Comscore Tracker

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hidup

Mulai dari Mollie Walker hingga Ezra Hill

Apakah kamu pernah mendengar istilah veteran? Veteran dapat diartikan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang militer atau pengalaman bertempur. Dalam sejarahnya, salah satu kelompok veteran yang paling fenomenal ialah veteran Perang Dunia II. 

Bagaimana tidak, mereka merupakan saksi sejarah dari berdirinya cukup banyak negara baru setelah Perang Dunia II usai. Menariknya, terdapat beberapa veteran yang diketahui masih hidup hingga saat ini. Berikut deretan veteran perang dunia II tertua yang masih hidup yang wajib kamu tahu. 

1. Mollie Walker (Wales, Britania Raya) 

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hiduppotret Mollie Walker (peppardnews.co.uk)

Mollie Walker merupakan veteran yang pernah masuk dalam Women’s Voluntary Service (WVS). Dia lahir pada 5 Februari 1909 di Glamorgan, Wales. Artinya, umurnya saat ini mencapai 112 tahun 291 hari. 

Mollie Walker diketahui sebagai veteran tertua yang ada di dunia. Tak hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai orang dengan umur terpanjang yang masih hidup di Britania Raya. Pada Perang Dunia II, dia lebih banyak bertugas di Kingwood Camp bersama WVS. 

Walker berperan penting dalam mengantarkan makanan dan air ke area-area yang terdampak perang. Setelah pensiun dari dunia militer, Walker meneruskan hobinya yang mana dia sangat menyukai mengemudi mobil. 

2. Marcel Meys (Prancis)

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hiduppotret Marcel Meys (gerontology.fandom.com)

Di Prancis, terdapat seorang veteran yang bernama Marcel Meys. Dia diketahui sebagai veteran tertua yang ada di negara Prancis hingga saat ini. Tak hanya itu, dia juga dinobatkan sebagai orang tertua yang ada di negara Prancis saat ini. 

Dia lahir pada 12 Juli 1909 di Auvergne-Rhone-Alpes, Prancis. Dengan hal tersebut, umurnya saat ini mencapai 112 tahun 134 hari. 

Saat Perang Dunia II, dia bekerja sebagai sopir ambulan sekaligus pembawa logistik di area perang. Kala itu, dia membantu French Resistance dalam mencegah invansi dari Nazi. Setelah perang selesai, dia tetap bekerja sebagai sopir ambulan sebelum dia memutuskan pensiun pada tahun 1967. 

3. Lawrence Brooks (Amerika Serikat) 

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hiduppotret Lawrence Brooks (militarytimes.com)

Lawrence Brooks merupakan mantan anggota militer Amerika Serikat yang aktif pada tahun 1940 hingga 1945. Dia lahir pada 12 September 1909 di Louisiana, Amerika Serikat. Kurang lebih umurnya saat ini mencapai 112 tahun 72 hari. 

Saat menjadi tentara Amerika Serikat, dia lebih banyak ditugaskan ke dalam pasukan African-American 91st Engineer Battalion yang bertugas di negara New Guinea. Dia juga dikabarkan sempat bertugas di Filipina selama beberapa waktu. 

Setelah pensiun di dunia militer, Brooks diketahui bekerja sebagai operator mesin pengangkat barang. Dapat dikatakan Brooks merupakan veteran asal Amerika Serikat tertua yang ada di dunia saat ini. 

Baca Juga: Veteran Perang Afghanistan Jaco van Gass Raih Emas Paralimpiade

4. Mikizo Ueda (Jepang)

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hiduppotret Mikizo Ueda (gerontology.fandom.com)

Jepang memang dikenal sebagai negara yang memiliki penduduk dengan usia tua yang banyak. Salah satunya ialah Mikizo Ueda yang merupakan veteran asal Jepang dan lahir pada 11 Mei 1910. Saat Perang Dunia II, Ueda merupakan anggota dari Angkatan Laut Jepang.

Pada 22 Agustus 2020, dia dinobatkan sebagai orang tertua yang ada di Jepang sejauh ini. Setelah pensiun dari dunia militer, Ueda meneruskan minatnya di bidang kaligrafi. Saat ini, dia tinggal di wilayah Nara Prefecture di usianya yang ke-111 tahun 197 hari. 

5. Ezra Hill (Amerika Serikat)

5 Veteran Perang Dunia II Tertua yang Saat Ini Masih Hiduppotret Ezra Hill (gerontology.fandom.com)

Selain Lawrence Brooks, ada juga Ezra Hill yang diketahui sebagai salah satu veteran tertua di dunia. Dia lahir pada 19 Desember 1910 di Maryland, Amerika Serikat. Umurnya diperkirakan mencapai 110 tahun 340 hari. 

Ezra Hill merupakan salah satu pasukan AS yang dibawa ke Inggris selama Perang Dunia II. Saat menjalani tugasnya di Prancis, dia hampir mengalami tragegi yang mengenaskan saat truk militer yang memiliki berat 6 ton melindasnya tanpa sengaja. Untungnya nyawanya masih bisa diselematkan kala itu. 

Saat ini, dia memiliki usaha toko bisnis di Baltilmore, Amerika Serikat. Beberapa tokoh ternama seperti Malcolm X, Martin Luther King Jr., dan Muhammad Ali diketahui pernah berkunjung ke toko sepatunya. 

Kelima veteran Perang Dunia II tertua di atas diketahui masih hidup per 24 November 2021. Mereka memiliki peran masing-masing dalam Perang Dunia II. Perjuangan mereka saat Perang Dunia II akan selalu dikenang oleh bangsa mereka. 

Baca Juga: 6 Fakta Perang Saudara di Yaman, Konflik Terburuk di Dunia Saat Ini!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya