun tiba-tiba saja semua berubah jadi penyair rindu saking gampangnya cuaca ini bikin kita jadi mellow.

Nah, untuk menambah pengetahuan kita tentang hujan, yuk kita simak beberapa faktanya

Bau Hujan yang Khas Itu Punya Nama Keren

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rinduwall.alphacoders.com

Siapa nih yang senang banget dengan bau hujan apalagi kalau turunnya sehabis kemarau panjang? Aroma yang khas ini dinamakan Petrichor. Bau yang kadang bikin kita mellow ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Jadi, proses ini berasal dari minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu yang nantinya akan diserap oleh tanah dan batuan. Dan akhirnya akan dilepaskan ke udara bersama senyawa yang bernama Geosmin.

Ternyata Hujan Punya Bayangan

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rinduobservationdeck.kinja.com

Yang dimaksud di sini adalah Phantom Rain yang artinya hujan bayangan. Ini adalah jenis hujan yang sering terjadi di daerah yang bersuhu tinggi dan kering seperti gurun. Akibatnya adalah hujan sudah lebih dulu menguap di udara sebelum menyentuh tanah. Disebut bayangan mungkin karena mirip gebetan kali ya? Yang belum sempat jadian tapi sudah duluan menguap dan menghilang. Tidak nyata dan hanya semu semata.

Hujan Membuat Tanaman Menjadi Lebih Hijau

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rindurenatures.com

Jika kamu pernah menyadari kalau tumbuhan menjadi lebih cerah warnanya setelah hujan turun, itu disebabkan oleh kandungan nitrogen dalam butirnya. Tentu saja selain karena debu-debu di dedaunan atau tanaman juga ‘tercuci’ oleh hujan.

Hujan di Saat Panas Terik Bukan Tandanya Ada yang Meninggal lho

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan RinduPinterest

Fenomena yang disebut sunshower ini biasanya disebabkan oleh angin yang terjadi pada saat hujan badai yang kemudian menerbangkan butiran hujan ke tempat yang sedang tidak berawan.

Tidak Semua Orang Bahagia dengan Hujan

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rinduonehdwallpaper.com

Kalau ada yang bahagia banget di musim hujan sampai bawaannya cuma pengen leyeh-leyeh manja atau makan mie instan rebus pakai telur, ternyata ada yang ngga nyaman dengan fenomena ini. Ketakutan berlebihan dan irasional terhadap hujan disebut ombrofobia.

Tapi Tidak Sedikit Juga yang Memujanya

6 Fakta Hujan, Fenomena Alam yang Sering Hadirkan Syahdu dan Rinduonehdwallpaper.com

Sebutannya adalah Pluviophile. Mereka mencintai dan menikmati hujan dengan level yang berbeda. Ketika banyak orang lain mager parah saat hujan, mereka tidak keberatan untuk kebasahan. Malah kalau perlu menari-nari bak dalam drama Korea. Pluviophile adalah pencinta sejati. Bisa nih dijadikan kalimat di bio akun medsos kamu!

Annisa Mulia Razali Photo Writer Annisa Mulia Razali

Pencinta buku dan bau hujan yang sering lupa kacamatanya dimana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya