Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galilei

Selamat ulang tahun, Galileo!

Bagi kamu pecinta dunia science, pastinya kamu tak asing dengan nama Galileo Galilei. Dia merupakan ilmuwan terkemuka di bidang matematika, fisika, astronomi, hingga filsafat. Pria yang lahir pada 15 Februari 1564 ini telah menemukan banyak sekali teori dan penemuan ilmiah baru. Beberapa yang paling terkenal ialah Hukum Gerak, penyempurnaan teleskop, dan berbagai pengamatan astronomi yang terkemuka. Berikut 5 fakta menarik mengenai Galileo Galei yang harus kamu ketahui.

1. Galileo merupakan mahasiswa drop out dari universitasnya

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileisutori.com

Di balik kehebatannya dalam science, ternyata Galileo merupakan mahasiswa yang terkena drop out dari universitasnya, Universitas Pisa. Setelah lulus sekolah wajib, dia mendaftar dan masuk di jurusan kedokteran di Universitas Pisa atas dorongan ayahnya. Saat kuliah, dia sangat tertarik terhadap matematika.

Dia memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya pada 1585 dan memilih untuk belajar sendiri sambil memberikan les privat khusus matematika. Menariknya dia kembali ke Univeristas Pisa bukan untuk belajar, melainkan mengajar mata kuliah matematika di sana.

2. Galileo merupakan seorang yang tidak suka diatur

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galileiphysicistsinfo.com

Saat dia menjadi profesor muda di Universitas Pisa, Galileo mempunyai citra seseorang yang sangat keras kepala. Hal ini dapat dilihat dari ketika dia diminta untuk selalu mengenakan jubah formal saat mengajar, dia menolaknya karena dia merasa hal tersebut terlalu mewah. Saat mengajar, dia hanya menggunakan pakaian biasa yang tebal. Hal tersebut mengakibatkan pengurangan terhadap gajinya.

3. Galileo tidak pernah menikah

Lahir 15 Februari, 5 Fakta tentang Galileo Galilei2yamaha.com

Seumur hidup Galileo, dia tidak pernah menikah. Namun, bukan berarti dia menghabiskan hidupnya dengan kesendirian ya. Dia sangat dekat dengan seorang wanita bernama Marina Gamba.

Hubungan mereka tersebut telah menghasilkan 2 anak perempuan dan seorang laki-laki. Anak perempuannya sendiri bernama Virginia dan Livia. Sedangkan anak laki-lakinya bernama Vincenzo.