Comscore Tracker

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Hari

Kira-kira hewan apa saja, ya?

Pernahkah kamu membayangkan berapa lama waktu tidur yang dimiliki hewan-hewan?  Untuk manusia sendiri, rata-rata memiliki waktu tidur selama 7-8 jam sehari. Di dunia ini, ternyata ada beberapa hewan yang memiliki waktu tidur yang sangat lama. 

Hewan-hewan tersebut berasal dari berbagai macam jenis, mulai dari burung, mamalia, dan lainnya. Berikut adalah enam hewan dengan waktu tidur terlama yang wajib kamu ketahui. Hewan apa saja?

6. Tupai (15 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Haricrystallofolia.com

Tupai merupakan mamalia yang tak jarang dijadikan manusia sebagai hewan peliharaan. Hewan ini mempunyai umur 2-3 tahun. Hewan yang memiliki nama ilmiah Tamias ini ternyata punya waktu tidur yang panjang.

Dilansir National Geographic, tupai sendiri membutuhkan waktu tidur selama 15 jam. Di sisi lain, tupai juga mempunyai waktu kehamilan yang singkat, yaitu hanya sekitar 30 hari.

5. Singa (15 hingga 20 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Haristeemit.com

Hewan yang biasa disebut raja rimba atau raja hutan ini ternyata memiliki tidur yang panjang. Untuk singa pria, rata-rata mereka tidur selama 18-20 jam. Sedangkan untuk singa wanita, mereka memiliki waktu tidur sekitar 15-18 jam dilansir Sleep.org.

Pastinya hal ini merupakan suatu hal yang baik saat berada di alam liar yang ada hewan tersebut. Hal ini tak lepas dari keganasan singa ketika sedang kelaparan terhadap mangsanya.

4. Kera malam (17 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Harinbcnews.com

Pernah mendengar hewan kera malam? Hewan ini juga dikenal dengna owl monkey, night monkey, dan douroucoulis. Hewan ini biasanya dapat ditemukan di Panama atau beberapa negara Amerika Selatan lainnya.

Tak seperti primata pada umumnya, hewan ini memiliki waktu tidur yang sangat panjang, yaitu 17 jam. Kera ini tidur pada siang hari dan memulai aktivitas pada malam hari.

Baca Juga: 7 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur Hewan, Ada yang Tidur di Udara

3. Armadillo raksasa (19 hingga 20 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Harikpbs.org

Pernah mendengar hewan armadillo raksasa? Hewan ini mempunyai nama ilmiah Priodontes maximus. Armadillo raksasa dapat ditemukan di bagian utara Argentina. 

Dilansir Alaska Sleep Clinic, hewan ini tidur selama 20 jam. Ada juga yang menyebutkan bahwa hewan ini biasanya tidur selama 19 jam.

2. Kungkang (20 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Harilivescience.com

Kungkang merupakan hewan mamalia yang biasa tinggal di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hewan ini cukup lambat dalam bergerak. Kungkang sendiri biasanya tidur di pepohonan.

Waktu tidur yang dimiliki kungkang cukup lama, yaitu mencapai 20 jam dilansir National Geographic. Kungkang sendiri dapat tidur di berbagai waktu, baik siang maupun malam.

1. Koala (22 jam)

6 Hewan yang Memiliki Waktu Tidur Terlama, Ada yang 22 Jam per Hariechidnawalkabout.com.au

Hewan yang memiliki waktu tidur terlama adalah koala. Koala sendiri memiliki waktu tidur selama 22 jam. Koala sendiri merupakan salah satu hewan yang dilindungi berbagai negara saat ini.

Hal tersebut tak lepas dari keberadaan koala yang semakin susah ditemukan. Koala sendiri merupakan hewan yang dilarang diperlihara karena adanya penurunan populasi mereka yang signifikan dalam 20 tahun terakhir, khususnya di Australia.

 

Nah, itu dia enam hewan yang memiliki waktu tidur terlama. Alangkah baiknya jika kita tidak memiliki tidur yang lama seperti keenam hewan tersebut ya, agar tidak disamakan dengan mereka. Memang, tidur dalam waktu yang sangat lama menjadi kebutuhan keenam hewan tersebut.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kebiasaan Minum Hewan, Ada yang Seumur Hidup Gak Minum!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya